Moge Ditendang Usai Terobos Ring 1 Istana Negara, Paspampres: Harusnya Ditembak

News | Sabtu, 27 Februari 2021 10:15
Moge Ditendang Usai Terobos Ring 1 Istana Negara, Paspampres: Harusnya Ditembak

Reporter : Ahmad Baiquni

Aksi pengendara moge itu dianggap sebagai ancaman.

Dream - Video seorang pengendara motor bermesin besar lazim dikenal Moge terkena tendangan Paspampres viral di media sosial. Pemicunya, pengendara Moge tersebut meneroboh blokade yang dipasang oleh Paspampres di Jalan Veteran III yang merupakan Ring 1 pengamanan Istana Negara.

Kejadian itu berlangsung pada Minggu, 21 Februari 2021 pagi. Tepatnya saat beberapa pengendara moge sedang sunday morning ride (sunmori) dan melintas di Jalan Veteran III.

Komandan Paspampres, Mayor Jenderal TNI Agus Subiyanto, menegaskan tindakan yang dilakukan anggotanya kepada pengendara moge karena sudah sesuai prosedur. Bahkan jika merujuk ketentuannya, pelaku seharusnya ditembak.

" Prosedurnya dilumpuhkan, bisa ditangkap, kalau membahayakan obyek bisa ditembak. Karena semua anggota Paspampres bawa senjata," ujar Agus.

Asisten Intelijen Paspampres, Letnan Kolonel Infantri Wisnu Herlambang, membenarkan video tersebut. Wisnu mengatakan pengendara moge itu dilumpuhkan lantaran menerobos blokade. Saat itu, Paspampres sedang melakukan pengamanan instalasi VVIP di Kantor Wakil Presiden sehingga jalan ditutup.

" Kalau menerobos masuk ke Ring 1 itu sudah merupakan ancaman atau masuk ke dalam hakikat ancaman terhadap instalasi VVIP," ujar Wisnu.

2 dari 6 halaman

Wisnu mengatakan tindakan personel Paspampres dengan cara menendang sudah paling ringan. Dia menyatakan bisa saja pengendara moge langsung ditembak lantaran aksi itu dianggap sebagai ancaman.

" Sebenarnya kalau sudah menerobos VVIP di aturannya ditembak, dilumpuhkannya dengan cara ditembak karena sudah mengancam. Sudah menerobos artinya mengancam," kata dia.

Lebih lanjut, Wisnu menegaskan tindakan Paspampres merupakan bentuk kewaspadaan terhadap ancaman keamanan Ring 1. Apalagi, Wakil Presiden maupun kantornya merupakan simbol negara.

" Kita kan nggak tahu dia nerobos mau apa, mau sabotase, mau apa? Jadi kita bentuk kewaspadaan karena kita tidak bisa menduga orang menerobos Ring 1 itu mau ngapain. Jadi kita harus lumpuhkan," kata Wisnu.

Sumber: Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

3 dari 6 halaman

Viral! Petugas Tendang Bikers Moge di Ring 1 Istana

Dream - Aksi kebut-kebutan pengendara motor di sekitar Istana Negara Jakarta terus terjadi. Berisiknya suara dari knalpot racing motor sangat mengganggu, salah satunya seperti video sekelompok pengendara motor yang sedang ramai dibicarakan di media sosial.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @bodatnation, terlihat beberapa pengendara sepeda motor yang sedang melakukan sunmori alias sunday morning ride memacu kendaraannya melewati Jl Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat.

Petugas yang melihat kejadian itu langsung mengejar dan meminta pemotor berhenti, hingga berujung aksi kekerasan yang dilakukan oleh petugas kepada pengemudi motor tersebut.

Untuk diketahui, lokasi itu masuk dalam area Ring 1. Area itu mendapat pengamanan yang sangat ketat karena terdapat gedung-gedung penting, seperti Istana Negara, Sekretariat Negara, dan Kantor Wakil Presiden RI.

Mereka yang berkendara di kawasan tersebut diharapkan melaju dengan tertib dan mematuhi etika berkendara yang baik.

4 dari 6 halaman

Kronologi

Dalam video yang diunggah akun tersebut, merupakan campuran video dari beberapa bikers yang berada di tempat kejadian.

Pada awal video, terlihat pemotor Yamah R15 dan pemotor lain sedang melewati lampu merah. Tiba-tiba saja mereka dihadang aparat dan langsung putar balik. Namun, saat putar balik salah satu aparat mengincar pemotor yang menggunakan Honda CBR 250RR.

Motor Honda CBR250RR itu juga sudah terpasang kamera action cam di motor. Terlihat dalam video, pemotor Honda CBR250RR ditendang aparat sampai terjatuh menimpa sepeda.

Selain itu, nampak aparat yang menendang pemotor itu juga membawa pistol. Setelah motornya jatuh, ada petugas yang membangunkan motor, namun terjatuh lagi.

5 dari 6 halaman

Ramai Jadi Perbincangan

Viralnya video tersebut langsung membuat warganet ramai memberi komentar. Banyak yang menyalahkan aksi para pengendara tersebut lantaran tak mematuhi peraturan lalu lintas.

" Emang etika di jalan tuh penting, knalpot udah bising. Dekat kawasan yg penting. Gw sih setuju kalau udah main tangan begini. Kalau dibilangin aja ga ada yg mau dengerin, besok juga di ulang (sama yg lain). Bukan masalah gw belain atau setujuin, gw tau maksud petugasnya itu buat bilang baik baik. Tapi ridernya pada muter arah, ya patut aja sih. Baru juga lampu merah udah tancap gas ke RPM tinggi. Kalau ga suka, monggo di koreksi.,"  tulis seorang netizen memberi komentar.

" “ Hormati lah seseorang/lingkungan jika anda ingin di hormati”,"  sahut netizen lain.

" Gw sih belain aparat, tengil di Ring1, knalpot brisik, pake acara kabur, lagian sunmori ngapain ke ring1 dah msh byk tmpt lain.????,"  sahut netizen lainnya.

" ak etika berkendara dimana pun penting. Disini ada nih, pengendara motor sport kayak gtu, d jalan perumahan sok2an cornering. Bener2 g ngotak njir. ????????," sahut netizen lain.

" simplenya aja coba dah ada orang lewat rumah lo trus geber” pake knalpot racing ????, pasti pada marah kan,"  ujar netizen.

 

6 dari 6 halaman

Videonya

Berikut video aksi kebut-kebutan para bikers di area Ring 1 Istana Negara:

      View this post on Instagram      

A post shared by Let’s Stop Stupidity! (@bodatnation)

 

Join Dream.co.id