Dua Gadis Ini Ikhlas Dinikahi Mas Kawin Segelas Air dan Sepasang Ikan Cupang

News | Jumat, 23 Agustus 2019 16:02
Dua Gadis Ini Ikhlas Dinikahi Mas Kawin Segelas Air dan Sepasang Ikan Cupang

Reporter : Ahmad Baiquni

Kita mungkin tidak pernah membayangkan mas kawin yang digunakan.

Dream - Mahar atau mas kawin selalu hadir di setiap pernikahan. Ini merupakan harta pemberian suami kepada istrinya ketika terjadinya ijab kabul.

Umumnya, mas kawin diberikan dalam bentuk uang, perhiasan, atau seperangkat alat sholat. Ada juga yang menggunakan hafalan Alquran maupun buku karyanya.

Tetapi, rupanya ada pernikahan dengan mas kawin tidak biasa. Bahkan bisa dibilang terunik di dunia.

Akun Instagram @ulama.nusantara mengunggah dua video prosesi akad nikah. Keduanya menggunakan mahar yang mungkin sangat remeh.

2 dari 7 halaman

Segelas Air Putih dan Seekor Ikan Cupang

Video pertama menunjukkan pengantin pria sedang menjabat tangan penghulu. Sedangkan pengantin wanita duduk di sampingnya namun ada seorang pria yang diduga wali nikah duduk di antarnya keduanya

Dalam ikrar nikah itu penghulu menyebutkan mas kawin yang digunakan. Bukan uang atau benda berharga lainnya, namun segelas air putih.

      View this post on Instagram

Musim nikah nih.

A post shared by Ulama Nusantara (@ulama.nusantara) on

Video lainnya juga tidak kalah unik. Terlihat mempelai pria sedang berjabatan tangan dengan penghulu saat prosesi ijab kabul.

Posisi mempelai pria itu tidak berbeda pada video sebelumnya. Di kirinya, duduk calon istrinya dengan wali nikah di antara keduanya.

Tetapi, tidak jauh dari meja akad terhadap akuarium mini berisi ikan cupang. Bukan sebagai hiasan, rupanya ikan cupang itu merupakan mas kawin yang diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita.

 

3 dari 7 halaman

Reaksi Netizen Bikin Ngakak

Video tersebut mengundang reaksi kocak dari para netizen.

" Mas kawin ikan cupang... menurut filosofi. ikan cupang adalah ikan sakti.. karena selain hidup di air ikan cupang juga bisa hidup di leher....," tulis @rafid_ahmad1990.

" Mau tanya min masih awam.. kalau sprangkat ubur ubur bisa gak min," tulis @irfannotonegoro.

" Nikah modal air putih anjrit... Kabar gembira," tulis @abujahaloffisialan.

" Iku lo mahare ming satu gelas air putih tapi seserahane honda civic turbo. Ambyaaaarr deek," tulis @syaeful_umam23.

4 dari 7 halaman

Pernikahan Unik, Gadis Pujaan Dipinang dengan Mahar 10 Lot Saham

Dream - Banyak benda yang bisa menjadi hadiah dari seorang pria ke calon istrinya. Mobil, cincin emas dan permata, rumah, hingga sejumlah benda berharga lainnya.

Namun pernahkah kamu mendengar seorang mempelai memberikan hadiah pada gadis pujaannya selembar sertifikat saham emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baru-baru ini seorang pria di Sumatera Utara memutuskan menjadikan saham sebagai hadiah pernikahannya. Kabar itu diunggah akun Instagram Bursa Saham Sumatera Utara @idx_sumut.

" Bertambah satu lagi Investor Sumatera Utara yang menggunakan saham sebagai Hadiah Pernikahannya. Selamat kepada kakak Rizki Annisa, S.TP & Muhammad Fadhli Lubis S.Kom," tulis IDX, Kamis, 18 Juli 2019.

 Pernikahan hadiah saham

Rizki dan Fadhli menggelar akad dan resepsi pernikahan pada 13 Juli 2019 di Padangsidimpuan. 

" Hadiah pernikahan 10 lot saham mayora (MYOR). Semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warrahmah. Amiin," tulis akun tersebut.

 Pernikahan hadiah saham

Pada perdagangan saham hari ini, saham Mayora Indah berada di level Rp2.110. Dengan asumsi harga itu, nilai hadiah berupa saham yang diberikan pemuda itu mencapai Rp2,11 juta.

Setahun sebelumnya, Direktur Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Erwin Febriansyah, dan Nekky Sulastri menikah dengan mahar saham. Pernikahan yang digelar 21 April 2018.

Erwin memberikan mahar saham senilai 21 lot yang dicetak melalui Phintraco Sekuritas.

5 dari 7 halaman

Pesan Menohok Fotografer untuk Tamu Pernikahan

Dream - Penggunaan smartphone saat ini terkadang di luar batas-batas kesopanan. Banyak orang tak paham dilarang memotret di tempat-tempat tertentu. Misalnya saja acara pernikahan.

Dikutip dari laman mirror.co.uk, Rabu 17 Juli 2019, seorang fotografer pernikahan, Hannah Stanley, menuliskan pesan mendalam untuk seorang tamu karena dianggap mengganggu kerja fotografer pernikahan profesional.

Lewat unggahan di Facebook, Hanna yang bekerja untuk Hannah Way Photography di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, membagikan foto karyanya.

Dalam foto itu terlihat momen pengantin wanita yang berjalan menuju altar didampingi ayahnya, namun terganggu oleh sepasang tangan yang memegang ponsel.

6 dari 7 halaman

Untuk Apa Foto Itu

" Untuk wanita pengguna iPhone. Bukan hanya kamu sudah merusak fotoku, kamu juga telah merenggut momen ini dari mempelai pria, ayah pengantin dan mempelai wanita," tulis Hanna.

" Apa sebenarnya yang akan kamu lakukan dengan foto itu? Apakah akan mencetaknya? Menyimpannya? Melihatnya setiap hari? Tentu tidak kan? Tapi pengantin akan mencetak foto ini, melihatnya dan mengenang momen ketika ayahnya mengiringinya berjalan menuju altar di hari pernikahannya. Tapi malah, kamu mengambil foto dengan ponselmu, menghalangi pandanganku dan mengambil foto yang tidak akan pernah kamu gunakan," tulis sang fotografer lagi.

Pesannya itu pun kemudia viral dan mendulang banyak dukungan. Sejak diposting, pesan yang disampaikan Hanna bahkan telah dibagikan lebih dari 162 ribu kali.

7 dari 7 halaman

Dukungan Dari Sesama Fotografer

Dukungan terutama datang dari sesama fotografer pernikahan karena merasakan hal yang sama.

" Aku sudah menangkap ratusan momen pernikahan dan juga sudah posting berkali-kali mengenai hal ini. Tapi tetap saja ada kelakuan itu di pesta pernikahan!!" curhat fotografer lain di kolom komentar.

Dalam sebuah wawancara, beruntung Hanna berhasil mendapatkan foto momen itu dengan angle yang berbeda.

Meski begitu dia tetap merasa perlu menuliskan pesan tersebut karena kerap mengalami kejadian serupa.

" Pernikahan adalah suatu hal yang sangat dinanti semua orang. Dan menjadi momen yang sakral seumur hidup. Jadi jika kamu hadir sebagai tamu undangan, biarkanlah para fotografer profesional yang dibayar pengantin menangkap setiap momen di acara pernikahan tersebut. Jadi tolong, biarkan saya melakukan pekerjaan saya, dan kamu hanya hanya perlu duduk, relaks dan menikmati momen sekali dalam seumur hidup ini," tutup Hanna.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id