Perbandingan Lockdown Cegah Corona Ala Tegal Vs Kota Besar di Dunia

News | Sabtu, 28 Maret 2020 07:30
Perbandingan Lockdown Cegah Corona Ala Tegal Vs Kota Besar di Dunia

Reporter : Ulyaeni Maulida

Tegal mengambil langkah pencegahan penyebaran virus corona covid-19 dengan melakukan local lockdown yang akan dimulai 30 Maret hingga 30 Juli 2020.

Dream – Di Indonesia, penyebaran virus corona covid-19 meningkat drastis dari sejak awal diumumkan positif. Per tanggal 27 Maret 2020, total kasus meningkat menjadi 1.046. Dari jumlah tersebut korban meninggal mencapai 87 orang dan pasien sembuh sebanyak 46 orang.

Meskipun begitu, Presiden Joko Widodo, merasa belum tepat menerapkan lockdown di Indonesia. Namun, dibeberapa daerah di Indonesia sudah mengambil kebijakan untuk menerapkan lockdown atau karantina wilayah. Salah satunya adalah Tegal.

Dilansir dari Liputan6.com, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, kebijakan itu dibuat untuk melindungi warga Kota Tegal dari paparan virus corona covid-19. Dedy mengatakan, pembatasan tersebut dilakukan karena wilayahnya sudah menjadi daerah darurat penyebaran virus corona Covid-19.

Namun berbeda dengan wilayah negara lain yang menerapkan lockdown maksimal selama 2 bulan, Tegal akan melakukan lokal lockdown selama kurang lebih 4 bulan.

Berikut perbandingan lockdown di Tegal dan wilayah lainnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

Tegal

Tegal akan mulai memberlakukan lockdown terhitung sejak tanggal 30 Maret – 30 Juli 2020.

" Kota Tegal akan lockdown lokal full, kecuali jalur provinsi dan nasional tetap buka. Seluruh perbatasan masuk kota akan kami tutup pakai MCB barier beton seberat 2 ton yang dimungkinkan warga tidak bisa memindahkan," kata Dedy dikutip dari Liputan6.com.

Penerapan lokal lockdown dilakukan karena Tegal dianggap sudah masuk dalam zona merah penyebaran virus corona covid-19.

Dedy juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Baik keluar kota Tegal atau yang akan masuk ke kota Tegal. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus corona covid-19.

3 dari 7 halaman

India

 India© Pexels.com

India juga telah mengumumkan untuk melakukan lockdown. Hal tersebut disampaikan oleh perdana Menteri India, Narendra Modi. India akan melakukakan lockdown total selama 3 minggu atau 21 hari.

Dalam kebijakan lockdown total ini, semua aktifitas dan bisnis yang dianggap tidak penting akan ditutup sementara. Kecuali rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan yang akan tetap buka sebagaimana biasanya.

Lockdown total dilakukan dalam upaya memutus rantai penyebaran dari virus corona covid-19. Selain itu Narendra juga menghimbau agar masyarakat tidak terpancing dengan berita-berita yang tidak benar. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepanikan ditengah lockdown yang diterapkan.

4 dari 7 halaman

Malaysia

 Malaysia© Pexels.com

Malaysia sendiri sudah menerapkan lockdown yang diperpanjang hingga 14 April 2020.  Seiring dengan kebijakan lockdown, otoritas Malaysia telah menutup wilayah-wilayah perbatasan yang menghubungkan masuknya wisatawan asing. Selain itu, Malaysia juga menutup pengoperasian sejumlah perusahaan dan sudah membatasi ruang gerak warganya.

Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengenai penutupan semua operasi bisnis terkecuali perawatan kesehatan, penyiaran dan perbankan.

5 dari 7 halaman

Wuhan

 Wuhan© Pexels.com

Wuhan menjadi tempat pertama ditemukan virus corona covid-19. Sejak diumumkan kasus corona covid-19 meningkat pesat. Wuhan kemudian melakukan lockdown total. Semua akses ditutup kecuali pusat perbelanjaan, rumah sakit dan tempat layanan kesehatan.

Namun kini, setelah 2 bulan melakukan lockdown, Wuhan sudah kembali dibuka. Warganya pun sudah mulai beraktifitas seperti sedia kala.

6 dari 7 halaman

Italia

 Italia© Pexels.com

Italia merupakan negara dengan infeksi virus corona covid-19 terbesar kedua setelah China. Pemerintah Italia juga sudah memberlakukan lockdown total.

Meskipun kasus corona covid-19 di Italia adalah yang kedua setelah China, namun warganya masih juga menyepelekan himbauan untuk tetap diam dirumah. Akibatnya lonjakan kematian pasien virus corona covid-19 meningkat dua kali lipat dibanding China.

Upaya lockdown yang diberlakukan oleh pemerintah Italia diharapkan mampu menekan jumlah penyebaran virus corona covid-19 tersebut. Italia menutup semua acara besar baik di Universitas, sekolah, museum hingga spa. Sementara transportasi umum dan bandara masih dibuka, namun hanya perjalanan penting saja yang bisa mendapatkan izin.

7 dari 7 halaman

Arab Saudi

 Arab Saudi© Pexels.com

Arab Saudi juga memutuskan untuk melakukan lockdown di kota Mekkah, Madinah, dan Riyadh. Hal ini dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona covid-19. Tak hanya itu, ibadah haji dan umrah pun turut ditutup sementara  waktu.

Kebijakan lockdown di Arab Saudi menyebabkan kota Mekkah menjadi sepi. Jalanan tampak lengang dan hanya terlihat beberapa kendaraan yang berlalu lalang. Hal ini seperti yang disampaikan dalam Youtube Channel Alman Mulyana yang berjudul Kota Mekkah Mendadak Seperti Kota Mati.

Join Dream.co.id