Aprilio Manganang Beber Pengalaman Tinggal di Asrama Bareng Wanita

News | Kamis, 9 Desember 2021 07:01

Reporter : Amrikh Palupi

Begini cerita dari Aprilio Manganang!

Dream - Aprilio Manganang menceritakan masa lalunya saat menjadi perempuan dan menjadi anggota Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad). Pemilik nama lahir Aprilia Manganang sebelum identitasnya berubah, Aprilio sempat harus tinggal di asrama tentara khusus perempuan.

Menyadari kondisi berbeda, Aprilio meminta izin kepada atasannya agar mendapar ruang tidur yang dipisahkan dari anggota Kowad lainnya.

" Izin komandan, saya maunya sendiri saja (tidurnya). Ya sudah ada kamar satu sendiri tapi ingat makan bareng ya semua," kata Aprilio Manganang menirukan jawaban atasannya dikutip Dream dari YouTube Deddy Corbuzier, Rabu 8 Desember 2021.

 Aprilio Manganang© Aprilio Manganang

Meski sudah tidur di ruang terpisah dari teman-teman Kowad, tak lantas membuat Aprilio merasa nyaman. Saat berkumpul di momen makan bersama, Aprilia terpaksa harus menyaksikan berbagai tingkat laku para anggota Kowad yang membuatnya menjadi serba salah.  

" Gue merasa laki-laki masuk di situ (jadi) pusing. Mau keluar tapi nanggung kan mereka. Jadi gue makan balik lagi ke kamar. Jadi gue hidupnya menyendiri," kenang Aprilio.

Aprilio Manganang Beber Pengalaman Tinggal di Asrama Bareng Wanita
Aprilio Manganang (Foto : @manganang92)
2 dari 6 halaman

Memilih Menghindar

Begitu pula momen saat Aprilio dan tentara perempua lain menjalani aktivitas pribadi seperti mandi. Aprilio mengaku selalu menghindar saat teman-teman wanita seasrama mengajaknya mandi bareng.

" Gue menghindar Om Ded, gue lebih menjaga perasaan perempuan Om Ded, karena gue sadar diri Om Ded. Gue nggak mau terlalu waa bareng-bareng nih," kata Aprilio Manganang.

 Aprilio Manganang© Aprilio Manganang

Selain berusaha menolak ajakan rekan-rekannya, pria berusia 28 tahun ini berusaha mandi lebih dulu dari teman-temannya. Kalaupun tidak bisa, Aprilio akhirnya memilih untuk tidak mandi sama sekali.

" Kalau di Tentara gue duluan Om Ded, pagi jam 1 jam 2 yang penting udah mandi. Kadang nggak mandi lah, pasrah aja bau sampai malemnya," ucap Aprilio Manganang.

(Sah, Sumber : youtube.com)

3 dari 6 halaman

Curhat Aprilio Manganang Hidup 28 Tahun Sebagai Wanita: `Gua Menderita`

Dream - Aprilio Manganang menceritakan kisah masa lalu yang harus hidup sebagai seorang wanita karena kelainan langka yang diidapnya. Mantan anggota tim nasional basket wanita ini harus menjalani 28 tahun kehidupan sebagai sosok yang ternyata tak sesuai dengan nalurinya 

Hasils pemeriksaan dokter menyatakan Aprilio Manganang adalah seorang pria yang memiliki kelainan hipospadia. Kelainan yang membuatnya terlahir sebagai perempuan namun sosok aslinya adalah laki-laki.

Ibnu Jamil Dipinjamkan Sepatu dan Baju Biar Makin Mirip Tarzan Srimulat

Aprilio menceritakan hari-harinya dilalui dengan berat karena bingung dengan identitasnya. Ia merasa tidak memiliki fisik dan siklus yang seperti wanita pada umumnya.

" Gue merasa gue wanita tapi gue bertanya loh kok gue nggak bisa kaya cewek normal teman-teman. Ada payudara, sebulan mens, gue kan nggak ada," kata Aprilio Manganang dikutip Dream YouTube Deddy Corbuzier, Selasa 7 Desember 2021.

