Peringkat Negara Teraman Dunia, Ini Posisi Indonesia

News | Minggu, 16 Agustus 2015 14:00
Peringkat Negara Teraman Dunia, Ini Posisi Indonesia

Reporter : Eko Huda S

Lembaga riset asal Amerika Serikat mengeluarkan peringkat negara paling aman hingga berbahaya. Di mana posisi Indonesia?

Dream - Lembaga riset Value Penguin mengeluarkan ranking kota-kota paling aman di dunia. Sebanyak 195 lebih negara menjadi objek penelitian. Namun, hanya 107 yang masuk peringkat. Sisanya tidak dicantumkan karena kekurangan sumber informasi.

Lembaga yang berbasis di New York, Amerika Serikat, itu mengklaim data yang dijadikan dasar peringkat kota teraman ini berasal dari berbagai sumber kredibel. Setidaknya ada tujuh poin yang menjadi indikator “ Nilai Keamanan”.

Indikator–indikator tersebut adalah populasi, emisi karbon dioksida (CO2), jumlah personel polisi per 100 ribu penduduk, tingkat kematian akibat kecelakaan per 100 ribu penduduk, pencurian per 100 ribu penduduk, dan tingkat harapan hidup dalam setahun. Ketujuh indikator dipilih karena berhubungan dengan keamanan sehari-hari penduduk.

Indikator-indikator itu sebagian besar diambil dari data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Bank Dunia. Dalam peringkat yang dikeluarkan Value Penguin itu, negara yang lebih aman mendapat rata-rata “ skor keamanan” lebih rendah dari negara yang kurang aman.

Berdasar peringkat itu, Singapura menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam lima besar negara paling aman. “ Negeri Singa” ini nangkring di peringkat ke dua dengan skor 37. Berada di bawah Swiss yang menjadi negara paling aman dengan skor 37.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Untuk mengetahui peringkat Indonesia dalam daftar negara paling aman, buka halaman berikutnya: (Sumber: Value Penguin)

2 dari 7 halaman

Swiss

1. Swiss

Berdasarkan analisis Value Penguin, Swiss menjadi negara paling aman di dunia. Rata-rata kekerasan kriminal di negara yang terletak di benua Eropa ini [hanya] 7 per 100 ribu penduduk.

Swiss juga mewajibkan penduduk mendaftar asuransi kesehatan. Dan indikator lain yang menjadikan Swiss sebagai negara paling aman adalah: dua juta dari populasinya [8.157.896] ternyata merupakan warga asing. Data itu diperoleh dari Sekretariat Migrasi Kementerian Kehakiman Swiss. Skor keamanan Swiss: 37.

3 dari 7 halaman

Singapura

2. Singapura

Singapura menempati peringkat ke dua dengan skor 42. Negeri dengan jumlah populasi 5.517.102 ini dinilai paling ramah lingkungan di antara lima negara paling aman di dunia. Hanya memiliki emisi 2,7 metrik ton CO2 atau 52 persen lebih rendah dari rata-rata.

Singapura memiliki seorang “ Kepala Statistik” yang mendapat perlingungan legislatif. Negeri ini juga kemungkinan memiliki kode untuk perumahan rakyat.

4 dari 7 halaman

Spanyol

3. Spanyol

Spanyol menempati posisi ke tiga dengan skor 42. Rata-rata kemarian akibat kecelakaan lalulintas negara berpenduduk 47.066.402 jiwa ini [hanya] 5,4 per 100 ribu jiwa. Atau 61 persen di bawah rata-rata [berdasar laporan 2010].

Meski demikian, ada catatan khusus untuk spanyol. Sebab, pada musim panas ini, meningkatkan peringatan potensi ancaman teror ke level “ tinggi”.

5 dari 7 halaman

Jepang

4. Jepang

Jepang berada pada posisi ke empat sebagai negara paling aman di dunia. Faktor utama yang dimiliki Jepang adalah tingkat harapan hidup yang tinggi.

Seperti Swiss, tingkat harapan hidup di Jepang sangat tinggi. Yaitu mencapai 83 tahun. Angka ini hanya kalah dari Hong Kong yang memiliki tingkat harapan hidup 84 tahun. Namun Jepang memiliki nilai plus di bidang lain.

Jepang dinilai sangat aman karena menjadi sekutu Amerika Serikat. Selain itu juga dinilai sebagai negara yang memiliki stabilitas dan tingkat kemakmuran tinggi.

Penduduk Jepang sebanyak 126.999.808 jiwa. Skor keamanannya 51.

6 dari 7 halaman

Siprus

5. Siprus

Siprus menjadi negara ke lima yang dinilai paling aman. Skor keamanan 63. Negara berpenduduk 1.153.058 jiwa ini mengalahkan empat negara teratas karena memiliki dua kategori:

Negara ini menempati peringkat ke-22 dalam hal personel polisi per 100 ribu penduduk (466 personel) dan berada di urutan ke-22 sebagai negara dengan tingkat pencurian rendah, yaitu 111 per 100 ribu penduduk.

7 dari 7 halaman

Indonesia

Bagaimana Indonesia? Dari 107 negara yang masuk peringkat ini, negeri kita berada di urutan ke 65. Skor keamanannya 125.

Indonesia, tentu saja, berada di bawah Singapura yang mentereng di posisi dua. Indonesia juga berada di bawah Brunai Darussalam yang menempati posisi 27 dengan skor 93, dan juga Filipina yang ada di urutan 49 dengan nilai 116.

Terlepas tepat atau tidak analisis yang dibuat oleh Value Penguin, kita tentu berdoa agar Indonesia tetap aman. Amin.

Terkait
Join Dream.co.id