3 Emak-Emak Jadi Tersangka Pengguntingan Bendera Merah Putih, Ini Motifnya

News | Kamis, 17 September 2020 10:57
3 Emak-Emak Jadi Tersangka Pengguntingan Bendera Merah Putih, Ini Motifnya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Sat Reskrim Polres Sumedang menetapkan status tersangka kepada para pelaku pengguntingan Bendera Merah Putih.

Dream - Polres Sumedang menetapkan tersangka pengguntingan bendera merah putih yang viral di media sosial. Ketiga tersangka itu merupakan emak-emak.

" Sat Reskrim Polres Sumedang Telah Menetapkan Status Tersangka Kepada Para Pelaku Pengguntingan Bendera Merah Putih yang beredar Viral di Video, yang Sudah Tersebar di Medsos," tulis akun Instagram resmi Sat Reskrim Polres Sumedang.

Pelaku Pengguntingan Bendera© Instagram

2 dari 5 halaman

Para pelaku pengguntingan bendera Merah Putih yang berjumlah tiga orang tersebut, telah mendekam di Rutan Mapolres Sumedang.

“ Kini para Tersangka yang berinisial PN(50), AI (50) dan DYH (30) telah di tahan di Rutan Mapolres Sumedang,” tulis pernyataan itu.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 66 Jo Pasal 24 hurup a undang-undang republik Indonesia No 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Bendera Sang Merah Putih, Bahasa Indonesia, Garuda Pancasila, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya merupakan jatidiri bangsa dan identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia Jo Pasal 55 ayat (1) Ke 1 KUHPidana atau Pasal 56 Ke 1 KUHPidana.

Dengan Ancaman Pidana Penjara paling lama 5 (Lima) tahun atau denda paling banyak Rp500.000.000.

3 dari 5 halaman

Motif di Balik Pengguntingan Bendera

Dalam proses penyidikan, perbuatan emak-emak tersebut memotong bendera dengan gunting untuk mengingatkan anaknya yang penyandang disabilitas agar tidak selalu memegangi bendera merah putih.

Menurut pengakuannya, motivasi emak tersebut untuk memberikan efek jera kepada anaknya.

Ibu berinisial P yang memotong bendera tidak memiliki motif kebencian terhadap negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Motifnya karena jengkel anaknya selalu memegangi bendera merah putih.

" Ibu ini tidak memiliki motif kebencian terhadap NKRI, tapi tindakan ini karena kejengkelan kepada anaknya yang mempunyai gangguan mental yang kemanapun selalu membawa bendera merah putih itu," kata Erdi di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu 16 September 2020, dikutip dari Liputan6.com.

 

4 dari 5 halaman

Viral Wanita Menggunting Kain Mirip Bendera Merah Putih

Dream - Viral di media sosial Twitter, sebuah video yang menampakkan seorang ibu tengah menggunting bendera yang menyerupai bendera Merah Putih.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @ferdinandHaean3 pada 16 September 2020 pukul 09.19, dilengkapi keterangan sebagai berikut:

"  Pak Polisi @DivHumas_Polri mohon dengan sangat agar ibu ini disadarkan tentang hukum, bahwa apa yang dilakukannya sangat B*NG*AT..!!," tulis akun Twitter itu.

 

5 dari 5 halaman

Unggahan videonya, hingga Rabu, 16 September 2020, sudah di-retweet sebanyak 271 kali. Video ini langsung mengundang amarah warganet dan mengecam tindakan wanita dalam video itu.

" Kenapa bendera Merah-Putih digunting2..? Ibu ini stress atau lagi marah sama siapa sampai bendera negara digunting..?,"  tanya salah seorang warganet.

"  Setiap org yang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dgn mksd menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara sebagaimana dimaksud dlm Pasal 24 huruf a, dipidana dgn pidana penjara plg lm 5 tahun atau denda paling banyak Rp500jt,"  kata netizen lainnya.

Join Dream.co.id