Jokowi: Lebaran Tahun Ini Memang Berat, Tapi Harus Dihadapi Bersama

News | Minggu, 24 Mei 2020 09:58
Jokowi: Lebaran Tahun Ini Memang Berat, Tapi Harus Dihadapi Bersama

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

"Tak ada gelar griya (open house), mudik, atau salat Ied di lapangan pada hari Lebaran tahun ini. Memang ini berat, tapi kita alami dan hadapi bersama-sama," tulis Jokowi.

Dream - Jokowi melaksanakan sholat Idulfitri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 24 Mei 2020. Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu tidak melaksanakan sholat id di masjid besar seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memutus rantai penularan virus corona.

" Sesuai anjuran pemerintah," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dikutip dari . Jokowi tidak mudik ke Solo, jawa Tengah.

Di Instagram, Jokowi menyatakan bahwa Idul Fitri tahun ini sangat berat karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Tak ada kemeriahan seperti tahun yang sudah-sudah.

" Tak ada gelar griya (open house), mudik, atau salat Ied di lapangan pada hari Lebaran tahun ini. Memang ini berat, tapi kita alami dan hadapi bersama-sama," tulis Jokowi.

 Pesan Lebaran Jokowi© Instagram @jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap pandemi virus corona segera selesai, sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal seperti semula.

" Semoga pandemi ini segera berlalu agar kita dapat bertemu dan saling melepas rindu," tambah dia.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi

Sebelumnya, Jokowi dan Ibu Negara, iriana, mengucapkan selamat hari raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah.

" Selamat hari raya Idulfitri 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," kata Presiden Jokowi diikuti oleh Ibu Iriana di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 23 Mei 2020.

Menurut Jokowi, perayaan Idul Fitri di bawah pandemi corona butuh pengorbanan semua pihak. Salah satunya untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi dengan cara biasa.

" Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai taulan dan sanak saudara tentu lebih penting. Dan harus menjadi prioritas kita semua," jelas Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo tersebut pun yakin Indonesia akan melalui dan melewati pandemi ini. Dengan cara bersama-sama saling menguatkan.

" Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini," ucap Jokowi.

Join Dream.co.id