Potret Perjuangan Petugas Memerangi Covid-19 dan Jaga Pasien Tetap Selamat

News | Minggu, 25 Oktober 2020 06:01
Potret Perjuangan Petugas Memerangi Covid-19 dan Jaga Pasien Tetap Selamat

Reporter : Sugiono

Garda terdepan melawan Covid-19 bukan mereka, tapi kalianlah para warga masyarakat.

Dream - Di tengah jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat setiap hari di Malaysia, ada sebagian orang yang terus bekerja untuk mengendalikan pandemi tersebut.

Mereka berada di garis depan berjuang melawan pandemi. Sementara warga masyarakat tinggal di rumah menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Para pejuang garis depan ini harus bekerja berjam-jam merawat pasien Covid-19 yang jumlahnya makin bertambah. Tidak ada lagi istirahat yang nyaman.

Mereka tidak punya waktu untuk tidur seperti biasanya. Tugas berat sewaktu-waktu memanggil, dan mereka harus selalu siap.

Mereka tidak memiliki waktu yang banyak untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman. Bahkan sekadar untuk kumpul-kumpul sambil bersantai.

2 dari 5 halaman

Dalam unggahan terbarunya, Kementerian Pertahanan di Sabah memperlihatkan foto-foto tantangan yang harus dilalui oleh satuan tugas penanganan Covid-19 negeri itu.

Kita bisa lihat betapa mereka kelelahan tetapi mereka berusaha yang terbaik untuk menghadapi serbuan musuh yang tak tampak, yaitu virus corona penyebab Covid-19.

Foto pertama menunjukkan para tenaga kesehatan tampak kelelahan di balik baju Alat Pelindung Diri (APD) yang mereka kenakan.

Di balik pakaian APD, mereka begitu kelelahan.© Facebook Majlis Keselamatan Negara Negeri Sabah

3 dari 5 halaman

Di foto berikutnya, terlihat satuan tugas penanganan Covid-19 dari unsur tentara baru saja selesai sholat dan memanjatkan doa.

Di samping berusaha, harus berdoa.© Facebook Majlis Keselamatan Negara Negeri Sabah

Mereka mungkin sedang berdoa untuk keselamatan dirinya, keluarganya, dan seluruh umat manusia agar terhindar dari pandemi Covid-19.

4 dari 5 halaman

Foto selanjutnya memperlihatkan dua tenaga kesehatan sedang disemprot cairan disinfektan untuk menghilangkan virus corona.

Dua tenaga kesehatan disemprot disinfektan.© Facebook Majlis Keselamatan Negara Negeri Sabah

Di foto bawah ini, seorang tenaga kesehatan tampak duduk sambil menundukkan wajah. Sepertinya dia tertidur dalam posisi duduk.

Lelahnya sampai tertidur dalam posisi duduk.© Facebook Majlis Keselamatan Negara Negeri Sabah

5 dari 5 halaman

Garda Terdepan Bukan Mereka, Tapi Warga Masyarakat

Berikutnya adalah foto yang menunjukkan sekelompok tenaga kesehatan yang tampak kelelahan. Mereka terbaring di lantai atau bersandar di tembok sekadar melepas penat dan lelah.

Tenaga kesehatan kelelahan usai menangani pasien Covid-19.© Facebook Majlis Keselamatan Negara Negeri Sabah

Dalam postingan itu, Kementerian Pertahanan Malaysia mengajak masyarakat untuk berada di garis depan melawan virus corona.

Caranya dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

(Sumber: World of Buzz)

Join Dream.co.id