Presiden Jokowi Sholat Idul Fitri di Istana Bogor

News | Rabu, 12 Mei 2021 16:52
Presiden Jokowi Sholat Idul Fitri di Istana Bogor

Reporter : Ahmad Baiquni

Jokowi mengisi Idul Fitri bersama keluarga.

Dream - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Istana Bogor pada Kamis besok, 13 Mei 2021. Jokowi akan sholat Id bersama keluarga.

" Presiden rencananya sholat Id di Istana Bogor, dengan Ibu Negara dan keluarga, pukul 07.00 WIB," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Her Budi Hartono, dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Heru, yang bertindak sebagai khatib berasal dari internal Istana. Tetapi dia tidak menyebut nama.

" Khatib biasanya internal," kata Heru.

 

2 dari 3 halaman

Wapres Sholat Id di Rumah Dinas

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan melaksanakan sholat Id di Pendopo Kediaman Wapres. Sholat akan diikuti jemaah dengan jumlah terbatas.

" Sholat direncanakan dimulai pada pukul 07.00 pagi dan diikuti oleh jemaah terbatas. Akan bertindak sebagai khatib tahun ini yaitu Ustaz Abdul Muiz Ali," kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi.

Ma'ruf juga tidak akan menggelar open house. Ini sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19.

3 dari 3 halaman

Masjid Istiqlal Tak Gelar Sholat Idul Fitri 1442 H

Dream - Sempat akan gelar Sholat Idul Fitri 1442 H, Badan Pengurus Masjid Istiqlal akhirnya membatalkan rencana tersebut. Salah satu pertimbangannya, saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

" Kami memutuskan Istiqlal ditutup untuk tidak menyelenggarakan Idul Fitri, pertimbangannya satu, tentu saja perkembangan Covid-19 yang belum menunjukkan tanda lebih baik," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Keputusan ini, kata Nasaruddin, diambil setelah mendapat masukan dari berbagai pihak. Seperti dari Kementerian Agama, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Gubernur DKI Jakarta.

Nasaruddin mengatakan meski diterapkan pembatasan jemaah maksimal 10 persen, hal itu sulit dilakukan di Masjid Istiqlal. Karena kapasitas Masjid Istiqlal bisa mencapai 250 ribu jemaah dalam satu waktu.

" 10 persen dari 250 ribu itu, itu sama dengan berapa? Itu juga pasti akan berjumpa di satu titik temu, misalnya pintu masuk, penitipan sandal," ucap Nasaruddin.

Ditambah, kata Nasaruddin, pihaknya telah menggelar simulasi saat Masjid Istiqlal menjalankan Sholat Id. Dari hasil simulasi, Nasaruddin menetapkan Masjid Istiqlal belum bisa menyelenggarakan Sholat Id.

" Kami mohon maaf kepada segenap jemaah dan saudara, simpatisan, pecinta Masjid Istiqlal, mudah-mudahan insya Allah Idul Adha nanti keadaan sudah lebih baik, maka kita akan buka untuk umum," ucap Nasaruddin.

Sumber: Merdeka.com.

Join Dream.co.id