Nama Liputan6.com Dicatut untuk Sebarkan Hoaks, Pembuat Berita Minta Maaf

News | Senin, 15 April 2019 19:54
Nama Liputan6.com Dicatut untuk Sebarkan Hoaks, Pembuat Berita Minta Maaf

Reporter : Maulana Kautsar

Pimred Harian Rakyat Kalbar meminta maaf karena menulis ulang kabar bohong itu.

Dream - Berita pemungutan suara di luar negeri yang diberitakan Liputan6.com menjadi bahan orang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoaks. Kabar palsu yang muncul memuat hasil pemungutan suara di luar negeri, informasi yang sebetulnya tak disertakan di berita Liputan6.com.

Hoaks itu diedarkan, dengan modus mengarang sendiri hasil penghitungan suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyelipkan link Liputan6.com. Hoaks kemudian disebarkan ke khayalak ramai.

Pembaca yang teliti tentu akan mengklik link Liputan6.com yang ditautkan itu, dan mendapati bahwa isi berita Liputan6.com itu sama sekali tidak menulis soal hasil perhitungan suara.
Sementara pembaca yang tidak mengklik link itu mungkin akan percaya bahwa penghitungan suara itu memang bersumber dari Liputan6.com.

Redaksi Liputan6.com langsung bertindak cepat ketika muncul informasi melalui aplikasi chat yang mencatut nama Liputan6.com ini.

Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati mengecam penyalahgunaan artikel tersebut untuk menyebarkan hoaks.

" Liputan6.com sebagai media yang selalu menjaga kepercayaan publik akan berkomitmen menulis berita sesuai fakta dan ikut serta melawan hoaks yang makin marak," kata Irna.

2 dari 3 halaman
Komentar
Beri Komentar
Siap Jadi Ayah, Raditya Dika Ingin Besanan Dengan Raffi Ahmad
Join Dream.co.id
Jokowi Klaim Masyarakat Makmur Berkat Dana Desa