Bumil di Aceh Bakal Jadi Kasus Pertama Pasien Positif Corona Melahirkan

News | Kamis, 13 Agustus 2020 19:01
Bumil di Aceh Bakal Jadi Kasus Pertama Pasien Positif Corona Melahirkan

Reporter : Ahmad Baiquni

Pasien ini akan menjadi kasus pertama positif Covid-19 melahirkan anak.

Dream - Tim medis Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh bersiaga menyusul adanya seorang pasien yang akan bersalin. Pasien tersebut telah terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

Pasien ini dirujuk dari rumah sakit Nagan Raya. Dia dinyatakan positif Covid-19 setelah memeriksakan diri secara mandiri ke laboratorium penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada 11 Agustus 2020.

" Saat ini pasien sedang menunggu proses melahirkan di UGD Pinere," ujar Koordinator Pelayanan Tim PIE Covid-19 RSU Zainal Abidin, Novina Rahmawati, dikutip dari Merdeka.com.

Novina mengatakan pasien akan diawasi secara ketat oleh bidan, perawat dan dokter spesialis kandungan jelang persalinan. Secara umum, pasien dalam kondisi baik.

" Dokter spesialis anak juga sudah bersiaga untuk merawat sang bayi jika lahir," kata Novina.

 

2 dari 2 halaman

Menurut Novina, pasien ini merupakan kasus pertama melahirkan dalam kondisi terinfeksi Covid-19. Tetapi untuk pasien Covid-19 yang menjalani operasi, ini adalah kasus ketiga.

Pasien pertama Covid-19 yang menjalani operasi di RSU Zainal Abidin berusia 60 tahun. Pasien tersebut dioperasi Craniotomi pada 11 Agustus 2020. Pasien kedua menjalani operasi laparatomi pada 12 Agustus 2020.

" Kedua pasien paska-operasi saat ini dirawat di RICU," kata Novina.

Lebih lanjut, Novina mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Sebab, penularan Covid-19 hingga saat ini masih terjadi dan begitu berbahaya.

" Semoga Allah memberi kesembuhan kepada dua orang pasien positif Covid-19 yang telah menjalani operasi dan memberi kelancaran dan keselamatan bagi pasien positif Covid-19 yang akan melahirkan.

Sumber: Merdeka.com/Afif.

Join Dream.co.id