Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

NU Bacakan 1 Miliar Sholawat Jelang Hari Santri

NU Bacakan 1 Miliar Sholawat Jelang Hari Santri Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan memperingati hari santri yang jatuh pada 22 Oktober 2019. Pusat peringatan diselenggarakan di Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari, Jakarta, pada 21 Oktober 2019.

Ketua Lembaga Dakwah PBNU, Agus Salim mengajak para santri, warga NU untuk bersama-sama membacakan sholawat nariyah hingga satu miliar kali.

"Diikuti serentak warga NU dari Sabang sampai Merauke serta luar negeri," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 16 Oktober 2019.

Agus menjelaskan, tujuan acara 1 Miliar Sholawat Nariyah ini tak lain untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT demi keselamatan bangsa dan mendoakan arwah para pejuang yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

"Jasa mereka, utamanya para ulama, selain harus kita kenang, yang tidak kalah penting adalah harus kita teladani," ucap dia.

Acara tersebut rencananya akan dihadiri Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, KH Ma'ruf Amin dan juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Iya, Kiyai Ma'ruf akan hadir memberikan pidato kebangsaan, Gubernur DKI Jakarta Pak Anis juga hadir, serta alim ulama," kata Ketua Panitia Pelaksana Malam Puncak Hari Santri Nasional 2019 KH. Misbahul Munir.

Jokowi di Depan Kiai Madura: Jika Saya Anti-Ulama, Tak Mungkin Ada Hari Santri

Dream - Jokowi bertemu dengan para ulama se-Madura di sela kunjungannya ke Jawa Timur. Di hadapan para kiai, ustaz, sekaligus pengasuh pondok pesantren itu, dia menyampaikan keheranannya karena kerap dianggap anti-ulama.

"Presiden itu anti-ulama, lho, lho, lho. Saya itu masuk ke pondok pesantren berapa kali, hari ini dengan ulama," ujar Jokowi ketika berpidato dalam Deklarasi Akbar Ulama Madura di Bangkalan, Jawa Timur, dikutip dari Merdeka.com.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo ini menjelaskan bahwa pada hari pertama kunjungan ke Jawa Timur, sudah keluar masuk pondok pesantren di Jombang. Jokowi menjalin silaturahim dengan para kiai, pengasuh, serta para santri di beberapa pesantren besar, seperti Darul Ulum, Teruireng, Denanyar, dan Bahrul Ulum Tambak Beras.

"Dan yang menerbitkan Keppres Hari Santri tangga 22 Oktober itu siapa?" kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Enggak Mungkin Ada Hari Santri?

Menurut Jokowi, jika dia anti-ulama, tentu Keppres Hari Santri tidak mungkin ditandatangani. "Lho kalau kita anti-ulama enggak mungkin ada Hari Santri," terang dia.

Tak hanya itu. Dalam pemilihan presiden pun Jokowi sampai memilih calon wakil presiden dari kalangan ulama. Jokowi merasa perlu menjawab tudingan miring yang menyebutnya anti-ulama.

"Juga wakil presiden. Kita milih saja wakil presiden KH Prof Ma'ruf Amin. Beliau Ketua MUI. Beliau juga Rais Aam di NU."

"Lah kok dibalik-balik. Ini kan dibalik-balik namanya. Kalau enggak saya jawab, dibolak-balik lagi," kata Jokowi.

Gebrakan Santripreuneur di Hari Santri

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program Santripreuneur saat peringatan hari Santri Nasional yang jatuh pada Senin, 22 Oktober 2018.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, mengatakan, saat ini jumlah santri dari seluruh pondok pesantren se-Indonesia berjumlah sekitar 5 juta. Dengan kuantitas sumber daya manusia yang dimiliki, pesantren dapat menjadi wadah yang potensial sebagai penggerak ekonomi di lingkungan pesantren.

"Pemberdayaan ekonomi dalam program Santripreuneur diimplementasikan melalui implementasi pengembangan keuangan mikro pesantren," kata Arifin di Kantor Baznas, Wisma Sirca, Jakarta, Senin 22 Oktober 2018.

 

Gerakan Ekonomi Pesantren

Arifin menjelaskan, program ini diharapkan mampu memberdayakan ekonomi di lingkungan pesantren. Selain santri, masyarakat sekitar juga dapat berperan serta.

Direktur Baznas Microfinance, Noor Azis, mencontohkan, gerakan ekonomi pesantren sudah diinisiasi Pesantren Sidogiri, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Di pesantren itu, para warga menjadi penyalur makanan untuk para santri.

"Dari pihak pesantren juga memberikan harus halal, tidak hanya halal tapi juga toyyib," ucap Azis.

Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru berujar, program ini sebenarnya sudah ada sejak 2016. Di tahun 2016-2017, ada 112 pesantren yang mendapat bantuan program Santripreuneur dengan dana Rp6,3 miliar.

"Kau untuk tahun 2017-2018 itu bertambah menjadi 144 pesantren dengan total dana tersalurkan Rp7,4 miliar," ujar Randi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Gaya Santai 'Desak Anies Baswedan' di Ibu Kota

Gaya Santai 'Desak Anies Baswedan' di Ibu Kota

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berdialog dengan tenaga kesehatan dalam program kampanye 'Desak Anies'.

Baca Selengkapnya
Anies Baswedan: Negara Tidak Berdagang dengan Rakyat

Anies Baswedan: Negara Tidak Berdagang dengan Rakyat

Anies menegaskan, pihaknya akan menjadikan Indonesia negara yang tidak berdagang.

Baca Selengkapnya
Sejumlah Menteri Blak-Blakan Dukung Paslon 02, Anies Baswedan:

Sejumlah Menteri Blak-Blakan Dukung Paslon 02, Anies Baswedan: "Apakah Presiden Diam Saja?"

Soal menteri yang dukung Prabowo-Gibran, Anies: Presiden Bilang Harus Netral Bukan?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Sebut Presiden dan Menteri Boleh Kampanye dan Memihak, Anies Baswedan: `Sebelumnya Kami Dengar Netral`

Jokowi Sebut Presiden dan Menteri Boleh Kampanye dan Memihak, Anies Baswedan: `Sebelumnya Kami Dengar Netral`

Tanggapan Anies soal pernyataan Jokowi yang menyebut presiden boleh kampanye dan memihak.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya