Respons Pengelola RS Siloam Hospital Soal Perawat Alami Penganiayaan

News | Sabtu, 17 April 2021 11:55

Reporter : Putu Monik Arindasari

Pihak Rumah Sakit menyesalkan tindak kekerasan yang dialami salah satu perawatnya.

Dream - Pengelola Rumah Sakit Siloam Hospital Sriwijaya Palembang angkat bicara soal kasus penganiayaan yang menimpa slah satu perawatnya. Pihak Rumah Sakit menyesalkan tindak kekerasan yang menimpa salah satu perawat dan berharap hukum akan ditegakkan.

Dalam keterangan tertulis, Jumat 16 April 2021, Direktur RS Siloam Sriwijaya Palembang dr Bona Fernando, mengatakan tenaga perawat dan kesehatan lainnya merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan.

" Oleh karena itu mereka perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi sehubungan dengan fungsinya yang vital dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi pasien dan masyarakat yang sehat dan produktif," ujar dr Bona.

Ia mengatakan Siloam Hospital selama ini berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada pasien. Pengeloal RS juga berupaya keras untuk menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang aman dan kondusif bagi tenaga kesehatan agar dapat bekerja secara optimal dalam pelayanan kepada pasien.

Dalam keterangannya, dr Bona juga menuturkan Pihak Rumah sakit menyesalkan tindakan kekerasan yang menimpa perawatnya dan menganggap aksi tersebut tak dapat ditolerir.

" Siloam Hospitals menyesali tindakan kekerasan yang ditujukan kepada perawat kami di Siloam Sriwijaya. Kekerasan terhadap tenaga kesehatan adalah tindakan yang tidak dapat ditolerir," tuturnya

Respons Pengelola RS Siloam Hospital Soal Perawat Alami Penganiayaan
Siloam Hospital (Foto:Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Diserahkan Ke Polisi

Pihak Siloam telah menyerahkan kasus ini kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian kekerasan yang menimpa perawatnya serta menindak pelaku kekerasan dengan tegas sesuai hukum yang berlaku.

Dr Bona memohon doa bagi korban kekerasan dan menghimbau agar masyarakat menghargai semua tenaga kesehatan yang berjuang memberikan pelayanan kepada pasien di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Sebelumnya, pelaku tindak kekerasan terhadap perawat di Rumah Sakit Siloam Hospital sudah diamankan polisi, Jumat 16 April 2021, di kediamannya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Pelaku yang bernama Jason ini telah mengakui perbuatannya dan meminta maaf kepada pihak-pihak yang dirugikan.

3 dari 3 halaman

Pelaku Kekerasan kepada Perawat RS di Palembang Ditangkap

Dream - Pria pelaku penganiayaan perawat Rumah Sakit Swasta di Palembang akhirnya ditangkap polisi. Pelaku tampak dijemput langsung di kediamannya.

Dilansir Merdeka.com, Kanit Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang, AKP Robert Sihombing mengatakan pelaku diamankan di rumahnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Jumat 16 April pukul 20.00 Wib

" Benar, pelaku sudah diamankan di rumahnya malam ini," ujar Robert

Ia menjelaskan penyidik melakukan negosiasi sebelum mengamankan pelaku. Pelaku dinilai cukup kooperatif dan bersedia diproses ke tahap selanjutnya.

" Tidak ada penolakan dari pelaku saat kami bawa, sekarang masih diperiksa," tutur Robert

Sebelumnya seorang pria terekam kamera melakukan kekerasan terhadap perawat di sebuah rumah sakit. Pria itu menjambak dan melempar perawat tersebut hingga terjatuh ke lantai.

Diduga dilatar belakangi oleh masalah jarum infus, Kasus ini telah dilaporkan ke polisi.

Kasubag Humas Polrestabes Palembang Kompol M Abdullah mengungkapkan, laporan disertai dengan video yang merekam aksi kekerasan terlapor. " Laporannya masuk kemarin, penyidik mulai menyelidikinya," ungkap Abdullah, Jumat 16 April.

Join Dream.co.id