Pemasok Narkoba ke Nunung Srimulat Diciduk

News | Selasa, 6 Agustus 2019 18:01
Pemasok Narkoba ke Nunung Srimulat Diciduk

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

K yang ditangkap polisi berperan sebagai tersangka yang meletakkan sabu di pinggir jalan Cibinong.

Dream - Polda Metro Jaya kembali menangkap pengedar narkoba yang masuk jaringan pemasok barang terlarang itu ke komedian Nunung Srimulat. Pengedar tersebut berinsial K alias NI alias Kumis, ditangkap di Trenggalek, Jawa Timur.

" Kami amankan DPO K yang meletakan Narkoba di pinggir jalan Cibinong, pesanan HM dan Nunung," ujar Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Calvijn Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan pelaku lain yakni Fajar Ali Paturohman, Dera Anggi Wigena, Dino Anansa Vironiko alias Bagong, dan Manik Lanang Palgunadi.

Calvijn mengatakan dari penangkapan itu, polisi menemukan sejumlah barang bukti di antaranya kaleng kemasan permen berisi dua klip sabu 2,86 gram, satu kotak rokok berisi tiga klip bekas sabu, satu set bong botol plastik beserta tiga potong sedotan, empat korek api gas dan empat handphone.

Selain itu, ada kaleng kemasan rokok berisi 12 gram ganja kering dalam kertas cokelat dan papir, satu kantong hitam berisi satu klip sabu 28 gram beserta satu klip berisi plastik kosong, satu sendok sabu, satu timbangan digital serta dua handphone.

" Ada satu ransel berisi dua plastik sabu terbungkus plastik hitam 390 gram. Hasil interogasi, K mengaku mengonsumsi 300 gram sabu bersama empat tersangka lainnya," ucap dia.

Seperti diketahui, K alias Kumis ini bertugas mengantarkan sabu di daerah Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Barang terlarang itu diambil oleh HM lalu diserahkan kepada Nunung.

Calvijn menerangkan K mendapat sabu atas arahan ZUL yang sedang menjalani hukuman di Lapas Klas IIA Paledang. Berdasarkan hasil penyelidikan, ZUL memperoleh sabu dari seseorang berinisial AT.

" AT itu masih dilakukan pengejaran," kata dia.

2 dari 6 halaman

Inisial BS di Kasus Narkoba Nunung, Billy Syahputra Angkat Bicara

Dream -  Penangkapan komedian Nunung meyeret nama artis lainnya yang bakal diciduk polisi. Sebab, polisi mengungkap artis yang akan ditangkap berinisial SS dan BS.

Inisial BS mengarah ke presenter Billy Syahputra. Saat namanya dikaitkan dengan kasus narkoba, adik kandung almarhum Olga Syahputra ini angkat bicara.

" Gue pribadi tidak merasa dengan inisial itu, karena gue tidak peduli orang berasumsi seperti itu. Kenyataannya gue tidak terlibat dengan barang haram itu," ungkap Billy di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, kemarin. 

Billy mengaku  selama ini berada di lingkungan pergaulan sehat. Untuk datang ke club malam saja, kata dia, termasuk jarang. Sehingga Billy pun yakin bahwa inisial BS itu bukanlah dirinya.

 Billy Syahputra Menangis Saat Hadiri Pernikahan Syahnaz?© MEN

Foto : Kapanlagi.com

" Gue tidak pernah ditawarin, karena gue jarang nongkrong di tempat yang aneh-aneh. Kalaupun ke tempat malam, itu karena ulang tahun teman. Tapi gue tidak pernah ditawarin juga," kata dia.

Meski namanya ikut terseret, Billy tak mau ambil pusing. Karena kejadian seperti ini sudah pernah terjadi dua tahun lalu dan Billy tak terbukti terlibat dalam jaringan narkoba.

" Gue sih tidak terganggu, berita hoax gini juga udah ada dari 2 tahun lalu. Dan sekarang muncul kaya gini lagi. Jadi gue ya udah biasa saja," ungkapnya.

3 dari 6 halaman

Hasil Lab Rambut Nunung Ungkap Fakta Mencengangkan

Dream - Polisi mengungkap fakta mengejutkan setelah memeriksa rambut dan urine Nunung. Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik Polri, Nunung diduga telah cukup lama mengonsumsi narkoba.

