Usir Jemaah Bermasker dengan Kutip Ayat Quran, Ini Alasan Ustaz di Masjid Bekasi

News | Senin, 3 Mei 2021 11:00
Usir Jemaah Bermasker dengan Kutip Ayat Quran, Ini Alasan Ustaz di Masjid Bekasi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Saat hendak menjalankan ibadah sholat, pria di bekasi malah diusir oleh pengurus masjid.

Dream - Sebuah video viral di sosial media menunjukkan seorang jemaah pria yang sedang dimarahi sekelompok orang lantaran mengenakan masker saat melaksanakan ibadah salat di Masjid Al Amanah, Medan Satria, Bekasi Kota.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @ndorobeii, terlihat tiga orang pengurus masjid menyatakan, masuk ke masjid jangan menggunakan masker.

" ‎Jangan pake masker, ini kan masjid. Kita ada perbedaan antara masjid dan pasar.... (sambil mengutip ayat Alquran) orang yang masuk dalam masjid, aman," ujar ustaz berjubah kuning.

 

 

2 dari 6 halaman

Diusir

 Jamaah diusir
© Instagram @ndorobeii

Dalam video terlihat jamaah pria tersebut tetap kukuh menggunakan maskernya saat salat.

" Yang punya aturan bukan Bapak, ikuti kata umum (aturan)," kata jemaah tersebut.

Tak berhenti disitu, ternyata sang pengurus masjid yang mengenakan baju merah malah marah dan menantang jemaah pria.

" Mau lo, apa? Enggak mau ikutan di sini? Ulama punya aturan... pemerintah punya aturan," kata pengurus masjid berbaju merah.

" Panggil Polsekmu ke mari," sambungnya lagi.

Tampak jamaah yang tetap tertib menggunakan masker dan hendak salat itu ditemani sang istri. Tiga pria pengurus masjid itu tetap memaksa sang jemaah untuk salat tanpa masker.

3 dari 6 halaman

Lakukan Mediasi

Kapolres Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi mengatakan, peristiwa dalam video itu terjadi pada Selasa, 27 April 2021 siang. Pihaknya telah memediasi kedua belah pihak.

" Telah dilakukan rapat mediasi antara Bapak Roni Oktavian selaku jemaah masjid dengan ustad Abdul Rahman selaku Ketua DKM Masjid Al Amanah," tuturnya, Minggu 2 Mei 2021.

Menurut Aloysius, Kapolsek Medan Satria telah menegur pengurus masjid agar tidak lagi melarang jemaah untuk menggunakan masker saat salat. Pasalnya, kondisi saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid 19.

" Kepada masing-masing pihak agar dapat berkomunikasi secara baik-baik," jelas dia.

 

4 dari 6 halaman

Siap Ambil Jalur Hukum

Saat mediasi berlangsung, Roni Oktavian selaku jemaah masjid yang mengenakan masker, mengaku merasa tersinggung lantaran diusir saat akan melakukan ibadah sholat Zuhur. Dia pun menegaskan siap mengambil jalur hukum jika kejadian itu terulang kembali.

Aloysius memaparkan, Ustaz Abdul Rahman sebagai salah seorang yang melarang penggunaan masker, menilai bahwa masjid tidaklah sama dengan pasar. Terlebih, dalam Alquran disebutkan bahwa Allah pasti akan melindungi hambanya yang berada di dalam masjid, termasuk dari Covid-19.

Menurut Alysius, Abdul Rahman menyatakan tidak akan lagi melarang warga menggunakan masker saat beribadah di masjid. " Semua sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara damai dan musyawarah," tandas Aloysius.

SUmber: liputan6.com

 

5 dari 6 halaman

Video

Berikut video viral seorang jemaah dilarang menggunakan masker saat beribadah di masjid:

      View this post on Instagram      

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo)

 

6 dari 6 halaman

Video itu membuat banyak netizen geram. Mereka menyoroti perilaku pengurus masjid dan menilainya sangat kelewatan.

" Baju kuning numpang hidup jangan sok iye, baju merah emang udah sholat?," tulis akun @eds_ytwer.

" Ulama kok nyolot sih," komentar akun @nadabayu27.

" ga usah bawa" agama. dalam keadaan darurat. itu boleh pake masker pak," tulis akun @heldajustkid.

" Di jaktim yang solat pada pake masker juga Tapi biasa aja," komentar akun @mandar_mahesa96.

" Sesat tuh orang yg pake baju kuning," tutur akun @ade.bowo.12.

Terkait
Join Dream.co.id