Penerapan Ganjil Genap Selama PPKM Dikaji untuk Diperluas

News | Kamis, 14 Oktober 2021 15:12

Reporter : Ahmad Baiquni

Kondisi jalanan di DKI Jakarta mulai padat.

Dream - Ditlantas Polda Metro Jaya tengah mengkaji perluasan penerapan sistem ganjil genap selama masa PPKM. Untuk saat ini, Polda Metro Jaya baru membatasi akses kendaraan bermotor roda empat di tiga ruas utama di ibu kota.

Rencana ini muncul melihat kondisi lalu lintas di DKI Jakarta yang sudah mulai mengalami kemacetan di tengah berlakunya status Level 3 PPKM.

" Itu masih baru wacana, baru direncanakan," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Argo Wiyono, dikutip dari Tribatranews.polri.go.id.

Argo mengungkapkan mulai padatnya jalanan terjadi setelah diterapkan sejumlah pelonggaran PPKM. Skema ganjil genap dijalankan untuk menekan dan mengendalikan laju mobilitas masyarakat agar tidak memadat.

" Dengan situasi pelonggaran saat ini kan berkorelasi dengan meningkatnya mobilitas. Kalau mobilitas meningkat kan, mau tidak mau kita tambahkan ruas gage (ganjil genap) untuk kendalikan ruas jalan ini," kata dia.

Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan penerapan sistem ganjil genap di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan HR Rasuna Said terpantau cukup landai. Tetapi, terjadi peningkatan arus kendaraan di sejumlah ruas jalan lain.

Penerapan Ganjil Genap Selama PPKM Dikaji untuk Diperluas
(Foto: Instagram @TMCPoldaMetro)
2 dari 6 halaman

Belum Ditentukan

Argo tidak menjelaskan jalan mana saja yang akan diberlakukan ganjil genap. Pihaknya masih mengkaji indeks kepadatan kendaraan.

" Kan sekarang ada tiga, ya mungkin kita lihat nanti kita harus berhitung dulu indeks kepadatan mobilitas yang diperlukan gage itu di mana saja," kata dia.

Selain itu, polisi juga akan meminta saran kepada sejumlah pihak terkait. Ini untuk menentukan perlu tidaknya penambahan ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap.

" Kita juga nanti akan meminta saran juga kepada Dinas Perhubungan (Dishub DKI) apakah perlu nambah dua atau tiga, tergantung dari indeks kemacetannya, jadi bukan hanya karena visual tetapi karena memang lokasi di situ padat," kata Argo.

3 dari 6 halaman

Berlaku Hari Ini, Pelanggar Ganjil Genap Jakarta Ditilang Lewat ETLE & Manual

Dream - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan sanksi bagi pelanggaran sistem ganjil genap terhitung mulai hari ini (Rabu, 1 September 2021). Kebijakan ini dijalankan untuk mengurangi laju mobilitas masyarakat selama masa perpanjangan PPKM.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan sanksi diterapkan melalui ETLE dan tilang manual. Dua cara ini dipakai lantaran kamera ETLE belum terpasang di semua titik yang diberlakukan ganjil genap.

" Tindakan hukum yang kita lakukan ini tentu nanti akan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan ETLE dan dengan tilang secara manual," ujar Sambodo.

Di masa perpanjangan PPKM, ada tiga ruas jalan yang berlaku ganjil genap. Ketiganya yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

" ETLE kan tidak di semua tempat, misalkan di Jalan Rasuna Said ada beberapa titik, di Jalan Sudirman-Thamrin ada beberapa titik," kata dia.

 

4 dari 6 halaman

Ada Petugas Patroli

Selain itu, dia mengatakan menerjunkan personel patroli yang akan mengawasi kendaraan yang melintas. Sejumlah petugas juga disiagakan di beberapa titik kawasan ganjil genap.

" Kalau tertangkap sama anggota saya di tengah (jalan) maka itu akan dilakukan penindakan dengan tilang," kata Sambodo.'

Lebih lanjut, dia mengatakan nantinya personel Satlantas akan memantau kendaraan untuk memastikan ada tidaknya pelanggaran. Juga untuk menindak para pelanggar.

" Jadi nanti akan ada anggota saya yang akan melakukan patroli untuk melihat apakah ada pelanggaran termasuk juga apabila tertangkap tangan anggota-anggota yang berjaga di kawasan ganjil genap," ucap Sambodo, dikutip dari Liputan6.com.

5 dari 6 halaman

Jakarta Berlakukan Kembali Sistem Ganjil Genap Mulai Besok

Dream - DKI Jakarta kembali memberlakukan sistem ganjil genap di tengah penerapan PPKM Level 4. Sistem ini akan menggantikan penyekatan yang sebelumnya diberlakukan untuk menekan mobilitas masyarakat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan aturan ini berlaku mulai Kamis, 12 Agustus 2021. Ketentuan ini bersifat umum bagi seluruh kendaraan roda empat, tidak terkecuali taksi konvensional dan online.

" Untuk GoCar, GrabCar, mobil sewaan online ini berlaku," ujar Sambodo.

Kepada pengemudi taksi online, Sambodo menyarankan untuk mencari jalur alternatif selama penerapan ganjil genap. Sistem ini akan dijalankan mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

" Nah, kan di sepanjang jalan tersebut kan ada jalan alternatif, jadi kalau dia mengangkut penumpang terus harus lewat jalur itu, ya cari jalan lain," kata dia.

 

6 dari 6 halaman

Titik Terkena Ganjil Genap

Sistem ganjil genap akan diberlakukan di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Berikut daftarnya, dikutip dari Liputan6.com.

- Jalan Sudirman,
- Jalan MH Thamrin,
- Jalan Medan Merdeka Barat,
- Jalan Majapahit,
- Jalan Gajah Mada,
- Jalan Hayam Wuruk,
- Jalan Pintu Besar Selatan, dan
- Jalan Gatot Subroto.

Join Dream.co.id