Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Tersangka Suap, Ini Kata Istana

News | Minggu, 28 Februari 2021 12:57
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Tersangka Suap, Ini Kata Istana

Reporter : Nur Ulfa

Pemerintah menyerahkan sepenuhnya ke KPK

Dream - Deputi V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani, mengatakan bahwa pemerintah menyerahkan kasus hukum Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, yang menjadi tersangka dugaan suap proyek infrastruktur, kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

" Kita tentu kaget dengan hal tersebut apalagi Gubernur Nurdin Abdullah dikenal sebagai Gubernur yang kreatif dan inovatif. Tanpa perlu berspekulasi, kita menyerahkan sepenuhnya kepada KPK untuk melakukan proses hukum seadil-adilnya," kata Jaleswari Pramodhawardani dalam rilis yang diterima.

Dia memastikan pemerintah akan memproses semuanya secara transparan untuk menekan tindakan kasus korupsi ditempat lainnya.

" Pemerintah ingin memastikan, tidak akan pernah berhenti untuk menciptakan atmosfir pencegahan dan penindakan korupsi secara konsisten. Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) akan terus kita perkuat agar tercipta sistem pencegahan korupsi yang efektif dengan melibatkan seluruh K/L dan Pemerintah Daerah," kata dia.

2 dari 2 halaman

Dilakukan Secara Transparan

Jaleswari mengatakan bahwa pemerintah tidak akan menghalang-halangi KPK untuk menindaklanjuti kasus seperti ini. " Demikian juga dengan penindakan, pemerintah akan memberi keleluasaan kepada aparat penegak hukum untuk melakukan tugas dan fungsinya secara konsisten dan berkeadilan," ucap dia.

Selain itu, Jaleswari meminta agar pencegahan dan penindakan korupsi harus dilakukan secara berimbang. Apalagi sekarang ini Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia sedang menurun dari skor 40 pada 2019 menjadi 37 pada 2020.

" Penurunan IPK ini harus menjai cambuk bagi kita semua, terutama aparat pemerintah dan aparat penegak hukum untuk lebih serius dalam melakukan pencegahan dan penindakan korupsi. Kita tidak boleh berhenti sedetikpun untuk melakukan upaya tersebut," imbuhnya.

Join Dream.co.id