Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Nasib Menteri KKP Edhy Prabowo Usai Diciduk KPK

Begini Nasib Menteri KKP Edhy Prabowo Usai Diciduk KPK Menteri KKP Edhy Prabowo

Dream - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa secara intensif Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, usai ditangkap di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu dini hari. Penangkapan Edhy berkaitan dengan dugaan kasus korupsi jual beli benih lobster.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dikutip dari Merdeka.com.

Menurut Ali, KPK memiliki kesempatan dalam 1x24 jam untuk menetapkan status tersangka pada pihak-pihak yang tertangkap. Tetapi, dia belum dapat menjelaskan perkembangan proses pemeriksaan terhadap Edhy.

"KPK punya waktu 1x24 jam untuk menentukan sikap. Perkembangannya nanti kami informasikan lebih lanjut," ucap Ali.

Ketua KPK, Firli Bahuri, menyatakan Edhy ditangkat berkaitan dengan dugaan korupsi penetapan izin ekspor benih lobster. Edhy ditangkap saat tiba dari Honolulu, Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat.

"Tadi malam Menteri Kelautan dan Perikanan diamankan KPK di Bandara 3 Soetta saat kembali dari Honolulu," kata Firli.

Napas Tilas Kebijakan Menteri KKP Edhy Prabowo vs Susi Pudjiastuti Soal Lobster

Dream - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo pada Rabu, 25 November 2020 dini hari. Ia ditangkap KPK di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sepulangnya dari kunjungan ke Amerika Serikat.

Penangkapan Edhy sendiri, diduga berkaitan dengan korupsi ekspor benih lobster atau benur.

Pada bulan Juli lalu, kebijakan Edhy Prabowo untuk melegalkan ekspor benih lobster memang sempat menuai beragam pro dan kontra di kalangan elite.

Susi Pudjiastuti, mantan menteri kelautan dan perikanan juga sempat memberikan kritik kerasnya atas kebijakan penerusnya itu. Susi termasuk salah satu pihak yang mengkritik kebijakan ekspor lobster yang pernah dilarangnya saat menjabat sebagai Menteri KKP.

Dengan kasus yang menjerat Edhy Prabowo dan perselisihannya dengan Susi Pudjiastuti terkait kebijakan tersebut, berikut napas tilas perseteruan mereka.

Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Edhy Prabowo ditangkap oleh KPK di Bandara Soekarno-Hatta setelah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Penangkapan tersebut diduga berkaitan dengan kasus korupsi ekspor benih lobster.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango membenarkan KPK melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang pada Selasa, 23 November 2020 malam hingga dini hari.

"Benar kita telah mengamankan sejumlah orang pada malam dan dini hari tadi," kata Nawawi.

 

Susi Pudjiastuti Kritik Keras Edhy Prabowo

 

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti diketahui sosok yang menentang keras keputusan Edhy Prabowo untuk melakukan ekspor benih lobster. Ia bahkan sempat mengutarakan opininya dalam sebuah video pendek yang diunggah di akun Instagram pribadinya, @susipudjiasuti115.

Dalam video yang diposting pada 10 Desember 2019 kemarin, Susi bercerita tentang lobster saat tengah menyantap hidangan laut itu di kampung halamannya, Pangandaran.

Ia menyebut, jika lobster yang merupakan sumber daya dengan nilai ekonomi tinggi tidak boleh punah hanya karena ketamakan untuk menjual bibitnya.

"Lobster yang bernilai ekonomi tinggi tidak boleh punah, hanya karena ketamakan kita menjual bibitnya. Dengan harga seperseratusnya pun tidak," tulis Susi.

Menurutnya, lobster yang dibudidayakan sendiri saat dijual akan lebih mahal. Ia mengatakan, lobster berukuran 400 gram hingga 500 gram bisa dihargai sebesar Rp600 ribu hingga Rp800 ribu.

Namun, jika dijual bibitnya biasanya hanya dihargai Rp30 ribu. Hal tersebut menurutnya tentu saja memberikan kerugian pada nelayan.

Kebijakan Edhy Prabowo Dikritik Merugikan

 

Oleh karenanya, Susi mengingatkan kepada para nelayan untuk tetap mempertahankan bibit lobster tersebut tumbuh secara alami di lautan. Menurutnya, akan banyak kerugian yang di dapat dari banyak pihak jika tetap melegalkan ekspor benih lobster.

"Jadi bukan pemerintah saja yang rugi, tapi masyarakat juga rugi, nelayan jangan bodoh dan kita akan rugi kalau itu (ekspor benih lobster) dibiarkan," tuturnya.

Meskipun tidak secara terang-terangan, namun pernyataan Susi sudah menegaskan bahwa pembukaan ekspor benih lobster berpotensi mematikan industri hasil tangkapan laut Indonesia yang keuntungannya bisa mencapai ratusan triliun rupiah.

Pendekatan Kebijakan Lobster ala Susi Pudjiastuti

Melalui cuitannya di Twitter, Susi Pudjiastuti juga sempat berkali-kali membahas dan mengkritik kebijakan ekspor benih lobster.

"Saya rakyat biasa yang tidak rela bibit lobster diekspor," tulis Susi melalui cuitan twitternya, seperti dikutip merdeka.com, Selasa 7 September 2020.

Lebih lanjut, Susi menjelaskan pembesaran lobster di laut sebagai habitat aslinya lebih baik. Sebab ada kesempatan bagi lobster untuk beranak pinak.

Susi mengaku, saat ini nelayan sudah bisa membesarkan lobster dengan melakukan pemijahan setelah lobster bertelur juga sudah. Hanya saja, tingkat keberhasilannya masih rendah. Namun perkawinan sampai bertelur belum bisa dilakukan di luar habitat lobster.

"Nelayan mulai tangkap banyak dg size min 200 grm. Bila akan diadjust saat musim panen jd 150grm. Krn itu Bibit Lobster adlh Plasma Nutfah yg HARUS Negara &kita jaga sbg WARISAN untk anak cucu kita," tulis Susi di akun twitter @susipudjiastuti, Jakarta, Minggu 15 Desember 2019.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Setia Dukung Pada 3 Pilpres, Prabowo Janji PAN Dapat Banyak Kursi Menteri

Setia Dukung Pada 3 Pilpres, Prabowo Janji PAN Dapat Banyak Kursi Menteri

Prabowo mensyaratkan agar PAN memberikan kader-kader terbaiknya untuk pemerintahan selanjutnya.

Baca Selengkapnya
Prabowo saat Kampanye Akbar di GBK: Kalian Mau Lihat Pak Gemoy Joget?

Prabowo saat Kampanye Akbar di GBK: Kalian Mau Lihat Pak Gemoy Joget?

Prabowo saat Kampanye Akbar di GBK: Kalian Mau Lihat Pak Gemoy Joget?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

Sahabat Dream, kamu atau temanmu pernah gak kaya gini? Pura-pura sibuk kerja ketika dilihat bos, padahal aslinya.... ya udah lah

Baca Selengkapnya