AstraZeneca Batch CTMVA547 Disetop, Indonesia Belum Berpikir Ganti Vaksin

News | Jumat, 21 Mei 2021 06:01

Reporter : Arini Saadah

Selama penghentian vaksin, Badan POM segera melakukan pengujian keamanan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

Dream – Pemerintah menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca dengan nomor batch CTMAV547 dalam program vaksinasi nasional. Langkah penghentian merupakan bentuk kehati-hatian pemerintah dalam memastikan keamanan vaksin yang diberikan kepada masyarakat.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, uji ulang keamanan vaksin khusus untuk batch tersebut dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

" Selama penghentian ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) akan melakukan pengujian toksisitas dan sterilitas untuk memastikan keamanan vaksin," ungkap Prof Wiku dalam keterangan pers di Graha BNPB, yang juga disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

AstraZeneca Batch CTMVA547 Disetop, Indonesia Belum Berpikir Ganti Vaksin
Pemerintah Hentikan Sementara Pemakaian AstraZeneca Batch CTMAV547 Sampai Hasil Uji Ulang Keamanan
2 dari 2 halaman

Batch yang Lain Masih Digunakan

Lebih lanjut, Prof Wiku Adisasmito menerangkan tidak semua batch vaksin AstraZeneca dihentikan penggunaannya. Vaksin AstraZeneca yang dihentikan hanyalah batch nomor CTMAV547 saja. Sementara batch yang lain masih bisa digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Pemberian terutama diberikan bagi masyarakat yang baru satu kali menerima dosis vaksin. Hal ini demi mencapai kekebalan individu yang sempurna dengan dosis vaksin kedua.

Meski sudah ada penelitian yang menyatakan penggunaan vaksin yang berbeda bisa dilakukan, pemerintah belum berencana mengganti vaksin AstraZeneca untuk penerima vaksinasi pertama.

Sementara terkait efek vaksinasinya, Indonesia selalu melakukan pengawasan terhadap Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) yang ada di lapangan.

Perlu diingat kembali, masyarakat harus memahami bahwa vaksinasi Covid-19 tidak mengurangi peluang sakit atau kematian akibat faktor lainnya yang mungkin sudah dimiliki sebelumnya oleh penerima vaksin.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id