Menurut Kepala Bidang Narkoba Puslabfor Polri, Komisaris Besar Polisi Sodiq Pratomo, polisi mengambil sampel rambut Nunung sepanjang 12 sentimeter untuk dites di laboratorium. Berdasarkan pemeriksaan, semua positif mengandung zat narkoba. 

Menurut Sodik, rambut seseorang diasumsikan tumbuh sepanjang satu hingga tiga sentimeter setiap bulan. Sehingga, bila sampel rambut sepanjang 12 sentimeter positif mengandung zat narkoba, berarti Nunung telah lama memakai zat terlarang tersbut.

" Kalau kita asusmsikan rambut tersangka sebulan tumbuh satu sentimeter, berarti paling tidak dia menggunakan itu sudah 13 bulan," kata Sodiq di Jakarta, Selasa 30 Juli 2019

4 dari 6 halaman

Tes Urine Juga Mengejutkan

Data itu diperkuat dengan hasil tes urine Nunung. Saat dites pada hari ke lima usai penangkapan, urine Nunung masih positif mengandung Methamphetamine.

" Walaupun sudah empat, lima hari, kami temukan urinenya mengandung Methampethamine. Jadi mereka memang pengguna aktif," ungkap Sodiq.

Menurut Sodiq, sabu yang digunakan Nunung merupakan barang bagus, sehingga efeknya masih bertahan lama. 

" Mereka menggunakan sabu yang bagus, sehingga dalam saatu, dua hari, masih terasa efeknya. Kalau barang tidak bagus akan cepat efeknya hilang," tutur Sodiq.

5 dari 6 halaman

Memprihatinkan, Begini Kondisi Nunung di Tahanan

Dream - Ruben Onsu mengatakan bahwa kondisi Nunung, yang sedang meringkuk di dalam tahanan karena kasus narkoba, terlihat beda. Namun, air muka perepuan bernama asli Tri Retno Prayudati itu terlihat murung.

" Kondisi Mbak Nunung baik, cuma wajahnya memang tidak terlihat sepeti biasanya," kata Ruben Onsu usai menjenguk Nunung di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 25 Juli 2019.

Menurut Ruben, Nunung mengaku tidak nyaman selama tinggal di dalam tahanan. Menurut dia, perempuan yang ditangkap bersama suaminya itu tidak berselera makan. 

" Dia tidur enggak nyaman, ya namanya tempat kayak gitu. Tadi juga aku lihat Mba Nunung enggak makan, enggak minum. Mungkin butuh waktu buat adaptasi," tambah dia.

 Ruben© Dream.co.id

Ruben Onsu datang bersama Vega Darwanti. Mereka menghibur Nunung. " Aku datang untuk menghibur Mbak Nunung dan membawakan makanan juga," tutur Ruben Onsu.

6 dari 6 halaman

Tangis Nunung Pecah Ingat Permintaan Kado Ultah Sang Suami

Dream -  Nunung Srimulat menyesal tak kunjung berhenti mengonsumsi Narkoba. Padahal hampir setiap hari sang suami, July Jan Sambiran, mengingatkannya untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut. 

" Saya mohon maaf ke suami saya, karena tiap hari sudah ingatkan, 'kamu berhenti'," ujar Nunung di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 22 Juli 2019.

Sang suami pernah meminta kado khusus kepada Nunung saat merayakan ulang tahun pada 2 Juli 2019. Saat itu, Iyan meminta hadiah berupa Nunung yang berhenti mengonsumsi sabu.

" Saya ingat tanggal 2 Juli kemarin, tepat ulang tahun dia, saya tanya dia minta kado apa, dia bilang mau saya berhenti," kata dia.

 Nunung© Nunung

Foto : Ilman/Dream

Saat menceritakan kenangan tersebut, air mata Nunung tak dapat terbendung dan jatuh membasahi pelipisnya. 

Pada Jumat, 19 Juli 2019, Nunung dan suami ditangkap di kediamannya. Ketika digeledah, polisi menemukan barang bukti 0,36 gram, keduanya pun positif telah mengonsumsi barang haram tersebut.

Join Dream.co.id