Mari Mengenal Menu Lebaran di 5 Negara Islam Ini

News | Sabtu, 18 Juli 2015 14:00

Reporter : Ayik

Setiap negara memiliki menu khas saat menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Apa saja menu Lebaran 5 negara muslim di dunia?

Dream - Idul Fitri kerap identik dengan suasana silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Namun rasanya kurang lengkap jika menghabiskan waktu bersama tanpa mencicipi hidangan istimewa.

Berikut beberapa hidangan istimewa yang khusus ditemui pada perayaan Lebaran di lima negara dengan mayoritas penduduk muslim di dunia.

(Dari berbagai sumber)

Mari Mengenal Menu Lebaran di 5 Negara Islam Ini
Ilustrasi Menu Khusus Lebaran
2 dari 6 halaman

Pakistan

Dream - Sheer Kurma merupakan makanan khas yang dihidangkan saat Lebaran di Pakistan. Tradisi berkumpul keluarga di meja makan dengan hidangan gurih dan manis merupakan ritual yang tidak pernah terlewatkan muslim di Pakistan.

Sheer Kurma merupakan makanan penutup yang terbuat dari susu manis dan bihun. Sebelumnya bihun digoreng menggunakan ghee atau mentega, kemudian ditambahkan susu dalam sebuah panci tembikar berukuran besar.

Ketika mulai mengental, ditambahkan gula dan bumbu lainnya seperti kapulaga, kurma, kacang pistacio atau almond. Aromanya yang khas menjadikan makanan ini sebagai menu wajib umat muslim Pakistan saat perayaan Idul Fitri.

3 dari 6 halaman

Mesir

Dream - Idul Fitri merupakan momen yang paling dinanti umat muslim di Mesir. Anak-anak berharap bisa mendapatkan banyak uang kecil atau dikenal dengan sebutan Eideyah, sementara orang dewasa larut dengan sajian Kahk.

Kahk, merupakan kue kering berisi kenari atau kacang jenis lain yang ditaburi gula bubuk. Kue kering ini bukan hanya menjadi hidangan populer, tetapi juga telah menjadi sebuah tradisi bagi kalangan muslim Mesir.

Saat Ramadan atau jelang Idul Fitri, keluarga dan tetangga biasanya berkumpul untuk menyiapkan Kahk. Pagi hari saat Idul Fitri tiba, anak-anak akan membagikan Kahk ke tetangga dan teman-teman. Kahk merupakan salah satu simbol yang menandai akhir bulan Ramadan, sekaligus sarana memperkuat ikatan persaudaraan.

4 dari 6 halaman

Yordania

Dream - Mansaf merupakan hidangan nasional yang dihidangkan oleh keluarga asal Yordania saat Hari Raya Idul Fitri. Mansaf menggunakan bahan baku daging domba yang dicampur dengan yoghurt kering. Mansaf dihidangkan di atas roti kering atau dikenal dengan nama Shrak kemudian dilanjut dengan makan nasi lengkap dengan kacang pinus, almonds dan saus.

Semua makanan ini dihidangkan dalam sebuah piring besar dan dimakan langsung menggunakan tangan. Ketenaran dan kelezatannya menjadikan Mansaf salah satu hidangan dan ciri khas Yordania.

5 dari 6 halaman

Mauritius

Dream - Pengaruh budaya dari berbagai belahan dunia sangat terasa kental pada warisan kuliner di Mauritius. Negara kepulauan ini biasanya menyajikan menu utama, Biryani yang terbuat dari nasi yang dimasak dalam sebuagh tembikar berukuran besar saat Idul Fitri. Selain nasi, Biryani terdiri dari kentang dan daging yang diberi bumbu rempah-rempah seperti kunyit, kapulaga, kayu manis, dan biji jintan.

6 dari 6 halaman

Indonesia

Dream - Ketupat merupakan salah satu makanan khas dan wajib ada bagi sebagian besar umat Islam di tanah air. Beras yang diisi ke dalam janur kelapa, kemudian di rebus selama beberapa jam. Ketupat biasanya dimakan dengan makanan pendamping seperti opor ayam, rendang, semur atau sayur pepaya.

Join Dream.co.id