Jajanan `Kotak Kado` di Bekasi Bukan Kontrasepsi Bekas

News | Sabtu, 6 Februari 2016 16:03
Jajanan `Kotak Kado` di Bekasi Bukan Kontrasepsi Bekas

Reporter : Maulana Kautsar

Puslabfor Mabes Polri menyatakan tidak ditemukan bahan kimia yang digunakan mainan itu yang sama dengan kondom.

Dream - Jajanan anak-anak dengan hadiah menyerupai alat kontrasepsi sempat meresahkan warga Bekasi. Jajanan bernama " Kotak Kado" itu diproduksi oleh PD Supergirl Utama Food yang beralamat di Tangerang, Banten itu diselidiki polisi.

Tetapi, setelah dilakukan pengujian di Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri, ternyata jajanan yang berhadiah menyerupai kondom itu hanyalah balon.

" Unsur barang plastik atau karet yang diduga menyerupai alat kontrasepsi tersebut non-identik dan tidak mengandung bahan berbahaya atau bukan merupakan alat kontrasepsi sejenis kondom," tulis laporan Puslabfor Mabes Polri, Jumat, 5 Februari 2016.

Dari temuan tim penyidik, dalam jajanan itu ada kotak berisi hadiah menyerupai kondom. Tetapi, Kepala Sub Direktorat Industri dan Perdagangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Agung Marlianto membantah, hadiah itu merupakan kondom bekas.

" Sudah diperiksa itu tidak ada unsur bahan dasar pembuatan yang sama seperti bahan dasar kondom. Dan kami ke pabriknya tidak ada petunjuk di kemasan kalau cara minumnya harus dikocok seperti yang disebarluaskan di media sosial, hanya diseduh. Tidak benar ketika ada yang bilang itu kondom bekas," kata Agung.

Informasi ini juga diperkuat ahli Puslabfor Mabes Polri Astarini Endah. Setelah memeriksa dengan sampel, Astarini menemukan, ternyata bahan kimia yang digunakan dalam mainan itu berbeda dengan bahan kondom.

" Kesimpulannya mainan yang berbentuk balon yang diduga merupakan limbah kondom itu tidak benar," ujar Astarini.

Sebelumnya, akhir Desember 2015, masyarakat Bekasi dikejutkan dengan temuan jajanan anak yang diduga berhadiah kondom.

Warga yang menemukan benda diduga kondom itu langsung melaporkan kepada polisi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Yayasan Kita dan Buah Hati (YKBH). LSM itu kemudian langsung mengunggah hasil temuan itu ke media sosial.

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id