Pawai Obor Tahun Baru Islam di Gelar di Bundaran HI Malam Ini

News | Sabtu, 31 Agustus 2019 19:22
Pawai Obor Tahun Baru Islam di Gelar di Bundaran HI Malam Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jakarta Muharram Festival digelar hingga pukul 11 malam. Cek lokasinya dan jalur alternatif.

Dream – Jakarta Festival Muharram yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berlangsung hari ini, Sabtu 31 Agustus 2019. Dimulai sejak pukul 5 sore tadi, masyarakat ibukota malam ini bisa menyaksikan festival yang digelar di Bundara Hotel Indonesia (HI) hingga pukul 11 malam.

Rangkaian kegiatan Jakarta Muharram Festival akan dimeriahkan dengan pawai obor yang disertai atraksi tari, lagu religi, dan salawat nabi, serta artis dan band nasional.

" Selain pawai obor dan beragam atraksi, ada pula tausiyah dan doa bersama yang akan dilakukan dalam momen pergantian tahun Hijriah tersebut,” kata Sekda DKI Jakarta Saefullah di Balaikota, Jakarta.

Saefullah mengatakan pawai obor akan diikuti sebanyak 2.600 orang. Obor yang digunakan adalah obor elektrik. “ Masing-masing wilayah kota, kami mintan 500 dan Kepulauan Seribu 100 orang,” kata dia.

Pawai obor dimulai dari titik awal Patung Kuda Arjuna Wihaha ke Bundaran HI dari pukul 19.00-19.30 WIB. Kemudian, kegiatan ini juga akan diiringi Halal Culinary Festival yang berlokasi di dua titik utama, yaitu Jl. Kebon Kacang Raya dan Jalan Imam Bonjol.

2 dari 4 halaman

Tampilkan Hiburan Tari dan Musik

Selain itu, ada tiga panggung utama di acara ini yang akan menampilkan berbagai hiburan tarian dan musik.

" Jakarta Muharram Festival akan menghadirkan berbagai grup band, antara lain Potret, Wali, Kotak, Koesplus Junior, Kanda Brothers, Jiung Band, dan Hijab Band, serta dimeriahkan oleh penyanyi dan artis nasional seperti Pasha, Opick, Wika Salim, dan Takaeda," kata Saefullah.

Dia mengatakan acara ini juga akan diisi oleh Ustaz Maulana dan Ustaz Syamsuddin Noor. Keduanya akan mengisi rangkaian momen akhir tahun 1440 H.

“ Rangkaian acara akan dipandu oleh host terkenal, seperti Irfan Hakim, Fadli-Fadlan, Arie Untung, Fenita Arie, dan Shara,” kata dia.

Acara yang berpusat di Bundara HI ini membuat arus lalu lintas menuju lokasi ditutup. Polda Metro Jaya telah melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. 

3 dari 4 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Adapun penutupan ruas jalan dilakukan di beberapa titik, yaitu:

1. Ruas Jalan MH Thamrin sisi timur dan barat dari Sarinah sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia.

2. Ruas Jalan Jendral Sudirman sisi barat, dari Dukuh Atas sampai Bundaran HI.

3. Ruas Jalan Imam Bonjol, dari Bundaran Hotel Indonesia sampai sepanjang Jalan Agus Salim).

Sedangkan, rencana pengalihan arus lalu lintas direncanakan sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari arah Jl. Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jl. MH. Thamrin dialihkan lurus ke Jl. Wahid Hasyim sisi Barat

2. Arus lalu lintas dari Jl. Kebon Kacang Raya yang akan menujuBundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik

3. Arus lalu lintas dari Jl. Teluk Betung yang akan menuju Jl. Sudirman

4. Arus lalu lintas dari Jl. Imam Bonjol yang akan menuju Jl. Pamekasan atau belok kanan menuju Jl. Agus Salim

5. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menujuBundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (dukuh atas) menuju Jl. RM. Margono Djodjohadikoesoemo

4 dari 4 halaman

Ancol Ikut Meriahkan Jakarta Muharram Festival

PT Taman Impian Jaya Ancol turut memeriahkan Jakarta Muharram Festival. Perayaan ini merupakan instropeksi dan bersyukur atas rahmat Tuhan.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, mengatakan kegiatan ini melibatkan sejumlah talent dari studio Dunia Fantasi. Dalam kesempatan itu, bakal tampak kostum tematik khas parade Dunia Fantasi.

Hadirnya puluhan talent Dunia Fantasi dapat ikut menyemarakkan festival yang baru digelar untuk kali pertama. Dengan tema " Muharram Light" , Ancol akan menampilkan parade kostum sufi berpadu busana elektrik yang sangat menarik dan atraktif.

Ancol bersama Pemprov DKI berperan serta mewujudkan misi " maju kotanya bahagia warganya" . Tak terbatas dalam pelaksanaan Jakarta Muhararam Festival saja, dukungan Ancol juga terangkum dalam kegiatan pemberian rekreasi gratis kepada petugas PPSU dan Ketua RT RW, serta petugas Jumantik di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

(Sumber: Liputan6.com/Ratu Annisa SuryasumiratAsnida Riani)

Join Dream.co.id