MUI: Aspek Keamanan dan Kehalalan Diutamakan Sebelum Pengadaan Vaksin

News | Minggu, 17 Januari 2021 13:50

Reporter : Ahmad Baiquni

Pemerintah dinilai telah menerapkan langkah progresif terhadap vaksin Covid-19.

Dream - Majelis Ulama Indonesia meminta masyarakat untuk tidak ragu mengikuti program vaksinasi Covid-19. MUI telah menjamin vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Ketua Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, menyatakan Pemerintah selama ini selalu fokus pada aspek keamanan dan kehalalan obat. Termasuk pula soal vaksin Covid-19.

" Langkah progresif yang dilakukan oleh pemerintah dalam ikhtiar penyediaan vaksin ini memang sedari awal mengarusutamakan aspek keamanan dan juga kehalalan sebelum melalukan proses pengadaan," ujar Niam dalam diskusi virtual 'Jangan Ragu Vaksinasi' disiarkan channel YouTube BNPB.

Menurut Niam, sejak Oktober 2020 MUI telah menjalankan proses sertifikasi dimulai dengan pemeriksaan lapangan. Langkah berikutnya yaitu merapatkan hasil temuan dan pemeriksaan auditor pada 8 Januari 2021.

Hasilnya, Komisi Fatwa MUI menyatakan vaksin Sinovac sudah halal dan suci. Sehingga, vaksin tersebut dapat digunakan untuk masyarakat khususnya umat Islam.

" Jadi memang butuh waktu berbulan-bulan sejak Oktober hingga Januari kemarin," ucap Niam.

 

MUI: Aspek Keamanan dan Kehalalan Diutamakan Sebelum Pengadaan Vaksin
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Fatwa Nomor 4 Tahun 2016 Bisa Dirujuk

Jika masyarakat masih ragu dengan alasan agama, Niam mengingatkan akan fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi atau Vaksinasi. Dalam fatwa itu, MUI menetapkan vaksinasi sebagai salah satu mekanisme preventif dan tidak bertentangan degan ketentuan syariat.

Apabila terjadi perubahan produksi atau gudang, kata Niam, maka pada produk yang telah dinyatakan halal dan suci dapat dilakukan pemeriksaan ulang. Dia pun menjamin MI akan mengeluarkn fatwa halal untuk vaksin lain yang akan didatangkan ke Indonesia.

" Jangan ragu lagi terkait aspek kehalalan, kesucian dan juga kebolehan vaksinasi dengan vaksin Sinovac ini," kata dia.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 6 halaman

Video Detik-detik Presiden Turki Erdogan Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

Dream - Beberapa pemimpin negara sudah mulai mendapat suntik vaksin COVID-19. Sama seperti Jokowi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga sudah menjalani vaksinasi COVID-19.

Untuk merk vaksinnya sama dengan yang digunakan Presiden Jokowi. Erdogan disuntik vaksin COVID-19 merk Sinovac yang dibuat di China.

Namun tidak seperti Jokowi yang menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19, Erdogan merupakan orang kedua setelah Menteri Kesehatan Dr. Fahrettin Koca.

Erdogan disuntik vaksin COVID-19 pada hari Kamis 14 Januari 2021 waktu setempat. Proses vaksinasi Erdogan berjalan lancar. Dokter juga tampak rileks.

Hal itu terlihat dalam video yang dibagikan Anadolu News Agency melalui cuitan di Twitter resmi mereka.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, Erdogan kini menjadi presiden kedua di dunia yang mencoba vaksin Sinovac.

Sementara itu, suntik vaksin COVID-19 untuk rakyat Turki ditargetkan selesai dalam waktu singkat.

" Insha Allah, kita menargetkan vaksinasi kepada seluruh masyarakat kita dalam waktu singkat," ujar Erdogan via Twitter.

