Mobil Avanza Tercebur dan Tenggelam di Rawa Sumsel, Tak Ada Korban Jiwa

News | Senin, 10 Januari 2022 13:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Kelalaian pengendara yang tidak menguasai kendaraan diduga jadi penyebab.

Dream - Satu unit mobil Toyota Avanza mengalami kecelakaan tercebur ke rawa. Para penumpang dilaporkan selamat.

Momen masuknya mobil tersebut ke rawa terekam video dan viral di media sosial. Akun Instagram @memomedsos turut mengunggah kembali video tersebut.

Peristiwa mengenaskan itu terjadi di rawa Tanjung Senai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, pada Minggu sore, 9 Januari 2021 sekitar pukul 17.15 WIB.

Terlihat dua orang pria yang diduga penumpang sudah berada di luar mobil. Keduanya berusaha menyelamatkan sisa penumpang yang masih ada di dalam mobil.

 

Mobil Avanza Tercebur dan Tenggelam di Rawa Sumsel, Tak Ada Korban Jiwa
Detik-detik Mobil Masuk Ke Rawa (Instagram @memomedsos)
2 dari 5 halaman

Hampir Terjebak

Satu dari keduanya mencoba membuka pintu kiri mobil yang mulai tenggelam. Ketika pintu berhasil dibuka, penumpang yang hampir terjebak di dalam mobil akhirnya keluar dan bisa diselamatkan.

Sementara, satu orang diduga warga turut membantu penyelamatan tersebut. Warga itu berusaha membuka pintu belakang mobil.

Mobil tersebut terlihat tenggelam perlahan. Hingga bagian belakang mobil sepenuhnya masuk ke dalam rawa.

 

3 dari 5 halaman

Berhasil Dievakuasi

Kapolres Ogan Ilir, Ajun Komisaris Besar Yusantiyo Sandhy, membenarkan kejadian tersebut. Dia menyatakan mobil tersebut telah dievakuasi.

" Alhamdulillah, ranmor (kendaraan bermotor) roda empat yang nyemplung ke air di Tanjung Senai berhasi dievakuasi sekira pukul 20.30 WIB," ujar Sandhy.

Sandhy mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, diduga mobil berpelat nomor BG 1128 AP tersebut masuk ke rawa akibat pengemudi tidak menguasai kendaraan. Sebelum tercebur, mobil tersebut tergelincir di jalan miring.

Dari keterangan saksi, mobil itu sempat parkir di tepi jalan dengan permukaan miring. Pengemudi terlihat hendak memacu mobilnya agar bisa masuk ke bahu jalan.

Diduga, sopir lupa tidak menarik tuas rem tangan. Akibatnya, mobil tergelincir masuk ke rawa.

 

4 dari 5 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Sandhy mengatakan proses evakuasi dilakukan Satlantas Polres Ogan Ilir dibantu Dinas Perhubungan dan BPBD Ogan Ilir. Proses evakuasi berjalan lancar.

" Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini," kata dia.

Lebih lanjut, Sandhy mengungkapkan mobil tersebut berisi tiga orang yaitu Aga Wahyu, 23 tahun, selaku driver dan Padli, 29 tahun, dan Eliza, 23 tahun. Ketiganya dalam kondisi selamat.

" Selamat dan tidak kurang suatu apapun, hanya trauma, kata Sandhy, dikutip dari laman Polresoganilir.

5 dari 5 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by memomedsos (@memomedsos)

Join Dream.co.id