Penelitian Terbaru: Jarak 2 Meter Sudah Tak Aman dari Penularan Covid-19

News | Selasa, 26 Mei 2020 11:00
Penelitian Terbaru: Jarak 2 Meter Sudah Tak Aman dari Penularan Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Virus bisa menular ke manusia dengan jarak 6 meter dalam waktu 1,6 detik.

Dream - Aturan jaga jarak sejauh dua meter yang sebelumnya direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah penularan Covid-19 dinilai sudah tidak sesusai kondisi lagi. Penelitian terbaru menemukan bahwa virus corona dapat bertransmisi hingga tiga kali jarak atau sejauh enam meter dalam hitungan detik.

Dilansir South China Morning Post, penelitian ini dipublikasikan di jurnal yang diterbitkan pada Selasa lalu dengan judul Physics of Fluidf. Jurnal tersebut ditulis oleh peneliti Talib Dbouk dan Dimitris Drikakis dari Universitas Nicosia Cyprus.

Pada penelitian itu dijelaskan bahwa jarak dua meter tidak bisa lagi dikatakan aman pada kondisi saat ini. Droplets atau percikan dapat sampai ke objek tubuh berikutnya dalam waktu 15 detik dan dapat menempel di bagian pinggang ke bawah manusia.

Jarak dua meter ini semakin tidak aman dengan adanya kondisi terbuka dengan angin bertiup. " Saat orang batuk, lalu angin berhembus, kecepetan dan jangkauan jarak virus semakin luas. Ini sangat berpengaruh dalam penularan virus melalui udara," tulis para peneliti tersebut.

2 dari 2 halaman

Penelitian ini berdasarkan hitungan model komputasi dinamika cairan berjarak dari tetesan saliva manusia di berbagai kondisi udara dan cuaca. Para peneliti juga kerap menemukan droplets dapat menjangkau jarak 6 meter dalam waktu lima detik dengan kondisi kecepetan angin sekitar empat kilometer perjam.

Namun, dengan angin yang lebih kencang, sekitar 16 km per jam, virus bisa menular ke manusia dengan jarak enam meter dalam waktu 1,6 detik.

" Temuan kami ini menyimpulkan bahwa jarak dua meter sudah tak cukup karena tergantung kondisi lingkungna," ujar para peneliti, dengan catatan masih perlu adanya penelitian tambahan untuk mengukur risiko penularan serta tingkat kelembapan.

Join Dream.co.id