NU-Muhammadiyah Imbau Sholat Gaib untuk Prajurit Syuhada KRI Nanggala-402

News | Senin, 26 April 2021 14:02
NU-Muhammadiyah Imbau Sholat Gaib untuk Prajurit Syuhada KRI Nanggala-402

Reporter : Ahmad Baiquni

Para prajurit dalam KRI Nanggala-402 gugur sebagai syuhada.

Dream - Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 menjadi kabar duka yang kembali melanda Indonesia. 53 prajurit terbaik TNI AL gugur dalam insiden tersebut.

Atas peristiwa ini, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menyampaikan duka cita yang mendalam. Dua ormas Islam terbesar itu menyeru umat Islam untuk menjalankan sholat gaib bagi KRI Nanggala-402.

" Kita yakin dan kita doakan agar mereka diterima di sisi Allah ditempatkan di tempat yang indah dan damai, dan mereka diampuni segala kesalahannya, diterima segala amal shalehnya," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Sirodj, dikutip dari NU Online.

Kiai Said berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran da ketabahan. Dia pun mengimbau seluruh Nahdliyin menggelar sholat gaib.

" Semuanya adalah musibah dari Allah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," kata dia.

 

2 dari 6 halaman

Para Prajurit 'Syuhada'

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, turut menyampaikan duka cita mendalam atas musibah yang dialami KRI Nanggala-402. Dia menyatakan 53 prajurit TNI AL dalam kapal selam tersebut gugur sebagai syuhada.

" Mereka adakah para patriot bangsa yang telah berjuang dan berkorban untuk kepentingan negara. Mereka adalah para syuhada yang memberikan darma baktinya untuk Indonesia," kata Haedar, dikutip dari laman Muhammadiyah.

Karena itu, Haedar mengimbau seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah melaksanakan sholat gaib sebagai fardlu kifayah. Haedar juga berharap agar seluruh keluarga prajurit TNI AL yang gugur dalam insiden KRI Nanggala-402 diberi kekuatan iman, ikhlas, sabar, dan dapat lapang hati.

" Keluarga tentu berat dan kehilangan, tetapi kami percaya segenap anggota keluarga dapat mengikhlaskan para prajurit yang gugur itu sebagai syuhada bangsa menemui keharibaan Allah SWT dalam rengkuhan ridha-Nya," kata Haedar.

3 dari 6 halaman

Unggahan Terakhir Komandan KRI Nanggala-402, Bikin Nangis...

Dream - Kapal selam KRI Nanggala-402 dan 53 awak terbaik bangsa yang hilang kontak di perairan Bali, sejak Rabu 21 April 2021, akhirnya ditemukan di kedalaman 838 meter. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 termasuk sang komandan kapal, Letkol Laut (P) Heri Oktavian dinyatakan gugur.

Hal ini dipastikan berdasarkan bukti-bukti usai proses pencarian KRI Nanggala yang dinyatakan tenggelam.

“ Dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” kata Hadi dilansir dari Liputan6.com.

Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian menjadi salah satu nama yang paling mencuri perhatian dalam peristiwa nahas ini.

Heri Oktavian dalam akun Instagramnya @Class_of_2k2 sempat membagikan momen latihan penyelamatan diri jika kapal selam mengalami sub-sunk atau tenggelam. Dalam caption yang ditulis olehnya, Letkol Heri menuliskan kalimat bak firasat yang menggambarkan kejadian saat ini.

Unggahan terakhir diketahui pada 15 November 2019, jauh sebelum kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam. Walau demikian, warganet sangat terenyuh dan merasakan kesedihan karena dianggap sesuai dengan situasi saat ini.

Penasaran seperti apa postingan dan pesan yang disampai Komandan Heri Oktavian? Simak ulasannya berikut ini!

4 dari 6 halaman

Unggah Video Simulasi Kapal Tenggelam

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/@Class_of_2k2

Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian sempat mengunggah video latihan penyelamatan diri saat kapal selam  dalam kondisi tenggelam. Video itu diunggah ke akun Instagramnya @class_of_2k2Video yang diunggah pada 2019 lalu itu, menunjukkan satu persatu awak kapal keluar dari kabin kapal.

Terlihat, dalam video berdurasi 28 tersebut para awak mengenakan baju khusus yang biasa disebut MK-11 berwarna oranye. Dalam unggahanya itu, ada juga sebuah foto awak yang berhasil melakukan proses penyelamatan diri.

5 dari 6 halaman

Caption Bikin Terenyuh

Dalam caption yang ditulis olehnya, Letkol Heri menuliskan kalimat bak firasat yang membuat  netizen merinding. Ia menulis, jika postingan itu tidak ada di pemberitaan berarti mereka masih baik-baik saja.

Namun jika postingan tersebut ada di berita, mereka memohon masyarakat turut mendoakan mereka.

" If you don't read about this on the news, than we're fine. But if you find it on the news, please pray for us. (Jika Anda tidak membaca tentang ini di berita, maka kami baik-baik saja. Tetapi jika Anda menemukannya di berita, mohon doakan kami)," tulis Letkol Heri.

6 dari 6 halaman

Kejadian yang Tak Pernah Diinginkan

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/@Class_of_2k2

Letkol Heri Oktavian menegaskan kepada anak didiknya bahwa saat kapal selam mengalami masalah, adalah momen yang tidak akan pernah diinginkan dalam dunia nyata.

" Kamu tidak akan menginginkan pengalaman tersebut dalam situasi sesungguhnya. Jadi, sekarang nikmatilah momen dirimu berlatih (dalam simulasi) latihan menyelamatkan diri," tambahnya.

Join Dream.co.id