Malaysia Tolak Kedatangan Atlet Israel

News | Kamis, 17 Januari 2019 09:00
Malaysia Tolak Kedatangan Atlet Israel

Reporter : Maulana Kautsar

Sudah 50 tahun, Malaysia menolak hubungan dengan Israel.

Dream - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengatakan, tidak akan memberi tempat bagi atlet asal Israel berlaga di negaranya. Dia menolak memberi izin visa bagi tim renang paralimpik Israel.

Pernyataan Mahathir itu dikeluarkan pada Kamis 10 Januari 2019. Menurut laman Middle East Monitor, Mahathir tidak akan mengeluarkan visa bagi tim renang Israel yang akan berlaga di Kejuaraan Renang Paralimpik Dunia yang digelar 29 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Mahathir juga tidak ambil pusing seandainya penyelenggara mengancam membatalkan kejuarannya. " Silakan saja," kata Mahathir.

Komite Olimpiade Israel telah menekan Malaysia untuk mengeluarkan visa bagi tim renangnya. Komite Olimpiade Israel juga telah meminta panitia penyelenggara untuk mendapatkan visa, namun upaya itu tidak berhasil.

Isu pelarangan masuk bagi atlet Israel itu muncul dari Wakil Menteri Olahraga Malaysia, Sim Hee Kyung. Dia menyebut, Malaysia memang tidak mengizinkan warga Israel memasuki negara itu.

" Pemerintah Malaysia akan bertahan dengan posisi ini sebagai bagian dari protes penindasan Israel terhadap rakyat Palestina," ujar Sim.

Selama lebih dari 50 tahun, Malaysia telah menolak normalisasi hubungan dengan Israel. Penolakan ini karena banyak diantara penduduk Malaysia yang mendukung kemerdekaan penuh Palestina.

Komentar
Beri Komentar
MRT Ramah Disabilitas?
Join Dream.co.id
Sempat Dilarang Orang Tua, Adzillanie Izzati Kini Sukses Menjadi Beauty Influencer