Sumber: Liputan6.com

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

Ekspresi Berbeda Ariel Noah dan Raffi Ahmad Usai Suntik Vaksin

Dream - Ariel NOAH menjadi artis kedua yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi yang digulirkan pemerintah. Penyanyi bernama asli Nazriel Ilham itu masuk dalam daftar penerima vaksin yang mulai dijalankan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.  

Foto Ariel saat mendapat suntikan dibagikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil lewat akun Instagramnya. Dalam foto itu, Ridwan Kamil yang tak mendapat vaksin karena pernah menjadi relawan memperhatikan proses saat Ariel mendapat suntikan dari tenaga medis.

" Hari ini ribuan tenaga kesehatan, bersama pimpinan daerah, pemuka agama, pimpinan profesi dan influencer menjalani vaksinasi di Jawa Barat. Ada Wagub Jabar @ruzhanul , ada @arielnoah , ada @dj.urreh dari bobotoh divaksin dll,"  tulis Ridwan Kamil dikutip Dream, Kamis 14 Januari 2021.

Ariel sendiri tampak berusaha santai dengan raut wajahnya menyipitkan mata saat jarum suntik menyentuh lengan kirinya. Ariel tampil santai dengan kaos putih bergambar emoticon, jeans hitam, dan menggunakan masker.

 Ariel Noah Divaksin
© Ariel Noah Divaksin

Foto : @ridwankamil

Berbeda dengan Ahmad Raffi yang mengacungkan tangan, Ariel berpose dengan menunjukan dua jari membentuk huruf V usai mendapat suntikan vaksin.

 Raffi Ahmad usai menerima Vaksin
© Foto: Youtube @Sekretariat Presiden

Foto: Youtube @Sekretariat Presiden

Ridwan kamil mengatakan proses suntikan vaksin Sinovac akan dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda 14 hari dari penyuntikan pertama. Ia juga mengingatkan penerima vaksin dan warganya untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan 3M.

 Ariel Noah Divaksin
© Ariel Noah Divaksin

Foto : @ridwankamil

" Masing-masing akan divaksin 2 kali berselang 14 hari, dan pasukan antibodi akan muncul secara maksimal di 3 bulan setelahnya. Seperti rasa cinta dan sayang, hadirnya antibodi juga butuh waktu dan proses. Tetap gunakan protokol 3M,"  kata Ridwan.

5 dari 6 halaman

Kata Ariel Usai Vaksin

 Ariel Noah vaksin
© Ariel Noah vaksin

Foto : @ridwankamil

Ariel sendiri mengatakan tidak merasakan apa pun saat disuntik vaksin. Tubuhnya dalam keadaan baik dan tidak merasakan gejala apa-apa setelah disuntik.

Pria asal Bandung ini juga menunjukan bukti kartu dirinya telah melakukan vaksinasi covid 19.

 Ariel Noah vaksin
© Ariel Noah vaksin

" Alhamdulillah semua baik-baik saja tidak ada gejala efek samngnya. Terus dapat kartu vaksinasi covid 19. Mudah-mudahan lancara. katanya beberapa jam lagi tangannya pegal, tapi sejauh ini belum merasaka apa-aa. Kita lihat satu jam lagi oke," kata Ariel.

6 dari 6 halaman

Merasakan Pegal Dibekas Suntikan

Pria 39 tahun kembali mengupdate soal suntik vaksin yang telah dilakukan di Bandung. Ayah satu anak ini mengaku merasakan pegal pada titik suntikan di bagian tangannya.

Ia baru merasakan efek samping tersebut di sore harinya pada pukul 16. 00 WIB.

 Ariel Noah vaksin
© Ariel Noah vaksin

" Halo gue mau update jam 10 pagi sekarang jam 4 kurang. Yang gue rasaian pegel itu baru kerasa di bekas suntikan. Tapi pegalnya situ doang pegalnya maksudnya bukan pegal badan.

" Cuman disini doang efek bekas disuntik aja. Pas pertama di suntik tidak terasa. Sekarang jam seginian baru kerasa. Ntar gue update lagi," kata Ariel Noah.

Join Dream.co.id