Milenial Bangun Masjid di Wilayah Bekas Bencana

News | Senin, 20 Mei 2019 10:00
Milenial Bangun Masjid di Wilayah Bekas Bencana

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Berencana juga akan bangun Masjid Apung Palu.

Dream - Hura-hura, serba instan, maunya dilayani, hidup di era digital, itulah sederet stereotipe ketika mendengar kata milenial. Tapi, bicara milenials tidak hanya membahas mengenai stigma itu saja.

Dompet Dhuafa Filantropi mengajak kaum milenial membangun masjid di wilayah pasca bencana alam. Gerakan itu dinamai #MilenialMembangunMasjid.

Masjid pertama yang akan dibangun dalam program ini yakni Masjid Al Huda, Bangga, Dolo Selatan, Palu, Sulawesi Tengah.

" Dompet Dhuafa mengajak kaum milenial untuk turut berkontribusi membatu daerah pasca bencana seperti Palu, Lombok dan sekitarnya," ujar Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan, di Jakarta, Jumat 17 Mei 2019.

Imam mengatakan, masjid pertama yang dibangun itu merupakan tempat ibadah satu-satunya di Desa Bangga.

2 dari 2 halaman

Bermitra dengan UNESCO

Dalam program ini, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan CIOF Indonesia. Organisasi ini menjadi mitra resmi UNESCO. Selain itu, kerja sama juga dilakukan bersama musisi V1MAST dan Enau.

General Manager Mobilisasi Zakat, Infaq, Sedekah Dompet Dhuafa Filantropi, Dera Perdhana Sophian mengatakan, rencananya program ini akan terlebih dahulu membangun satu masjid di Desa Bangga dengan target dana Rp1 miliar.

Penghimpunan dana bantuan dalam program ini akan dilakukan hingga Desember 2019. " Kalau memang sudah terhimpun Rp200 juta-Rp300 juta, karena pembangunan mulai pondasi dulu ini bertahap. Karena nanti dimasukkan ke media sosial, ada interaksi dan ada report, jadi donatur perlu tahu namanya progres pembangunan masjid," kata Dera.

Setelah itu, rencananya Dompet Dhuafa juga akan membangun tiga masjid lagi pada 2020 dengan target anggaran Rp10 miliar.

" Kita mau bangun masjid legendaris, Masjid Apung di Palu. Kebetulan baru dapat izinnya keterlibatan kami diperbolehkan (membangun Masjid Apung," ujar dia.

Terkait
Summer Style 2019
Join Dream.co.id