Raih Doktor Kehormatan di Korsel, Ridwan Kamil: Kamsahamnida!

News | Selasa, 5 November 2019 13:00
Raih Doktor Kehormatan di Korsel, Ridwan Kamil: Kamsahamnida!

Reporter : Maulana Kautsar

Diberi lagu kesukaannya, Bukan Cinta Biasa.

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meraih penghargaan doktor honoris causa dari Dong A University, Busan, Korea Selatan, Senin 4 November 2019.

"Alhamdulillah, acara penganugerahan gelar Doctor HC dari Dong A University, Busan Korea Selatan siang ini berlangsung dengan lancar," tulis Ridwan Kamil di Instagram, Senin 4 November 2019.

 
 
 
View this post on Instagram

Alhamdulillah, acara penganugerahan gelar Doctor HC dari Dong A University, Busan Korea Selatan siang ini berlangsung dengan lancar. Saya dedikasikan semua ini untuk Ibunda tercinta, untuk istri tersayang, untuk anak-anak yang selalu suportif dan semua sahabat dan pihak2 yang selalu memberikan rasa semangat, rasa percaya dan doa-doa yang ikhlas. Semoga hal ini menyemangati kiprah-kiprah saya selanjutnya untuk lebih baik dan lebih bersemangat membangun Jawa Barat dan Indonesia. dan Alhamdulillah atas segala nikmat Allah SWT yang senantiasa selalu memudahkan urusan hambaNYA. Terima kasih untuk semua yang hadir dan juga untuk para mahasiswa Indonesia di Korea Selatan, khususnya Mahasiswi yg spesial mempersembahkan lagu favorit saya: “Bukan Cinta Biasa” dari Afgan. KAMSAHAMNIDAAA..

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Pria yang karib disapa Kang Emil ini mendedikasikan penghargaan itu untuk ibu, istri, dan anak-anaknya, serta semua pihak yang telah memberikan semangat kepadanya.

"Semoga hal ini menyemangati kiprah-kiprah saya selanjutnya untuk lebih baik dan lebih bersemangat membangun Jawa Barat dan Indonesia," ucap dia.

Dia juga mengucapkan terima kasih pada mahasiswa Indonesia di Korea Selatan. Sebab, saat penghargaan dia disambut lagu favoritnya, Bukan Cinta Biasa yang dinyanyikan Afgan.

"Kamsahamnida," ucap dia.

2 dari 6 halaman

Pertumbuhan Ekonomi Digital

Dilaporkan , dalam pidatonya, Emil mengatakan, Indonesia dan Korea Selatan memiliki visi yang sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama di sektor ekonomi digital. Dia juga menyebut Korea Selatan sebagai negara terkemuka dalam sektor tersebut.

" Itu adalah sektor yang sangat relevan untuk terus dikembangkan, mengingat ekonomi digital dan industri 4.0 telah menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dunia, terutama di negara-negara maju," ucap Emil.

Emil pun berharap hubungan Indonesia, terutama Jawa Barat, dengan Korea Selatan terus berlangsung di semua sektor. " Kunjungan ini menunjukkan bahwa kerja sama kedua negara harus semakin erat," kata dia.

3 dari 6 halaman

Ridwan Kamil Bangga Lihat Ratusan Anak Wisuda Penghafal Quran

Dream - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengaku bangga saat menyaksikan wisuda 937 hafiz anak dari Yayasan SIT Adzkia Angkatan VII.

" Saya sangat bangga. Saya belum pernah melihat satu wisuda (hafiz) sebanyak ini. Luar biasa," kata Ridwan Kamil, dikutip dari Liputan6.com, Senin 28 Oktober 2019.

Pria yang karib disapa Kang Emil ini berharap, para hafiz Alquran itu dapat menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. Dia berdoa agar para santri hafiz tersebut menjadi ulama hebat di masa depan.

Wisuda hafiz Alquran ini, tambah Kang Emil, sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Satu desa Satu Hafiz (Sedesa). Adapun selama tujuh tahun, Yayasan Adzkia telah melahirkan lebih dari 4.000 penghafal Alquran.

" Jawa Barat sekarang sedang disiapkan menjadi provinsi penghafal Quran," kata dia.

Emil mengajak Yayasan Adzkia untuk mengembangkan program Sadesa. Sebab, di Jawa Barat, terdapat 5.000 desa.

" Nanti saya titipkan anak-anak desa dari seluruh Jawa Barat, nanti diberikan beasiswa oleh Pak Gubernur untuk sekolah di Adzkia menjadi penghafal Quran," ucap dia.

4 dari 6 halaman

Ridwan Kamil Usul Ganti Nama Bandara Kertajati Jadi Habibie

Dream – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengusulkan mengubah nama Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat menjadi BJ Habibie. Usulan tersebut disampaikan pria yang disapa Kang Emil saat melakukan jajak pendapat di akun Instagramnya. 

Kang Emil beralasan usulan nama baru itu sebagai bentuk penghormatan terhadap mendiang BJ Habibie yang telah berjasa memajukan dunia dirgantara Indonesia.

“Apakah netizen setuju, khususnya yang warga Jawa Barat, setuju jika Bandara International Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional B. J. Habibie?” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya @ridwankamil, Kamis 19 September 2019.

Habibie diketahui sosok di balik berdirinya industri produsen pesawat di Indonesia, yaitu PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) yang kini berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Suami Almh. Hasri Ainun Habibie ini juga membidani pesawat N-250—pesawat yang lahir dari idenya.

      View this post on Instagram

Apakah netizen setuju khususnya yang warga Jawa Barat setuju jika Bandara Internasional Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional BJ Habibie?

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

5 dari 6 halaman

Warganet Setuju

Warganet setuju dengan penggantian nama Bandara Kertajati menjadi Bandara B. J. Habibie. Mereka menilai Habibie merupakan sosok panutan yang sudah membanggakan Indonesia, terutama di bidang kedirgantaraan.

Warganet berpesan agar bandara tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

“ Pak Habibie tokoh nasional, presiden RI, pembawa teknologi Indonesia ke panggung dunia. Pak Habibie identik dengan kedirgantaraan. Walaupun Pak Habibie lahir di Pare-Pare, tapi beliau sekolah, kuliah, kerja, dan tinggal di #Jabar. Bila diabadikan untuk nama bandara internasional @infobijb Kertajati, #SetujuSekali,” tulis @maznonot.

“ Setuju, Pak, karena beliau sosok panutan yang sudah membanggakan bangsa kita di mata dunia,” tulis @dharayanovita.

“ Jadikeun, paaak,” tulis @radiorajafmsumedang.

“ Setujuuuu… Dan dibuatkan akses yang lengkap serta fasilitas lengkap seperti hotel biar nama besar BJ Habibie nggak rusak dengan sepinya bandara,” tulis @fauzanprad.

6 dari 6 halaman

Selebritis Juga Setuju

Sederet artis juga menyetujui ide penggantian nama Bandara Kertajati menjadi Bandara B. J. Habibie.

“ @ridwankamil Asiiiiiaaaaap Setujuu Pak Gub,” tulis Hengky Kurniawan di akun Instagramnya @hengkykurniawan.

“ Gas kaaang,” tulis Anji di @duniamanji.

“ Satuju pisan kang…,” tulis Irfan Hakim di @irfanhakim75.

“ Setuju,” tulis @chikajessica88.

Terkait
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id