Foto Ironis Warga Wuhan Berpesta Saat Dunia Masih Berjuang Lawan Covid-19

News | Rabu, 19 Agustus 2020 13:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Tak ada lagi jaga jarak dan pakai masker.

Dream - Wuhan sempat menyedot perhatian dunia awal tahun ini. Kota di Provinsi Hubei, China ini, ditetapkan sebagai pusat penyebaran virus SARS-CoV-2 yang memicu pandemi global Covid-19.

Kota ini sempat ditutup untuk mencegah dampak Covid-19 menjadi lebih parah. Tiga bulan lebih, Wuhan terlihat seperti kota mati.

Kondisi berbeda terlihat di Wuhan saat ini. Sejumlah foto beredar di media sosial, menunjukkan kolam renang yang penuh dengan orang-orang dewasa sedang berpesta, tanpa pakai masker apalagi jaga jarak.

Foto-foto ini diambil saat akhir pekan di sebuah waterpark di Pantai Wuhan. Potret tersebut menunjukkan begitu berbedanya situasi di Wuhan pasca-lockdown dicabut.

 

Foto Ironis Warga Wuhan Berpesta Saat Dunia Masih Berjuang Lawan Covid-19
Suasana Di China Di Masa New Normal (Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Bebas Berkerumun

Pengambilan foto tersebut yaitu ketika digelarnya Festival Musik HOHA di Wuhan Happy Valley yang dihadiri banyak sekali kaum muda. Bahkan penyelenggara menawarkan tiket setengah harga demi menarik lebih banyak pengunjung, terutama kaum hawa.

Pengelola menyatakan taman air tersebut sebenarnya mulai dibuka pada 25 Juni. Tetapi, baru pada Agustus rama pengunjung.

Di akhir pekan, taman air itu dikunjungi lebih dari 15.000 orang. Jumlah itu ternyata masih setengah dari total pengunjung tahun lalu.

 

3 dari 4 halaman

Wuhan Tak Lagi Di-Lockdown

Foto-foto tersebut membuat para pengguna media sosial kaget. Banyak yang bertanya mengapa acara dengan skala besar bisa dibiarkan berlangsung di Wuhan, sementara pandemi Covid-19 saat ini belum juga berakhir.

Meski demikian, sejak pertengahan Mei hingga saat ini Wuhan tidak mencatatkan adanya kasus baru Covid-19. Saat ini, tidak ada larangan untuk menggelar acara besar di Wuhan.

Sumber: CNN

      Lihat postingan ini di Instagram

Thousands of people attended an outdoor rave in a water park in Wuhan, China, over the weekend, eight months after Covid-19 was first detected in the city, the ground zero of the coronavirus pandemic. Images show revelers at Wuhan Maya Beach Water Park enjoying music and having fun with inflatables -- without any masks or social distancing measures in sight. While coronavirus is still having devastating effects around the world, the situation in Wuhan is now very different. Life has gradually returned to normal since the metropolis of 11 million people lifted a stringent 76-day lockdown in early April. The city hasn’t reported any new cases since mid-May. (????: STR/AFP via Getty Images)

Sebuah kiriman dibagikan oleh CNN (@cnn) pada

4 dari 4 halaman

Reaksi Prihatin Dunia

Beragam komentar disampaikan netizen usai melihat unggahan foto CNN tersebut. Sebagian besar menuding warga China berpesta di tengah dunia yang sedang menghadapi pandemik Covid-19 yang bermula dari Wuhan.

" Ini ironis, mereka telah kembali ke kehidupan normal namun sebagian besar dunia masih terus jatuh," komentar akun @nikvanorton.

" Setidaknya mereka tidak mempolitisasi pandemik global," aku @curb.checked ikut menimpali.

" Seluruh dunia sedang berjuang dan Wuhan tengah menikmati," kata @anweshab.86.

Join Dream.co.id