Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

PPKM Mikro Diperpanjang, Perkuliahan Tatap Muka Dapat Dilakukan

PPKM Mikro Diperpanjang, Perkuliahan Tatap Muka Dapat Dilakukan Menko Airlangga Hartanto (Foto: Merdeka.com)

Dream - Pemerintah resmi memperpanjang kembali kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro untuk 15 provinsi mulai 23 Maret hingga 5 April 2021. Perpanjangan ini diatur dalam Instruksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor 6 Tahun 2021.

Meski diperpanjang, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan terdapat beberapa perubahan kebijakan dalam perpanjangan PPKM mikro ini.

Airlangga menjelaskan salah satunya perubahan pelaksanaan PPK Mikro kali ini adalah kegiatan belajar di perguruan tinggi atau kampus yang bisa dilakukan secara tatap muka.

"Di sini kegiatan belajar/mengajar mulai dapat dilakukan secara tatap muka untuk perguruan tinggi/akademi," ujar Menko Airlangga dalam sesi teleconference yang ditayangkan Youtube @PerekonomianRI, Jumat 19 Maret 2021.

Dia menyampaikan, perizinan kegiatan belajar tatap muka di kampus ini akan dibuka secara bertahap dengan proyek percontohan berbasis peraturan daerah (Perda) atau peraturan kepala daerah dengan protokol kesehatan.

Kegiatan Seni Diizinkan

Kedua, Menko Airlangga melanjutkan, pemerintah juga mengizinkan diadakannya kegiatan seni budaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan pengunjung.

"Terkait kegiatan seni budaya, diizinkan untuk dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen, dengan menerapkan protokol kesehatan," ungkap dia.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menginstruksikan seluruh gubernur yang wilayahnya diwajibkan melaksanakan PPKM mikro untuk membuat aturan turunan terkait itu.

"Gubernur yang wilayahnya ditetapkan sebagai wilayah penerapan PPKM mikro agar dapat menindaklanjuti instruksi Mendagri dengan menerbitkan Surat Edaran atau Instruksi Gubernur tentang perpanjangan pemberlakuan PPKM mikro di wilayah masing-masing," imbuhnya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

 

Nadiem: Setelah Vaksinasi Guru, Sekolah Wajib Buat Opsi Belajar Tatap Muka

Dream - Setelah para guru dan tenaga pendidik divaksinasi Covid-19, sekolah diwajibkan menyediakan opsi pembelajaran tatap muka terbatas. Pemerintah memang telah mamatok target pembelajaran tatap muka di sekolah dimulai pada tahun ajaran baru pada Juli 2021.

" Setelah dilakukan vaksinasi untuk semua guru dan tenaga pendidik. Satuan pendidik itu wajib memberikan opsi layanan pembelajaran tatap muka. Artinya dia wajib melayani tatap muka," ujar Nadiem dalam rapat dengan Komisi X DPR, Kamis 18 Maret 2021.

Namun, bagi orang tua yang belum berkenan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka, boleh tidak mengikutinya. " Bagi orang tua yang tidak menginginkan anaknya tatap muka. Itu adalah keputusan mereka untuk anak masih di rumah," tambah Nadiem.

Sistem Pengajaran

Kewajiban pembelajaran tatap muka, lanjut Nadiem,dilakukan dengan sistem campuran. Sekolah juga harus menyediakan pembelajaran jarak jauh. Dia mencontohkan, dua hari dilakukan pembelajaran tatap muka, sisanya tetap jarak jauh.

Menurut Nadiem, pemerintah mewajibkan membuka pembelajaran tatap muka dengan syarat agar bisa mencicil target pada bulan Juli 2021 seluruh sekolah bisa digelar tatap muka.

" Jadi itu dalam realita kalau kita enggak cicil, kita enggak akan sampai, di bulan Juli semuanya akan mulai," ucap Nadiem.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Pegawai KPK Termasuk Kepala Rutan Jadi Tersangka dan Ditahan, Begini Modus Mereka Lakukan Pungli

15 Pegawai KPK Termasuk Kepala Rutan Jadi Tersangka dan Ditahan, Begini Modus Mereka Lakukan Pungli

Ada berbagai macam istilah untuk para pegawai KPK melakukan pungli kepada para tahanan

Baca Selengkapnya
60 Kata-Kata tentang Kebohongan yang Menyimpan Pelajaran Berharganya Arti Kejujuran

60 Kata-Kata tentang Kebohongan yang Menyimpan Pelajaran Berharganya Arti Kejujuran

Ketika kebohongan sudah terkuak, Tuhan sudah memberikan titik terang akan kebenaran yang ada.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya