`Perkembangan Peradaban Islam Tanggung Jawab Generai Muda`

News | Sabtu, 24 November 2018 15:49
`Perkembangan Peradaban Islam Tanggung Jawab Generai Muda`

Reporter : Ahmad Baiquni

Remaja masjid harus dibina agar dapat mengambil peran di era digital.

Dream - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Syafruddin, mengingatkan pentingnya para pengurus masjid untuk menyiapkan generasi muda dan remaja masjid. Menurut dia, generasi muda memikul tanggung jawab besar bagi perkembangan peradaban Islam di masa mendatang.

" Pondasinya ini terletak di generasi muda. Tidak ada perbedaan di DMI semuanya sama agar berkembang dengan baik dan membuat inovasi dan berkontribusi pada perkembangan Islam," kata Syafruddin dalam Rapat Kerja Nasional I DMI di Jakarta, Sabtu 24 November 2018.

Syafruddin menyatakan remaja masjid harus bisa mengambil peran dalam penguatan peradaban Islam, khususnya di era digital seperti sekarang ini. Dia menambahkan anak muda nantinya harus mampu membuat umat sejahtera.

" Transformasi dan berinovasi adalah jawabannya," ucap Syafruddin.

Menjawab tantangan dunia industri 4.0, DMI memasukkan teknologi informasi dan digital ke dalam 10 program unggulan. Bahkan, DMI telah memiliki aplikasi sendiri dan bakal meluncurkan TV Muslim.

" Fokus ke depan adalah TV DMI yang sedang kita gagas, karena sudah banyak hamba Allah yang mau membantu," kata Syafruddin.

Selanjutnya, Syafruddin mengatakan DMI harus dapat membuat Indonesia sebagai contoh dalam menjaga keberlangsungan kemajuan peradaban Islam di Indonesia. Hal ini mengingat Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Selain itu, dia mengingatkan masjid harus bebas dari kepentingan apapun, termasuk kepentingan pemerintah. Masjid harus fokus pada upaya menyejahterakan umat.

Lebih lanjut, Syafruddin menegaskan DMI hanya mengurus masjid sebagai benda. Bukan mengurus orang-orangnya.

" Benda tidak punya afiliasi politik," kata dia.

Terkait
Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial
Join Dream.co.id