Wawancara Mantan Menkes Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier Langgar Aturan

News | Selasa, 26 Mei 2020 14:02
Wawancara Mantan Menkes Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier Langgar Aturan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Kabag Humas Rika Apriyanti menyatakan wawancara tersebut tidak mengantongi izin.

Dream - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia bereaksi terkait video konten wawancara Deddy Corbuzier dengan mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari. Wawancara tersebut dianggap telah menyalahi aturan. 

" Wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier tidak sesuai dan tidak memenuhi persyaratan yang tercantum pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kemenkumham dan UPT Pemasyarakatan, Pas No. M..HH-01.IN.04.03, 5 Oktober Tahun 2011," ujar Rika dalam keterangannya, Selasa 26 Mei 2020.

Menurut Rika, Deddy menyalahi Pasal 28 (1) yang memuat ketentuan peliputan untuk kepentingan penyediaan informasi dan dokumentasi harus mendapat izin secara tertulis dari Ditjen PAS.

Mantan ilusionist yang kini menjadi presenter dan Youtuber ini juga dianggap melanggar Pasal 30 ayat 3 mengenai ketentuan peliputan hanya dapat dilakukan pada hari kerja dan jam kerja yang ditentukan oleh masing-masung unit atau satuan kerja.

 

2 dari 6 halaman

Serta Pasal 30 ayat 4 mengenai pelaksaanaan peliputan harus didampingi oleh pegawai pemasyarakatan dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Terakhir melanggar Pasal 32 ayat 2, menyatakan bahwa wawancara terhadap narapidana hanya dapat dilakukan jika berkaitan dengan pembinaan narapidana.

Rika menyebut wawancara yang dilakukan Deddy tak diketahui oleh pihak Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu. Sementara Siti diketahui masih menjadi warga binaan Rutan Pondok Bambu.

" Pihak Rutan Pondok Bambu mengatakan baru mengetahui adanya wawancara tersebut, setelah melihat video wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier di Instagram milik Deddy Corbuzier pada hari Kamis, 21 Mei 2020," kata Rika.

 

3 dari 6 halaman

Rika menyatakan berdasarkan informasi dari pengelola Rutan Pondok Bambu, wawancara Siti dengan Deddy terjadi pada Rabu malam, 20 Mei 2020. Berlangsung antara pukul 21.30 WIB-23.30 WIB.

Saat wawancara berlangsung, terdapat empat orang di lokasi terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan. Empat orang tersebut masuk ke ruang rawat Siti dengan mengenakan masker dan salah satunya menggunakan penutup kepala dari jaket dan mengenakan ransel.

" Satu di antaranya adalah Deddy Corbuzier," kata Rika.

Rika menerangkan saat itu Siti sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Petugas yang menjaga Siti tak sempat bertanya kepada empat orang tersebut lantaran terlambat.

" Petugas jaga tidak sempat bertanya karena saat akan bertanya apa kepentingan dan keperluan dari tamu tersebut, pintu kamar sudah dikunci dari dalam, termasuk saat ada perawat yang ingin masuk ruang rawat untuk memberi obat-obat an pun dilarang masuk oleh keluarga yang bersangkutan," kata Rika.

Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie

4 dari 6 halaman

Deddy Corbuzier Jawab Kritik karena Undang Indira Khalista di Podcast YouTube

Dream - Deddy Corbuzier menjawab kritikan netizen karena mengundang selebgram Indira Khalista. Dia mengaku mengundang Indira untuk membantunya meminta maaf.

"Banyak yang nanya kenapa gue mau dia ada di konten gue. Well Karena kalau gue berbuat salah pun satu saat gue akan berterima kasih ketika ada kesempatan untuk minta maaf," tulis Deddy Corbuzier di Instagram.

Indira memang tengah menjadi sorotan. Dalam sebuah video YouTube, dia dengan terang-terangan mengaku tidak takut dengan virus corona. Oleh karena itulah dia mengaku tidak pernah mengenakan masker dan ogah mencuci tangan.

Pengakuan itulah yang membuat Indira menjadi sorotan. Selebgram itu dinilai arogan dan tidak punya empati di tengah pandemi corona. Namun, Indira akhirnya meminta maaf atas pernyataan tersebut.

Ded© Instagram

Deddy tak ingin nasib Indira berakhir sama dengan Ferdian Paleka yang berujung di penjara karena belum sempat mengutarakan permintaan maafnya.

"Ingat kasus Ferdian? Apa yakin sekarang kalau dia di penjara adalah jalan yang terbaik? Gimana kalau harus nya di Pesantren misalnya.. People do wrong.. All the time. Me too. Love u all," imbuh Deddy.

Sedangkan di dalam video itu, Indira mengaku menyesal atas perbuatannya dan meminta maaf karena sudah membuat resah masyarakat lewat pernyataannya mengenai corona.

"Pokoknya aku mau minta maaf dan kalian jangan dengerin omongan aku yang itu. Karena aku sendiri pun pakai masker dan di tas aku selalu bawa tisue basah alkohol," kata Indira.

      View this post on Instagram

I won't say anything. Not judging. Just watch the video. On YouTube now.

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier) on 

5 dari 6 halaman

Panen Hujatan Karena Remehkan Covid-19, Indira Khalista Minta Maaf

Dream - Selebgram Indira Kalistha tengah menjadi sorotan. Videonya menuai kontroversi karena dianggap meremehkan pandemi Covid-19.

Konten tersebut membuat warganet marah. Pasalnya, dalam video itu Indira mengaku enggan memakai masker dan cuci tangan. Ia juga tak peduli dengan penularan virus tersebut.

Setelah menuai berbagai kecaman, Indira akhirnya meminta maaf ketika menjadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier.

" Di video itu aku ngomong ga dipikir dulu itu bener banget. Aku sama sekali gak nolak kalian ngatain aku karena aku tau itu salah," kata Indira sambil terisak.

 Indira Kalistha© Foto: Instagram @mastercorbuzier

Selebgram dengan 1,5 juta followers itu juga meminta warganet untuk tidak mengikuti perkataannya yang terkesan meremehkan.

" Pokoknya aku mau minta maaf dan kalian jangan dengerin omongan aku yang itu. Karena aku sendiri pun pakai masker dan di tas aku selalu bawa tisue basah alkohol," ujarnya.

6 dari 6 halaman

Omongan Ngawur

Indira Kalistha tak berhenti mengucap maaf sambil menangis, " Jadi omongan aku di situ benar-benar ngawur."

Tak hanya itu, ia juga meminta maaf lewat akun Instagram. Ia mengunggah foto berlatar hitam polos.

" Saya Indira Kalistha, meminta maaf untuk semua," tulis Indira.

 Indira Kalistha© Foto: Instagram @indirakalistha

Unggahan tersebut langsung menuai berbagai komentar dari netizen. Meski banyak yang mendukungnya, tak sedikit pula yang kembali menghujat selebgram itu.

" Minta maaf aja tetep cari cuan harus di undang di channel youtube orang HAHA,"  kata @amalia_reisa

" bikin onar>viral>klarifikasi minta maap,"  sambung @itsmepabloo

" Dibalik semua keburukan pasti ada sesuatu jalan baik yang disiapkan oleh yang diatas, Amin..."  ujar @rafliimuh_

" because, without mistakes people cannot learn to be better. Semua ada hikmah nya mbala,"  timpal @ladymalanoo

Join Dream.co.id