 Aprilio Manganang© Aprilio Manganang

4 dari 6 halaman

"Gue Menderita Om Ded"

Aprilio mengaku menderita saat harus menjalani hidup sebagai seorang perempuan. Ia merasa dirinya yang dahulu adalah bukan jati diri aslinya. 

Namun, pria 29 tahun ini berusaha bertahan menjalani kehidupan sebagai wanita karena kedua orangtuanya.

Transformasi Amanda Manopo, dari Polos jadi Glowing

" Gue menderita om Ded. Gue harus bagaimana. Berusaha jalani bukan diri gue. Tapi gue mengeluh ke siapa," ucapnya.

" Kita nggak bisa ngatur kehidupan orang. Tapi kehidupan gue banyak yang atur. Gue nggak bisa jadi diri gue. Makanya yang bisa bikin bertahan, ya karena orangtua gue," imbuhnya.

Kini, setelah menjadi pria, Aprilio mengaku sangat bahagia dan bebas. Pria yang kini menjadi anggota TNI itu akhirnya bisa merasakan semua keinginan yang selama ini diinginkannya.

" Bebas, bahagia pengen teriak aku. Bahagia sekali karena itu yang gue pengen karena selama 28 tahun pengen tahu akhirnya terjawab. Wah ini ternyata yang harus gue jalani selama. jadi beban 28 tahun (jadi wanita) hilang semua," tuturnya.

(Sah, Sumber : youtube.com)

5 dari 6 halaman

Potret Terbaru Serda Aprilio Manganang yang Sudah Jadi Lelaki Tulen

Dream - Nama Serda Aprilio Perkasa Manganang sempat menjadi perbincangan publik beberapa kondisi tubuhnya yang menderita Hispodia. Terkenal sebagai salah satu pemain Timnas voli putri INdonesia, Aprilio akhirnya menemukan jati diri aslinya sebagai pria pada Maret 2021 lalu.

Didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, pria yang awalnya bernama Aprilia Santini Manganang itu menerima identitas baru setelah permohonannya disetujui Pengadilan Negeri Tondano, Mihasa, Sulawesi Utara.

Yuk Intip 5 Potret Rumah Aziz Gagap

Berani Buka-bukaan, Serda Aprilio Manganang Pamer Otot Bikin Heboh Netizen

Kini hampir tiga bulan berlalu, Serda Aprilio telah kembali menjalani kehidupan barunya sebagai orang tua. Kelainan hispodia yang dideritanya juga sudah mendapat kejelasan dari para ahli kesehatan.

Setelah mengikut pelatihan menjadi seorang anggota TNI, Serda Aprilio Manganang akhirnya kembali bertugas. Berbagai unggahan kehidupan baru Aprilio kerap dibagikannya melalui sosial media.

Memiliki wajah yang tampan tentu membuat banyak warganet kembali menyoroti kegiatannya.

Dilansir dari channel Youtube Yudfi Channel, terlihat potret Serda Aprilio Manganang saat tengah naik motor trail. Ia tampak gagah dengan seragam loreng khas anggota TNI.

 Serda Aprilio Manganang© YouTube

Curhat Aprilio Manganang Soal Rasa Sakit Masa Lalu

Dalam potret tersebut, Serda Aprilio Manganang duduk di atas motor trail seraya menatap tajam pemandangan yang terhampar di depannya.

6 dari 6 halaman

Membawa Senjata

 Serda Aprilio Manganang© YouTube

Pesan Maudy Ayunda untuk Pria yang Minder Mendekatinya: Gue Santai Banget Sebenarnya

Dalam unggahan tersebut, terlihat pula potret Serda Aprilio Manganang saat mengangkat senjata. Dia bertugas dengan tetap mengenakan masker dan seragam loreng TNI.

   

Terkait
Join Dream.co.id