Peneliti WHO Telusuri Asal Mula Covid-19 di Wuhan

News | Minggu, 7 Februari 2021 18:38

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bagaimana hasil penemuan dan penelitiannya?

Dream - Hingga saat ini, asal mula virus Covid-19 belum diketahui secara detail. Tim peneliti dari WHO (World Health Organization) juga terus berupaya menemukan asal mula yang lebih detail dari penelitian sebelumnya.

Baru-baru ini, ahli mikrobiologi dan penyakit menular, Dominic Dwyer berkunjung ke Wuhan untuk meneliti asal muasal virus mematikan tersebut.

" Semua orang tahu bagaimana wabah (Covid-19) benar-benar meledak dari pasar Huanan di Wuhan. Tetapi saat ini, kuncinya adalah apa yang terjadi sekitar waktu itu dan sebelumnya," kata Dwyer, dikutip dari Liputan6.com.

Mencari tahu asal muasal virus tersebut semakin sulit akibat sifat asimtomatik. Sehingga, harapannya pun kecil untuk mencari tahu darimana dan diderita siapakah virus pertama Covid-19.

Dwyer dan ahli zoologi serta penyakit hewan, Peter Daszak berpendapat bahwa Covid-19 sangat sulit ditangani. " Bahkan SARS, Ebola, kami punya beberapa ide bagus. Tapi, tidak ada yang tahu. HIV pun kami tidak tahu keadaan pastinya," ujar Daszak.

Peneliti WHO Telusuri Asal Mula Covid-19 di Wuhan
Menggunakan Masker Sebagai Perlindungan Dari Virus Covid-19. (Source: Shutterstock)
2 dari 2 halaman

Mengunjungi beberapa tempat di Wuhan

Setelah mendapatkan izin dan visa, tim peneliti virus Covid-19 dari WHO pun mulai mendatangi sejumlah tempat. Di antaranya adalah rumah sakit, fasilitas penelitian serta pasar tempat terjadinya wabah pertama kali.

Kini, mereka tengah mempersiapkan presentasi hasil penemuannya. Penemuan tersebut masih membutuhkan waktu untuk bisa menjelaskan secara rinci penularan Covid-19 melalui hewan seperti kelelawar.

Tim peneliti WHO pun hanya bisa terus berusaha untuk mengumpulkan data penelitian dan penemuan. Sehingga, diperkirakan penelitian ini bisa memakan waktu beberapa tahun.

 

Join Dream.co.id