Muncul Gelembung Udara Besar di Dekat Gunung Krakatau

News | Rabu, 1 April 2020 19:58
Muncul Gelembung Udara Besar di Dekat Gunung Krakatau

Reporter : Ahmad Baiquni

Diduga ada aktivitas vulkanik di dasar laut.

Dream - Video menunjukkan gelembung udara ukuran besar terlihat di perairan Selat Sunda tengah viral. Tepatnya di dekat Gunung Krakatau

Fenomena alam ini ditemukan secara tidak sengaja petugas pengamanan BKSDA Bengkulu Lampung yang sedang melakukan patroli dengan kapal di sekitaran Cagar Alam dan Cagar Alam Laut atau CA dan CAL Kepulauan Krakatau. Video tersebut kemudian diunggah di akun Instagram @krakatau_ca_cal pada 30 Maret 2020.

Dalam unggahan itu, admin menyatakan belum diketahui penyebab timbulnya gelembung udara ukuran besar ini, Diperkirakan terdapat aktivitas vulkanik di dasar laut berupa gas yang keluar dari dalam gunung tersebut.

Dugaan sementara pusat gelembung berada di kedalaman 10 meter namun belum bisa dipastikan. Terlihat pada video kedalaman perairan tersebut cukup dangkal.

 

2 dari 5 halaman

Petanda Apa?

Video ini banyak menarik perhatian warganet. Sebagian besar mengkhawatirkan akan terjadinya bencana besar.

Dari pihak CA & CAL Krakatau sendiri belum bisa memastikan apakah itu hanya keretakan kecil atau kemungkinan lainnya.

Selain itu, warganet juga banyak yang menanyakan tentang keadaan biota laut.

" Ya airnya cukup hangat, sehingga biota kemungkinan berkurang atau berpindah ke tempat lain yang bersuhu normal," jelas admin CA & CAL Krakatau.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

4 dari 5 halaman

Viral Penampakan Awan Erupsi Merapi Disebut Menyerupai Semar

Dream - Media sosial tengah heboh dengan foto yang menunjukkan erupsi Gunung Merapi. Foto itu viral lantaran disebut-sebut menyerupai Semar, tokoh pewayangan yang lekat dengan kebudayaan Jawa.

Foto tersebut muncul di beberapa akun media sosial. Salah satunya @_infocegatansolo.

Disebutkan kemunculan awan Semar merupakan pertanda pagebluk segera berakhir menurut kepercayaan Jawa-Mataram. Pagebluk merupakan istilah Jawa yang digunakan untuk menyebut bencana.

" Itu artinya ada pagebluk (bencana) dengan kemunculan awan panas Gunung Merapi (berapi) menyerupai wajah Eyang Semar menandakan bencana (Pagebluk) yang melanda Nusantara akan segera berakhir,"  demikian tulis admin.

 Awan Semar© Instagram

5 dari 5 halaman

Diketahui, saat ini Indonesia sedang dilanda wabah virus corona yang menimbulkan Coronavirus Disease-19 (Covid-19). Sejumlah daerah di Indonesia memiliki kasus infeksi Covid-19 terkonfirmasi.

" Semoga Covid-19 akan segera berlalu dari bumi Nusantara.. Aamiin…,"  tulis admin.

Unggahan ini viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Tetapi, kebenaran mengenai keberadaan awan tersebut belum dapat dianpastikan.

Unggahan ini memicu banyak komentar dari netizen.

"  Nek wabah pengene ya ndang berakhir...bakulan bubruk nek ngne terus.... (Kalau wabah inginnya segera berakhir, jualan hancur kalau seperti ini terus),"  tulis netizen.

Join Dream.co.id