Penampakan Drone Semprot Disinfektan di Tengah Kota Jakarta

News | Jumat, 27 Maret 2020 18:01
Penampakan Drone Semprot Disinfektan di Tengah Kota Jakarta

Reporter : Maulana Kautsar

Aksi penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Dream - Sejumlah orang berpakaian hazmat membawa drone yang telah diisi disinfektan. Mereka mempersiapkan penyemprotan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Maret 2020.

Diunggah akun Instagram @jktinfo, aksi penyemprotan itu untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Aksi penyemprotan ini digelar Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Beberapa komunitas dan tim drone, diantaranya Halo Robotics, Handal Selaras, Nusa Indonesia, Federasi Drone Indonesia, Gavin, Dronian Indonesia, Komunitas Aerial dan Drone Racing, Indonesia Drone Journalist, Gading Drone Pilot, dan Syngenta.

 Uji coba drone untuk menyemprotkan disinfektan (Foto: Instagram @jkt.info)© Instagram

Uji coba drone untuk menyemprotkan disinfektan (Foto: Instagram @jkt.info)


Rencananya, aksi penyemprotan disinfektan menggunakan drone ini akan digelar di beberapa titik di Ibu Kota.

Salah satu tim yang turut serta dalam penyemprotan ini adalah Nusa Indonesia. Mereka menjelaskan drone yang akan membawa disinfektan ini berjenis DJI Agras T-16.
Drone ini punya kapasitas tangki 16 liter dan bisa menyemprotkan 1,5 hektar hanya dalam waktu 10 menit tentunya menyesuaikan lokasi dan kondisi.

" Dengan kerjasama dengan kawan-kawan agriculture sprayer dan bimbingan tim FASI kami yakin akan dapat melaksanakan kegiatan ini dengan aman, dan terkoordinasi dengan baik," tulis tim Nusa Indonesia.

2 dari 7 halaman

Surabaya Juga Pakai Drone

Tim Nusa Indonesia berharap langkah ini dapat dapat membantu Jakarta dan juga Indonesia untuk melewati masa sulit ini dengan memberikan kontribusi yang optimal melawan Covid-19.

Aksi serupa sebelumnya dikerjakan pemerintah kota Surabaya, Selasa, 24 Maret 2020. Pemerintah Kota Surabaya menggandeng komunitas untuk memaksimalkan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan teknologi drone atau pesawat nirawak, di sejumlah perkampungan dan jalanan kota sebagai upaya pencegahan COVID-19.

" Nanti ada lagi komunitas yang bantu. Kami dari Pemkot Surabaya mengucapkan terima kasih," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M Fikser, dilaporkan Liputan6.com.

Penyemprotan menggunakan drone menjangkau beberapa wilayah di tengah Kota Surabaya, di antaranya Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Tunjungan hingga Jalan Wali Kota Mustajab.

" Masuk juga ke kampung-kampung di Gentengkali, kawasan Ondomohen, Jalan Yos Sudarso, Gedung DPRD Surabaya dan keliling Balai Kota sampai ke Jalan Pacar," kata Fikser.

3 dari 7 halaman

Beda Antiseptik dan Disinfektan yang Kini Banyak Dipakai Cegah Corona

Dream – Wabah corona telah menjadi ancaman di berbagai negara. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus dengan nama resmi Covid-19 itu. Salah satunya dengan menggunakan antiseptic dan disinfektan.

Dr. John Swartzberg, ahli penyakit menular dan professor emeritus di University of California, Berkeley, School of Public Health, mengatakan, “ Ada banyak hal buruk tentang virus corona. Namun satu hal baik adalah virus ini tidak terlalu kuat.”

“ Virus tersebut mudah dihancurkan oleh kebanyakan disinfektan,” tambah dia.

Para ahli di Consumer Reports, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan organisasi lain telah mempertimbangkan saran tentang produk yang dapat membantu melindungi diri dan rumah kita dari virus korona.

“ Pembersihan secara teratur dengan menggunakan pemebrsih biasa, dapat menghilangkan segala jenis kuman, bukan hanya virus corona,” ucap Catherine Roberts, associate editor kesehatan di Consumer Reports.

