Replika Grand Mosque Abu Dhabi di Solo Mulai Dibangun Maret 2021

News | Kamis, 11 Februari 2021 06:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Gus Yaqut berharap pimpinan Otoritas Urusan Islam dan Wakaf UEA dapat hadir dalam peletakan batu pertama.

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memastikan pembangunan replika Grand Mosque Abu Dhabi di Solo akan dimulai pada Maret 2021. Proses diawali dengan peletakan batu pertama.

" Terkait dengan pembangunan masjid di Surakarta, peletakan batu pertamanya akan dilakukan pada bulan Maret 2021. Kami berharap Yang Mulia Ketua Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf dapat turut hadir bersama di sini," ujar Gus Yaqut, dikutip dari Kemenag.

Pembangunan replika Grand Mosque Abu Dhabi di Solo merupakan satu dari sekian banyak kerja sama bidang keagamaan yang terjalin antara Pemerintah Indonesia dengan Uni Emirat Arab. Gus Yaqut memastikan seluruh kerja sama yang sudah terjalin akan berlanjut.

" Saya Menteri Agama Republik Indonesia, yang diberikan tugas Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh menteri sebelumnya Bapak Fachrul Razi, terutama terkait dengan kerja sama dengan Uni Emirat Arab," kata Gus Yaqut dalam pertemuan virtual dengan otoritas Urusan Islam dan Wakaf UEA.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Terus Berlanjut

Indonesia dan UEA terlibat banyak kerja sama, yang ditandai dengan penandatangan 16 kesepakatan dan nota kesepahaman. Momen ini berlangsung bersamaan dengan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Putra Mahkota UEA, Syekh Mohamed bin Zayed.

Kerja sama tersebut meliputi sejumlah bidang seperti pendidikan, kesehatan energi, infrastruktur pelabuhan, lingkungan, wakaf, serta urusan Islam.

Pada bidang keagamaan, dua negara telah sepakat melakukan kerja sama program. Di antaranya pengiriman imam masjid, pembinaan dai, serta tentunya pembangunan replika Grand Mosque Abu Dhani di Solo sebagai hadiah dari Syekh Mohamed kepada Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat

Dalam pertemuan virtual yang berlangsung Selasa, 9 Februari tersebut, Gus Yaqut juga menyampaikan ucapan selamat atas mengorbitnya wahana luar angkasa Misbar Al-Amal di Planet Mars. Wahana tersebut diluncurkan oleh UEA untuk kebutuhan riset.

" Kami menyampaikan selamat kepada Pemerintah Uni Emirat Arab atas pencapaian misi pengiriman wahana Misbar Al-Amal ke orbitnya di sekitar Planet Mars pada hari Selasa, 9 Februari 2021, tepat pukul 19.42 waktu setempat," kata dia.

Gus Yaqut juga mengatakan sampainya wahana Misbar Al-Amal ke orbitnya membuktikan Bangsa Arab memiliki capaian teknologi sangat maju. Kini bahkan telah setara dengan negara Barat.

" Ini membuktikan bahwa Uni Emirat Arab secara khusus dan Bangsa Arab secara umum dapat menguasai teknologi tinggi dan meraih capaian ilmiah yang setara dengan pencapaian negara-negara maju di Barat," kata Gus Yaqut.

Join Dream.co.id