MUI: Sholat Berjemaah di Masjid Sudah Boleh Lepas Masker

News | Rabu, 18 Mei 2022 14:00

Reporter : Nabila Hanum

Jemaah yang sehat tidak perlu lagi memakai masker di masjid

Dream - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Fatwa Asrorun Niam, mengatakan jemaah yang sehat tidak perlu lagi memakai masker saat melakukan sholat jemaah di masjid.

" Pemerintah telah mengambil keputusan baru untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Asrorun dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu 18 Mei 2022.

Meski ada pelonggaran protokol kesehatan, ia mengimbau umat Muslim untuk tetap menyesuaikan diri menggunakan masker usai mengikuti salat yang menjadi fasilitas publik guna mengurangi potensi penularan Covid-19.

Asrorun menambahkan, masjid dan musala yang sebelumnya melipat karpet untuk melangsungkan sholat berjemaah diharapkan dapat kembali menggelar karpet maupun sajadah guna memberikan kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah.

MUI: Sholat Berjemaah di Masjid Sudah Boleh Lepas Masker
Ilustrasi Sholat Berjemaah (Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Kabar Gembira! Indonesia Hapus Aturan Wajib Masker

Dream - Pemerintah Indonesia secara resmi mencabut pembatasan Covid-19 mulai hari ini, Selasa 17 Mei 2022. Warga diperbolehkan tidak menggunakan masker saat berada di luar ruangan dan pelancong yang sudah vaksinasi penuh tidak perlu lagi tes Covid-19, baik itu PCR maupun antigen.

" Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," demikian tertulis dalam pengumuman yang dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa 17 Mei 2022.

3 dari 3 halaman

Meski demikian, penggunaan masker saat beraktivitas di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap diwajibakan.

Selanjutnya bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, seperti lansia, dan yang memiliki penyakit komorbid, tetap diwajibkan menggunakan masker di luar ruangan.

Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Kemudian bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen.

Join Dream.co.id