NASA Rekam Fenomena `Ludah Setan` Matahari

News | Selasa, 7 Juli 2015 06:31
NASA Rekam Fenomena `Ludah Setan` Matahari

Reporter : Sandy Mahaputra

Dalam video itu terlihat matahari melepaskan semburan kuat berwarna merah yang diikuti oleh kobaran tipis yang meliuk-liuk.

Dream - Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA telah merilis sebuah video menakjubkan dari Spit of Satan atau Ludah Setan dari solar flare pada 18 Juni 2015. Peristiwa itu direkam dalam gerakan lambat dan berlangsung selama empat jam.

Pada 18 Juni lalu, NASA Solar Dynamics Observatory (SDO) menangkap solar flare atau semburan yang berkembang bersama dengan coronal mass ejection (CME). Fenomena itu menciptakan gelembung gas raksasa yang berulir denga garis-garis medan magnet.

Solar flare adalah semburan kuat dari radiasi yang terjadi ketika energi magnetik yang terpendam di atmosfer matahari dilepaskan secara tiba-tiba.

SDO telah mempelajari matahari sejak tahun 2010 dan menangkap semburan tersebut dalam berbagai panjang gelombang sehingga memungkinkan sinar ultraviolet terlihat saat terjadi semburan besar.

Dalam video itu terlihat matahari melepaskan semburan kuat berwarna merah yang diikuti oleh kobaran tipis yang meliuk-liuk. Fenomena itu disamakan dengan saat setan sedang meludahkan api dari mulutnya.

Frekuensi semburan matahari tersebut bervariasi mulai dari beberapa kali setiap hari hingga kurang dari satu minggu.

(Ism, Sumber: Mirror.co.uk)

Terkait
Join Dream.co.id