Muhammadiyah Ajak Pulihkan Suasana Usai Pemilu 2019

News | Selasa, 23 April 2019 18:00
Muhammadiyah Ajak Pulihkan Suasana Usai Pemilu 2019

Reporter : Ahmad Baiquni

Ormas Islam tertua di Indonesia ini mendorong para elit bersama meneduhkan suasana.

Dream - Perhelatan Pemilihan Umum 2019 baru saja berlangsung. Saat ini, masyarakat Indonesia tengah menunggu hasil perhitungan perolehan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkait hal ini, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak semua pihak untuk memulihkan suasana usai Pemilu. Gesekan yang terjadi saat Pemilu hendaknya dilupakan sehingga suasana bisa kembali damai.

" Muhammadiyah mendorong semua pihak menggerakan masyarakat kembali ke aktivitas rutinnya," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Selasa 23 April 2019.

Haedar mengatakan, para pihak yang tidak sepakat dengan hasil Pemilu 2019 hendaknya tidak tidak melakukan mobilisasi massa dan lebih memilih menyelesaikan lewat jalur hukum.

Selain itu, panasnya suasana akibat pemilu dapat diredam oleh semua pihak, terutama pasangan calon presiden-calon wakil presiden beserta para pendukungnya.

" Kami percaya bahwa mayoritas masyarakat dan para tokoh di negeri ini ingin pemilu berakhir dengan baik, dengan sukses dan satu-satunya jalan, saya yakin juga semua berpaham ke situ," kata Haedar.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, menyampaikan hal senada. Menurut dia, merupakan tanggung jawab bersama terutama para pemimpin ormas Islam untuk mendukung terciptanya suasana kondusif usai Pemilu 2019.

" Pentingnya pemimpin Ormas Islam mendukung terciptanya situasi yang kondusif pasca Pemilu, terutama dinamika politik terkait pemilihan presiden dan wakil presiden," kata Mu'ti.

Sebelumnya, Haedar dan Mu'ti bersama sejumlah pimpinan ormas dan tokoh Islam lainnya bersilaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin malam, 22 April 2019. Silaturahmi tersebut digelar untuk bersama mendorong penyelesaian sengketa pemilu lewat Mahkamah Konstitusi (MK) serta menciptakan kembali suasana damai.

Terkait
Summer Style 2019
Join Dream.co.id