Covid-19 Varian Baru Muncul di Karawang, Ridwan Kamil Minta Saran Penanganan

News | Kamis, 4 Maret 2021 07:01
Covid-19 Varian Baru Muncul di Karawang, Ridwan Kamil Minta Saran Penanganan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Varian baru Covid-19 Inggris terdeteksi pada dua orang WNI yang sempat melakukan perjalanan dari luar negeri.

Dream - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan dua WNI asal Karawang teridentifikasi telah terinfeksi virus corona B117, varian baru yang muncul di Inggris. Dia menyatakan kasus ini merupakan impor, bukan penularan lokal.

" Virus varian UK 117 terdeteksi ada di Karawang dari warga Karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Sesuai prosedur mendarat kemudian diisolasi 10 hari sudah dilaksanakan. Namun ternyata isolasi 10 hari sudah tetapi virusnya tidak mau hilang," ujar Ridwan dalam konferensi pers disiarkan channel YouTube Humas Jabar, Rabu 3 Maret 2021.

Dia pun meminta kepala daerah dan aparat kewilayahan di Karawang untuk bergerak cepat mengatasi temuan mutasi virus Corona B117. Jangan sampai penyebaran terjadi secara meluas.

" Saya titip kepada Bupati Karawang, kepada Dandim, Kapolres dan seluruh jajaran jangan sampai kecolongan membesar sampai akhirnya kita tidak bisa mengendalikan. Mumpung masih kecil bisa segera kita deteksi. Kita tahu kalau sudah telat harga treatmentnya mahal sekali," kata Ridwan.

2 dari 4 halaman

Minta Warga Tidak Panik

Ridwan juga meminta warga Jabat tetap tenang dan tidak panik. Langkah-langkah antisipasi telah dilakukan sejak awal.

Pihaknya juga meminta saran para ahli di Dinas Kesehatan dan tim peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk mengetahui apakah penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang umum seperti 3M dan 3T masih berlaku sama atau tidak.

Sebab, ini mengingat kemampuan virus corona tipe B117 untuk menyebar jauh lebih cepat. 

" Treatment-nya, kami meminta Dinas Kesehatan dan Unpad untuk melakukan kajian kalau virus itu datang ke Jawa Barat bagaimana nasihat buat kami-kami, bagaimana meresponsnya apakah treatment-nya sama apakah tidak. Kami sedang menunggu kajian," katanya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Covid Baru Varian Inggris, Indonesia Perketat Pintu Masuk

Dream - Terkait temuan varian virus Corona B117 dari Inggris, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan, pemerintah memperketat pintu masuk Indonesia.

Pemerintah telah melakukan penjagaan di pintu masuk Indonesia dengan surveilans terhadap pelaku perjalanan internasional.

Kabar temuan varian virus Corona B117 disampaikan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, kemarin 2 Maret 2021. Bahwa sudah ditemukan dua kasus positif Covid-19 dengan varian B117 di Indonesia.

" Ini juga akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif COVID-19 tersebut. Tentunya, mencegah meluasnya penyebaran," jelas Wiku saat konferensi pers di Media Center Covid-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 2 Maret 2021.

" Saat ini, petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat, termasuk kementerian/lembaga terkait bersama Satgas akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi di lapangan."

Dalam menetapkan kebijakan pelaku perjalanan internasional, Satgas Nasional selalu berusaha adaftif dengan situasi dan kondisi yang ada, termasuk perubahan kebijakan jika diperlukan.

Upaya utama yang akan dilakukan saat ini adalah bagaimana mencegah penularan strain virus Corona baru di tengah-tengah masyarakat.

4 dari 4 halaman

Baru Ditemukan Semalam, 2 Kasus Mutasi Virus Corona Inggris Terjadi di Indonesia

Dream - Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengungkap temuan adanya kasus infeksi virus corona B117 varian Inggris di Indonesia. Temuan ini didapat pada Senin malam, 1 Maret 2021 menginfeksi dua kasus.

" Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Baru tadi malam ditemukan dua kasus," ujar Dante disiarkan channel YouTube Kemenristek.

Temuan itu didapat setelah pemeriksaan terhadap 462 virus SARS-Cov-2 di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir. Dengan temuan tersebut, Dante mengingatkan tantangan menangani pandemi Covid-19 ke depan menjadi semakin berat.

" Refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, dan studi-studi epidemiologis secara analitik, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," kata Dante.

Virus corona B117 disebut memiliki kemampuan menular lebih cepat dari varian yang ada sebelumnya. Untuk mencegah kasus ini, Pemerintah menerapkan larangan masuk bagi WN Inggris dan pengetatan masuk bagi WNA negara lain dan WNI dari luar negeri.

Join Dream.co.id