Lonjakan Kasus Covid-19 di India Mengkhawatirkan

News | Minggu, 25 April 2021 06:01
Lonjakan Kasus Covid-19 di India Mengkhawatirkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pemerintah Indonesia menilai lonjakan kasus Covid-19 di India mengkhawatirkan.

Dream – Pemerintah mewaspadai lonjakan kasus COVID-19 di India. Pemerintah menilai lonjakan kasus di sana mengkhawatirkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan di sana sudah ada 15 juta kasus positif COVID-19 di India serta angka kematian dan kasus baru sebanyak 300 ribu lebih.

“ Lonjakan kasus ini mengkhawatirkan,” kata Airlangga dalam “ Media Gathering Perkembangan Perekonomian Terkini serta Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN)”, Jumat 23 April 2021.

Apalagi, kata dia, mutasi virus COVID-19 pun bermunculan, terutama yang menjadi perhatian World Health Organization (WHO). Ada tiga mutasi yang berada diawasi WHO, yaitu B.177 di Inggris, B1351 di Afrika Selatan, dan P1 di Brasil.

2 dari 2 halaman

Karena Dua Faktor

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menambahkan. Ada dua faktor yang membuat kasus COVID-19 meledak di India.

Pertama, ada mutasi-mutasi virus di sana. Kemudian, yang kedua adalah penurunan drastis kasus COVID-19 dan berujung kepada pelonggaran protokol kesehatan.

“ Protokol kesehatan dilonggarkan cepat. Festival agama besar-besar diizinkan,” kata dia.

Budi Gunadi mengatakan bahwa penularan pun menjadi sangat tinggi. “ Ini pelajaran bagi kita semua agar hati-hati,” kata dia.

Join Dream.co.id