Gus Kamil Putra Mbah Maimoen Zubair Meninggal Akibat Covid-19

News | Selasa, 14 Juli 2020 11:30
Gus Kamil Putra Mbah Maimoen Zubair Meninggal Akibat Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni

Gus Kamil diduga tertular dari luar ponpes.

Dream - Ketua DPRD Rembang, Jawa Tengah, KH Majid Kamil Maimoen Zubair atau Gus Kamil, meninggal dunia dalam kondisi positif Covid-19. Putra almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen ini sempat menjalani isolasi di RSUD Rembang.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menduga Gus Kamil tertular dari luar lingkungan Pondok Pesantren Al Anwar Rembang. Mengingat Gus Kamil menjabat sebagai Ketua DPRD Rembang, sehingga lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat luar pondok dan pejabat pemerintahan.

" Kalau kita kaitkan dengan kegiatan pondok pesantren, kegiatan ponpes sendri masuknya sudah sejak 2 Juni 2020. Artinya, sudah 20 hari lebih Gus Kamil tidak ada gejala Covid-19. Dia sakit 2 Juli 2020," ujar Taj Yasin yang juga saudara Gus Kamil, dikutip dari

Menurut Taj Yasin, tim kesehatan sudah melakukan pelacakan riwayat kontak langsung Gus Kamil. Keluarga maupun orang dekat sudah menjalani tes usap (swab test), termasuk satu orang yang menemani Gus Kamil saat sakit.

" Rekan Gus Kamil yang menemani (saat sakit) infonya negatif. Tapi istrinya belum keluar hasilnya," kata dia.

2 dari 2 halaman

Taj Yasin juga menjelaskan jumlah kasus positif Covid-19 di Rembang dalam beberapa hari belakangan cenderung meningkat. Sehingga potensi penularan menjadi begitu tinggi.

" Kita tahu bahwa Rembang ini saat pandemi Covid-19 peningkatan kurvanya tinggi dan di daerah Sarang sendiri sudah dimasukkan ke zona merah, apalagi ada yang sudah meninggal dan sebagainya," kata dia.

Gus Kamil meninggal pada Minggu malam di RSUD dr R Soetrasno Rembang. Gus Kamil dirawat secara intensif mulai 6 Juli dan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofii, mengumumkan hasil tes usap dari Gus Kamil. Menurut dia, Gus Kamil positif terinfeksi Covid-19.

" Iya, positif. Dirawat enam hari," kata Ali.

Join Dream.co.id