KRI Nanggala 402 Tenggelam, Menhan Prabowo: Selamat Berlayar Menuju Keabadian

News | Senin, 26 April 2021 14:41
KRI Nanggala 402 Tenggelam, Menhan Prabowo: Selamat Berlayar Menuju Keabadian

Reporter : Ahmad Baiquni

KRI Nanggala-402 tenggelam akibat keretakan.

Dream - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan duka mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI AL dalam insiden tenggelamya KRI Nanggala-402. Kapal selam tersebut dinyatakan tenggelam setelah dilakukan selama 72 jam namun tak ada hasil.

" Seluruh prajurit yang telah gugur adalah putra putra terbaik bangsa," ujar Prabowo di akun Instagram.

KRI Nanggala-402 dikabarkan mengalami retak sebelum berlayar. Akibatnya, kapal itu tidak mampu menahan tekanan air hingga akhirnya terpecah.

Tidak ada satupun prajurit TNI AL dapat diselamatkan dari insiden tersebut. Prabowo yakin pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia.

 

2 dari 6 halaman

Berlayar Menuju Keabadian

Prabowo juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Dia menyatakan negara berutang budi terhadap perasaan yang dirasakan para keluarga korban.

"KRI Nanggala 402, kami titipkan kedaulatan laut Indonesia kepada kalian, selamat jalan, selamat berlayar menuju keabadian," kata Prabowo.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Prabowo Subianto (@prabowo)

3 dari 6 halaman

Sosok Serda Pandu, Awak KRI Nanggala-402 yang Selalu Pamit

Dream - Serda Ede Pandu Yudha Kusuma merupakan kru KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. Pihak keluarga di Perumahan Flamboyan, Kecamatan Soboh, Banyuwangi, Jawa Timur pun menggelar doa bersama dan tahlil yang diikuti warga setempat pada Minggu malam 25 April 2021.

Doa bersama dan tahlil digelar, setelah Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di perairan laut utara Bali, dan 53 awak kapal dinyatakan telah gugur.

Rumah kedua orangtua Serda Pandu, juga tampak silih berganti didatangi sanak keluarga dan warga setempat, untuk mengucapkan bela sungkawa.

4 dari 6 halaman

Tidak Ada Firasat

Pandu, panggilan akrabnya, merupakan putra pertama dua bersaudara dari pasangan suami istri Wahyudi dan Sri Endah Lestari. Serda Pandu juga belum genap dua bulan menikah dengan Mega Dian Pratiwi, 23 tahun.

" Sejauh ini tidak ada firasat apapun, mimpi apapun juga tidak. Bahkan, pada Minggu (18 April 2021) saya masih sempat video call. Selama ini Pandu ketika hendak layar (tugas di kapal selam) selalu pamit dan izin menelpon kepada ibunya," kata Wahyudi, ayah Serda Pandu.

Serda Pandu gugur dalam tugas bersama 52 prajurit lainnya (kru KRI Nanggala 402), saat melaksanakan pelatihan militer di perairan laut bagian utara Bali.

Sumber: liputan6.com

5 dari 6 halaman

Presiden Nyatakan Status KRI Nanggala-402 Resmi Tenggelam

Dream - Setelah hilang kontak sejak Rabu, 21 April 2021 lalu, kini kapal selam KRI Nanggala-402 resmi dinyatakan tenggelam Sabtu, 24 April 2021 kemarin. Hal tersebut dipertegas dengan pernyataan Presiden yang diunggah melalui akun Instagram resminya hari ini, 25 April 2021

" TNI Angkatan Laut telah menaikkan status KRI Nanggala-402 dari hilang kontak atau submiss menjadi tenggelam atau subsunk," ujar Presiden Joko Widodo meneruskan laporan dari Panglima TNI dan Kasal.

Presiden mengingatkan para awak kapal Nanggala 402 merupakan pahlawan bangsa. Mereka dengan nyawanya menjaga laut Indonesia.

" Mereka adalah putra putra terbaik bangsa patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," sambung Jokowi.

Meski telah dinyatakan tenggelam, namun proses pencarian dan penyelamatan akan terus dilakukan. " Untuk itu, marilah semuanya kita memanjatkan doa dan harapan terbaik bagi 53 patriot terbaik penjaga kedaulatan negara dan bagi segenap anggota keluarga agar diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan," tutup Jokowi.

6 dari 6 halaman

Curhatan Pilu Anak Awak Kapal Selam Nanggala-402

Dream - Indonesia dilanda duka.  Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan belum ditemuk yang didalamnya terdapat 53 awak, putra terbaik bangsa.

Keluarga dari penumpang dan awak kapal tersebut pun berharap KRI Nanggala-402 masih bisa ditemukan agar mereka bisa berkumpul kembali dengan sanak saudaranya.

Harapan tersebut juga disampaikan oleh pemilik akun Twitter @siughteeambiss atau Aura Aulia. Di hari hilangnya KRI Nanggala-402, ia meminta doa pada warga Twitter agar ayahnya dan awak kapal bisa segera ditemukan dan kembali ke rumah dalam keadaan sehat.

Ia pun berharap ada mukjizat dari Allah SWT agar suplai oksigen dalam kapal masih tersedia. Tulisannya di Twitter penuh dengan harapan.

 " Berharap bangett ada mukjizat untuk memperpanjang kebutuhan oksigen di dalam kapal hingga kapal bisa sandar kembali," tulisnya.

 

Join Dream.co.id