MUI: Umat Islam Wajib Ikut Vaksinasi

News | Senin, 22 Maret 2021 09:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Vaksinasi merupakan program percepatan mengakhiri pandemi.

Dream - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan umat Islam wajib mengikuti program vaksinasi Covid-19. Program ini merupakan ikhtiar dari Pemerintah untuk mengakhiri pandemi secepat mungkin.

" Umat Islam Indonesia tentunya wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19," ujar Ketua Komisi Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, disiarkan channel YouTube FMB9ID_IKP.

Asrorun meyakinkan umat Islam untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi. Dia menegaskan vaksin yang digunakan Pemerintah aman dan sudah diuji.

" Saatnya kita bersatu, hindari polemik tidak produktif," kata Asrorun.

 

MUI: Umat Islam Wajib Ikut Vaksinasi
Ilustrasi Vaksinasi
2 dari 2 halaman

Pemerintah Harus Sediakan Vaksin Halal

Selain itu, Asrorun menekankan Pemerintah harus memprioritaskan penggunaan vaksin Covid-19 yang halal semaksimal mungkin. Khususnya untuk vaksinasi kepada umat Islam.

MUI juga mengapresiasi komitmen Pemerintah memastikan ketersediaan vaksin yang aman dan halal. Ini guna mempercepat munculnya kekebalan komunitas.

" Pemerintah harus memastikan vaksin Covid-19 yang lain yang akan digunakan agar tersertifikasi halal dalam kesempatan pertama," ucap Asrorun.

Tak hanya itu, Asrorun juga menyatakan Pemerintah harus memastikan keamanan vaksin. MUI tidak membolehkan Pemerintah melaksanakan vaksinasi dengan vaksin yang menurut para ahli menimbulkan bahaya (dlarar).


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id