Fakta-fakta Viral Penumpang Sholat Subuh di Gerbong KRL

News | Minggu, 19 Mei 2019 08:03
Fakta-fakta Viral Penumpang Sholat Subuh di Gerbong KRL

Reporter : Maulana Kautsar

Penumpang KRL diminta tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpang lain.

Dream - Video para penumpang yang menjalankan sholat subuh di gerbong KRL menjadi viral di sosial media. Kejadian itu berlangsung di di Stasiun Bogor.

" PT KCI memastikan kejadian tersebut berlangsung di KRL yang akan berangkat dari peron delapan Stasiun Bogor," ucap VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI)  Anne Purba dalam keterangan resminya kepada Dream.

Anne mengatakan, KRL yang digunakan untuk sholat subuh yaitu kereta yang sedang menunggu waktu keberangkatan.

Meski menghargai kehendak penumpang untuk ibadah, Anne mengimbau para pengguna untuk tetap memperhatikan keselamatan bersama dan alur pergerakan pengguna yang hendak masuk ke dalam KRL.

" Untuk mengakomodir kebutuhan pengguna, PT KCI juga telah menyediakan fasilitas musala yang tersedia di seluruh stasiun KRL," ucap dia.

Ukuran dan kapasitas musala yang ada tentu bergantung pada ketersediaan lahan di stasiun.

" Untuk kenyamanan bersama dan kekhusyukan beribadah, PT KCI menghimbau kepada pengguna jasa KRL untuk dapat memanfaatkan musala yang ada di lingkungan stasiun-stasiun KRL," kata dia.

2 dari 4 halaman

Viral, Penumpang Sholat Subuh di Gerbong KRL Saat Ramadan

Dream - Ramadan menjadi bulan yang spesial bagi umat Islam. Tiap ibadah akan dilipat gandakan pahalanya. Sehingga umat Islam berlomba-lomba beribadah meski di tengah keterbatasan.

Kondisi itulah yang dialami sejumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL). Video yang diunggah pengguna Twitter @alif_taufan itu memperlihatkan sejumlah orang menggelar sajadah di gerbong wanita.

" Semangat wahai kalian pejuang subuh," tulis Alif.

Namun, Alif tak menjelaskan kapan video itu diambil. Tak ada pula keterangan stasiun lokasi para penumpang itu malaksanakan sholat Subuh. Tapi, dari waktu unggahnya, video itu dibagikan pada pukul 04.45.

Video itu kemudian menjadi ramai ketika diunggah di akun Instagram @curhatkrl.

3 dari 4 halaman

Perdebatan

Video itu menuai perdebatan pengguna lantaran lokasi sholat yang digunakan.

" Daripada sholat dan orang lain yang tidak sholat terganggu kenapa enggak sholat di mushola saja?" tanya seorang pengguna.

Tetapi, pengguna Instagram lain membuka kemungkinan mengenai penuhnya mushola di stasiun.

" Itu kemungkinan mushola kapasitasnya terbatas kita sama-sama tahu, yang perlu dipikirkan oleh pengelola adalah segi teknis biar terpecahkan masalah ini," ujar pengguna Instagram.

4 dari 4 halaman

Ini Videonya

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id