“ Fokus pada area sentuhan yang tinggi seperti pegangan keran, gagang pintu, pagar, dan tangga atau hal-hal yang selalu anda bawa,” lanjutnya.

4 dari 7 halaman

Apa itu antiseptik?

 Antiseptik© Pexels.com

Dilansir oleh alodokter.com, antiseptik merupakan senyawa kimia yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, bahkan mampu membunuh kuman. Antiseptik umumnya digunakan saat menangani luka, juga saat operasi atau prosedur tertentu dengan tujuan mengurangi risiko infeksi.

Menurut healthline.com, antiseptik adalah zat yang menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Mereka sering digunakan di rumah sakit dan pengaturan medis lainnya untuk mengurangi risiko infeksi selama operasi dan prosedur lainnya.

5 dari 7 halaman

Bagaimana antiseptik digunakan?

 Cara penggunaan antiseptik© Pexels.com

Antiseptik memiliki banyak manfaat. Baik di dalam ataupun di luar penggunaan medis. Dan pada penggunaanya baik di dalam maupun di luar medis, sama-sama digunakan pada kulit atau selaput lendir. 

Berikut penggunaan antiseptik secara spesifik:

  • Mencuci tangan. Para medis menggunakan antiseptik untuk mencuci tangan dirumah sakit.
  • Membasmi kuman pada selaput lendir. Antiseptik dapat digunakan pada uretra, kandung kemih, atau vagina untuk membersihkan daerah tersebut sebelum memasukkan kateter. Antiseptik  juga dapat membantu mengobati infeksi di area ini.
  • Membersihkan kulit sebelum operasi. Antiseptik digunakan pada kulit sebelum melakukan operasi, untuk melindungi dari mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada pada kulit.
  • Mengobati infeksi kulit. Antiseptik dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada luka di kulit. Seperti luka bakar atau luka ringan lainnya.
  • Mengobati infeksi tenggorokan dan mulut. Beberapa pelega tenggorokan mengandung antiseptik untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri.
6 dari 7 halaman

Apa saja jenis antiseptik?

 Jenis Antiseptik© Pexels.com

Antiseptik biasanya dikategorikan berdasarkan struktur kimianya. Semua jenis disinfektan kulit, tetapi beberapa memiliki kegunaan tambahan.

Jenis umum dengan beragam kegunaan meliputi:

  • Chlorhexidine dan biguanides. Ini digunakan pada luka terbuka dan untuk iritasi kandung kemih.
  • Pewarna antibakteri. Ini membantu mengobati luka dan luka bakar.
  • Peroksida dan permanganat. Ini sering digunakan dalam obat kumur antiseptik dan luka terbuka.
  • Fenol halogenasi. Ini digunakan dalam larutan pembersih dan sabun paramedis.
  • Antiseptik non-medis. Antiseptik ini banyak dijual dipasaran. Umumnya mengandung alkohol, pelembab dan memiliki wangi yang lebih harum. Contohnya seperti handsanitizer dan tisu basah.
7 dari 7 halaman

Perbedaan antiseptik dan disinfektan

 Beda Antiseptik dan Disinfektan© Pexels.com

Antiseptik dan disinfektan sama-sama dapat membunuh mikroorganisme. Banyak orang yang mengatakan bahwa antiseptik adalah disinfektan pada kulit. Namun hal yang paling mendasar untuk perbedaan antiseptik dan disinfektan adalah antiseptik digunakan pada tubuh seperti kulit sedangkan disinfektan digunakan pada permukaan benda mati seperti lantai.

Sebagai contoh, seorang dokter dapat menggunakan antiseptik pada tubuh seseorang sebelum melakukan operasi sedangkan disinfektan dapat digunakan untuk membersihkan meja operasi.

Baik antiseptik dan disinfektan mengandung bahan kimia yang disebut biosida. Hidrogen peroksida adalah contoh bahan umum dalam antiseptik dan disinfektan. Namun, antiseptik biasanya mengandung konsentrasi biosida yang lebih rendah daripada disinfektan.

Join Dream.co.id