Covid Baru Varian Inggris, Indonesia Perketat Pintu Masuk

News | Rabu, 3 Maret 2021 14:03
Covid Baru Varian Inggris, Indonesia Perketat Pintu Masuk

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Kabar temuan varian virus Corona B117 disampaikan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwon.

Dream - Terkait temuan varian virus Corona B117 dari Inggris, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan, pemerintah memperketat pintu masuk Indonesia.

Pemerintah telah melakukan penjagaan di pintu masuk Indonesia dengan surveilans terhadap pelaku perjalanan internasional.

Kabar temuan varian virus Corona B117 disampaikan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, kemarin 2 Maret 2021. Bahwa sudah ditemukan dua kasus positif Covid-19 dengan varian B117 di Indonesia.

" Ini juga akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif COVID-19 tersebut. Tentunya, mencegah meluasnya penyebaran," jelas Wiku saat konferensi pers di Media Center Covid-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 2 Maret 2021.

" Saat ini, petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat, termasuk kementerian/lembaga terkait bersama Satgas akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi di lapangan."

Dalam menetapkan kebijakan pelaku perjalanan internasional, Satgas Nasional selalu berusaha adaftif dengan situasi dan kondisi yang ada, termasuk perubahan kebijakan jika diperlukan.

Upaya utama yang akan dilakukan saat ini adalah bagaimana mencegah penularan strain virus Corona baru di tengah-tengah masyarakat.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 6 halaman

Baru Ditemukan Semalam, 2 Kasus Mutasi Virus Corona Inggris Terjadi di Indonesia

Dream - Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengungkap temuan adanya kasus infeksi virus corona B117 varian Inggris di Indonesia. Temuan ini didapat pada Senin malam, 1 Maret 2021 menginfeksi dua kasus.

" Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Baru tadi malam ditemukan dua kasus," ujar Dante disiarkan channel YouTube Kemenristek.

Temuan itu didapat setelah pemeriksaan terhadap 462 virus SARS-Cov-2 di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir. Dengan temuan tersebut, Dante mengingatkan tantangan menangani pandemi Covid-19 ke depan menjadi semakin berat.

" Refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, dan studi-studi epidemiologis secara analitik, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," kata Dante.

Virus corona B117 disebut memiliki kemampuan menular lebih cepat dari varian yang ada sebelumnya. Untuk mencegah kasus ini, Pemerintah menerapkan larangan masuk bagi WN Inggris dan pengetatan masuk bagi WNA negara lain dan WNI dari luar negeri.

 

3 dari 6 halaman

Diduga Berawal dari Pesta Dansa, Indonesia `Dijajah` Corona

Dream - Pandemi Covid-19 genap setahun menerpa Indonesia kemarin, 2 Maret 2021. Pada tanggal tersebut setahun kemarin, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, mengumukan kasus 01 dan 02 di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah 365 hari berlalu, kasus Covid-19 di Tanah Air di Tanah Air sudah mencapai angka 1.341.314 per 1 Maret 2021.

Kasus Covid-19 di Indonesia pertama yang terdeteksi pemerintah bermula dari warga negara (WN) Jepang yang sedang berada di Indonesia. WNA itu baru diketahui positif Covid-19 setelah kembali ke negara domisilinya yakni, Malaysia.

" Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Pemerintah lalu melakukan penelusuran siapa saja yang pernah berkontak langsung dengan WN Jepang tersebut. Jokowi mengatakan WN Jepang tersebut ternyata pernah bertemu dengan perempuan berusia 31 tahun dan ibunya yang berusia 64 tahun.

" Kami cek kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif virus corona," ujar Jokowi.

Mereka disebut sebagai Pasien 01 dan Pasien 02. Kedua pasien Covid-19 tersebut kemudian menjalani perawatan isolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta.

4 dari 6 halaman

Berawal dari Pesta Dansa

Menteri Kesehatan saat itu, Terawan Agus Putranto mengungkapkan, dua orang di Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut pertama kali berkontak dengan WN Jepang dalam sebuah pesta dansa pada 14 Februari 2020. Adapun Pasien 01 merupakan seorang guru dansa.

" Dua hari kemudian, dia merasa batuk-batuk, tidak enak, sehingga rawat jalan ke rumah sakit," ucap Terawan di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta, pada Senin, 2 Maret 2020.

Pada 26 Februari 2020, pasien terus mengalami batuk dan meminta dirawat karena memiliki gejala batuk, sesak napas, dan sedikit demam. Dia pun sempat menceritakan bahwa pernah bekontak dengan WN Jepang yang positif Covid-19.

" Dirawat tanggal 28 (Februari), ditelepon sama teman dansanya itu, teman dekatnya itu. Bahwa dia orang Jepangnya tadi dirawat dengan Corona positif," jelas Terawan.

5 dari 6 halaman

Informasi Simpangsiur

Pasien 01 mengaku cukup terganggu secara psikis usai diumumkan menjadi pasien Covid-19 pertama di Indonesia. Hal ini dikarenakan kabar yang bertebaran dan adanya stigma buruk masyarakat terhadap pasien yang terinfeksi virus corona.

Bahkan, pasien 01 kerap menangis saat menjalani masa isolasi satu minggu pertama. Dia tak tahan dengan gunjingan masyarakat dan pemberitaan terhadap dirinya yang mengaitkan infeksi tersebut berkaitan dengan profesinya sebagai penari.

" Saya selama diisolasi selama seminggu, saya nangis terus karena saya tahu yang dibicarakan oleh beberapa media dan orang-orang yang menyebarkan (informasi) mengenai saya dan ibu saya," tutur Pasien 01, Senin 14 Maret 2020.

Usai menjalani isolasi kurang lebih dua minggu di RSPI Sulianti Saroso, pasien 01, 02, dan 03 pun dinyatakan negatif dari Covid-19 pada 16 Maret 2020, setelah menjalani tes PCR sebanyak dua kali.

Mereka mendapat oleh-oleh jamu dari Presiden Jokowi untuk menjaga daya tahan tubuh dan imunitas agar selalu sehat.

6 dari 6 halaman

Setahun Pandemi Covid-19 di Indonesia

Setahun lamanya Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Kasus positif Covid-19 pun terus melonjak naik mencapai 1.341.314 orang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Senin, 1 Maret 2021.

Kemudian, jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 1.151.915 orang. Sementara itu, pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 berjumlah 36.325 orang.

Pemerintah saat ini tengah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Selain itu, pemerintah juga telah memulai program vaksinasi Covid-19 sejak 13 Januari 2021.

Targetnya, ada 182 juta penduduk Indonesia yang harus divaksin untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal. Jokowi menargetkan program vaksinasi rampung dalam 2021.

 Sumber: liputan6.com

Join Dream.co.id