Penampakan KRI Nanggala 402 Terbelah Jadi Tiga Bagian di Kedalaman 838 Meter

News | Senin, 26 April 2021 14:44
Penampakan KRI Nanggala 402 Terbelah Jadi Tiga Bagian di Kedalaman 838 Meter

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Dengan kondisi tenggelam di kedalaman 800 meter lebih, membuat sejumlah bagian kapal selam KRI Nanggala-402 yang terbelah mengalami penyusutan imbas tekanan air laut.

Dream - Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakana, KRI Nanggala-402 ditemuka pada kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut di perairan utara Pulau Bali. Kapal itu membawa 53 prajurit Kencana Hiu dengan kondisi terbelah menjadi tiga bagian.

" KRI Nanggala-402 terbelah tiga bagian. Badan utama kapal selam, badan utama kapal, dan bagian belakang kapal yang tidak berbadan tekan," ujar Yudo Margono saat jumpa pers di Bali, Minggu 25 April 2021.

Margono memaparkan kondisi kapal selam tersebut berdasarkan hasil foto satelit dari kapal bantuan milik Singapura yakni MV S2ift Rescue dan menurunkan ROV.

 

2 dari 8 halaman

Pecahan Kapal Menyusut

 KRI Nanggala-402
© Instagram @tni_angkatan_laut

Dengan kondisi tenggelam di kedalaman 800 meter lebih, membuat sejumlah bagian kapal selam KRI Nanggala-402 yang terbelah mengalami penyusutan imbas tekanan air laut.

" Di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian. Kondisi subsunk pada kedalaman 838 meter seperti ini sangat kecil kemungkinan awak KRI Nanggala dapat diselamatkan," ujar Yudo.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur. Ada bukti-bukti otentik yang dimiliki oleh pemerintah untuk menyimpulkan hal tersebut.

 

3 dari 8 halaman

Dalam unggahan akun Instagram resmi TNI Angkatan Laut, memperlihatkan tiga potongan kapal KRI Nanggala-402 di kedalam 83 meter. Hasil visual didapat dari pemindaian yang dilakukan KRI Rigel menggunakan multibeam sinar dan magnetometer.

" Telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail, MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera," jelas Hadi, dikutip dari liputan6.com, Senin 26 April 2021.

Dalam video juga dijelaskan bagian-bagian tersebut dipastikan milik KRI Nanggala-402.

" Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," ucapnya.

 

4 dari 8 halaman

Videonya

Berikut video penampakan terakhir KRI Nanggala-402 di kedalaman 838 meter:

      View this post on Instagram      

A post shared by TNI ANGKATAN LAUT (@tni_angkatan_laut)

 

 

 

5 dari 8 halaman

Unggahan Terakhir Komandan KRI Nanggala-402, Bikin Nangis...

Dream - Kapal selam KRI Nanggala-402 dan 53 awak terbaik bangsa yang hilang kontak di perairan Bali, sejak Rabu 21 April 2021, akhirnya ditemukan di kedalaman 838 meter. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 termasuk sang komandan kapal, Letkol Laut (P) Heri Oktavian dinyatakan gugur.

Hal ini dipastikan berdasarkan bukti-bukti usai proses pencarian KRI Nanggala yang dinyatakan tenggelam.

“ Dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” kata Hadi dilansir dari Liputan6.com.

Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian menjadi salah satu nama yang paling mencuri perhatian dalam peristiwa nahas ini.

Heri Oktavian dalam akun Instagramnya @Class_of_2k2 sempat membagikan momen latihan penyelamatan diri jika kapal selam mengalami sub-sunk atau tenggelam. Dalam caption yang ditulis olehnya, Letkol Heri menuliskan kalimat bak firasat yang menggambarkan kejadian saat ini.

Unggahan terakhir diketahui pada 15 November 2019, jauh sebelum kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam. Walau demikian, warganet sangat terenyuh dan merasakan kesedihan karena dianggap sesuai dengan situasi saat ini.

Penasaran seperti apa postingan dan pesan yang disampai Komandan Heri Oktavian? Simak ulasannya berikut ini!

6 dari 8 halaman

Unggah Video Simulasi Kapal Tenggelam

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/@Class_of_2k2

Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian sempat mengunggah video latihan penyelamatan diri saat kapal selam  dalam kondisi tenggelam. Video itu diunggah ke akun Instagramnya @class_of_2k2Video yang diunggah pada 2019 lalu itu, menunjukkan satu persatu awak kapal keluar dari kabin kapal.

Terlihat, dalam video berdurasi 28 tersebut para awak mengenakan baju khusus yang biasa disebut MK-11 berwarna oranye. Dalam unggahanya itu, ada juga sebuah foto awak yang berhasil melakukan proses penyelamatan diri.

7 dari 8 halaman

Caption Bikin Terenyuh

Dalam caption yang ditulis olehnya, Letkol Heri menuliskan kalimat bak firasat yang membuat  netizen merinding. Ia menulis, jika postingan itu tidak ada di pemberitaan berarti mereka masih baik-baik saja.

Namun jika postingan tersebut ada di berita, mereka memohon masyarakat turut mendoakan mereka.

" If you don't read about this on the news, than we're fine. But if you find it on the news, please pray for us. (Jika Anda tidak membaca tentang ini di berita, maka kami baik-baik saja. Tetapi jika Anda menemukannya di berita, mohon doakan kami)," tulis Letkol Heri.

8 dari 8 halaman

Kejadian yang Tak Pernah Diinginkan

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/@Class_of_2k2

Letkol Heri Oktavian menegaskan kepada anak didiknya bahwa saat kapal selam mengalami masalah, adalah momen yang tidak akan pernah diinginkan dalam dunia nyata.

" Kamu tidak akan menginginkan pengalaman tersebut dalam situasi sesungguhnya. Jadi, sekarang nikmatilah momen dirimu berlatih (dalam simulasi) latihan menyelamatkan diri," tambahnya.

Join Dream.co.id