Menlu Retno Apresiasi Dukungan Vaksin AstraZeneca dari Prancis untuk RI

News | Jumat, 17 September 2021 18:01

Reporter : Arini Saadah

Indonesia mengapresiasi dukungan vaksin dari pemerintah Prancis melalui mekanisme dose sharing.

Dream – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berterima kasih atas dukungan donasi vaksin dari pemerintah Prancis untuk Indonesia yang dilakukan melalui mekanisme dose sharing. Langkah ini diapresiasi pemerintah karena COVAX beberapa hari lalu menyampaikan tidak dapat memenuhi pengiriman dua milyar dosis vaksin hingga akhir tahun.

Diketahui Indonesia mendapatkan lagi tambahan stok vaksin dengan kedatangan 968.360 dosis dalam bentuk jadi produksi AstraZeneca pada Kamis (16/9/2021) malam. Kedatangan vaksin yang ke-64 untuk Indonesia ini merupakan dukungan pemerintah Perancis melalui Fasilitas COVAX.

" Dengan ketibaan vaksin COVID-19 AstraZeneca, Indonesia telah menerima 1.327.060 dosis vaksin dari Perancis," kata Retno dikutip Dream dari YouTube Sekretariat Presiden (17/9/2021).

Menlu Retno Apresiasi Dukungan Vaksin AstraZeneca dari Prancis untuk RI
Ilustrasi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi (Foto: Merdeka.com)
2 dari 3 halaman

Komitmen Dukungan Hadapi Pandemi

 Ilustrasi© YouTube/Sekretariat Presiden

Menlu Retno menyatakan kedatangan vaksin ini merupakan pengiriman ke-2 dari total 3 juta komitmen dukungan vaksin dari Pemerintah Prancis.

Ia menambahkan kedatangan vaksin pada Kamis malam kemarin menunjukkan bahwa Indonesia telah menerima 1.327.060 dosis vaksin dari pemerintah Prancis.

" Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Prancis atas solidaritas dan dukungan untuk Indonesia selama pandemi," ujar Menlu Retno.

3 dari 3 halaman

Bantu Negara yang Membutuhkan

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Olivier Chambard menyampaikan pengiriman vaksin AstraZeneca ini, sebanyak 968 ribu dosis melalui mekanisme COVAX merupakan lanjutan dari pengiriman pertama, sebanyak 358.000 dosis yang tiba di Jakarta pada hari Jumat (10/09/2021) lalu.

Chambard mengatakan pemerintah Perancis akan mendukung fasilitas COVAX yang bertujuan memberikan akses terhadap vaksin kepada negara-negara yang membutuhkan.

Ia menambahkan dengan pengiriman vaksin tersebut, Prancis sudah menyumbangkan 1,3 juta dosis vaksin kepada Indonesia, dari total 3 juta dosis yang diumumkan Presiden Macron pada Agustus lalu. Kerjasama itu membuktikan solidaritas dan persahabatan antara Prancis terhadap Indonesia.

" Bersama, bahu-membahu, kita bisa melawan dan memenangi perjuangan melawan pandemi Covid-19 yang mendunia," ucap Chambard.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id