Bedah Teori Ridwan Kamil di Balik Tudingan Masjid Iluminati

News | Jumat, 31 Mei 2019 14:03
Bedah Teori Ridwan Kamil di Balik Tudingan Masjid Iluminati

Reporter : Maulana Kautsar

Bukan cocoklogi.

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan desain bangunan Masjid Al Safar, yang berada di rest area 88, arah Jakarta, Tol Cipularang, Jawa Barat. Penjelasan ini membantah kabar yang mengaitkan desain Masjid Al Safar ciptaan Kang Emil, yang berkaitan dengan iluminati.

Ridwan Kamil mengatakan, Masjid Al Safar merupakan hasil dari eksperimen teori lipat folding architecture.

" Jika eksperimentasi bentuk itu ditafsir, ya tentu tidak bisa dihindari. Tapi, jika disimpulkan bahwa bentuk-bentuknya adalah menerjemahkan simbol iluminati dkk, saya kira itu tidak betul," kata Ridwan Kamil, Jumat, 31 Mei 2019.

Kang Emil menyebut, usahanya mendesain Masjid Al Safar sebagai usaha memajukan seni atau arsitektur Islam. Cara itu dilakukan agar seni dalam Islam berkembang.

" Seni dalam Islam tidak memperlihatkan mahluk hidup, tapi berkesperimentasi dengan rumus geometri. Teori lipat folding architecture adalah metode mencari kekayaan geometri baru yang digunakan di Masjid Al Safar," ujar dia.

" Mari fokus saja ibadah kepada Allah," kata dia. 

(ism)

2 dari 3 halaman

Desain Masjidnya Dinilai Mengandung Unsur Iluminati, Ini Kata Kang Emil

Dream - Ridwan Kamil akhirnya buka suara menanggapi kritikan terhadap arsitektur Masjid Al Safar hasil rancangannya. Masjid di Cipularang tersebut memang hasil karya Gubernur Jawa Barat itu.

Arsitektur itu disoal oleh netizen dengan mengunggah sebuah video ceramah Ustaz Rahmat Baequni. Masjid berbentuk segitiga tersebut dianggap mengandung unsur Iluminati.

Namun, gubernur yang beken dengan panggilan Kang Emil ini mengatakan bahwa tudingan itu tidaklah benar. Desain masjid tersebut harus dilihat dengan akal sehat.

"@ngrhsaka mereka menafsir tanpa pernah sedikitpun bertanya/tabayyun. Jika segitiga dilarang, maka di dunia ini geomteri tinggal tersisa kotak dan lingkaran. Maka masjid-masjid tropis dengan atap ala pendopo pun harus dihancurkan? Kita ikut akal sehat saja," tulis Ridwan Kamil, Jumat 31 Mei 2019.

Jawaban Ridwan Kamil

Dugaan simbol Iluminati itu muncul dalam video yang diunggah akun Twitter @SurgaBidadari3. Akun tersebut mengambil ceramah yang disampaikan Ustaz Rahmat Baequni.

Video tersebut diunggah layanan Teras Dakwah.

Sejak kemarin, video tersebut sempat menjadi perbincangan. Sebanyak 2.400-an komentar muncul atas unggahan tersebut.

Warganet menyebut unggahan tersebut sebagai cocoklogi semata.

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Gelar Sayembara Selfie Pemilu 2019, Hadiah Belasan Juta


Dream -
 Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bagi-bagi hadiah ke pemilih. Tak tanggung-tanggung hadiah yang diberikan mencapai belasan juta.

"Warga Jawa Barat, khususnya milenial dan generasi Z, ada hadiah 15 juta, 10 juta, dan 5 juta rupiah dan 3 hadiah dari @fatih_indonesia," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu, di Instagram pribadinya, Rabu, 17 April 2019.

Kang Emil menyebut cara untuk mendapat hadiah tersebut cukup mudah. Usai mencoblos pastikan jari kelingking terkena tinta ungu dan buat pose semenarik mungkin dan diunggah ke Instagram.

"Bisa di rumah, di jalanan, di sawah atau di mana saja. Posting foto atau video di IG masing-masing sambil tulis #sayatidakgolput dan #klingkingfun," ucap dia.

Kang Emil menyebut, unggahan itu harus ditautkan ke akun Instagramnya dan Instagram Humas Jawa Barat, @humas_jabar.

"Ditunggu kreativitasnya," ujar dia.

Selain foto memberikan suara, Kang Emil juga akan diberikan untuk TPS terunik dan TPS dengan partisipasi tertinggi di Jawa Barat.

 

WARGA JAWA BARAT, khususnya milenial dan generasi Z, ada hadiah 15 juta, 10 juta dan 5 juta rupiah dan 3 hadiah dari @fatih_indonesia , untuk kamu-kamu yang berfoto/pose/selfie dengan cara unik dan super kreatif sehabis mencoblos sambil menunjukkan kelingking ungunya. Bisa di rumah, di jalanan, di sawah atau dimana saja. Posting foto atau video di IG masing2 sambil tulis #sayatidakgolput dan #klingkingfun. Tag akun saya atau @humas_jabar . Ditunggu kreativitasnya. *Hadiah yang sama juga akan diberikan utk TPS terunik dan TPS tertinggi partisipasinya di Jawa Barat. * Foto diatas adalah saat pilgub Jabar 2018 yang sedang demam piala dunia.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on 

 

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id